Apa itu BNB Coin? Cari Tahu Pengertian dan Fungsinya Berikut!

BNB atau Binance Coin adalah mata uang kripto yang dirilis oleh platform exchange crypto ternama di dunia Binance. Fungsi utama dari koin ini adalah membayar trading fees di Binance dan memberikan potongan harga kepada pengguna. Mengingat Binance adalah platform trading cryptocurrency terbesar saat ini, wajar apabila peminat BNB cenderung terus melonjak.

Bagi trader yang sudah lama berkecimpung di dunia kripto, pasti sudah sangat familiar dengan BNB. Bahkan untuk orang awam yang belum lama mengenal kripto, banyak diantara mereka yang sudah cukup sering mendengar Binance Coin. Apabila ingin mengenal lebih lanjut, mari disimak selengkapnya di bawah.

Siapa yang Menciptakan BNB?

changpeng zhao

BNB Coin pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 2017 silam dan penciptanya adalah Changpeng Zao. Di awal kemunculannya, BNB sendiri ditujukan sebagai koin pembayaran di ekosistem Binance. Mengutip white paper Binance exchange, di awal peluncurannya sebanyak 20 juta BNB atau 10% dijual kepada angel investor yang berpartisipasi dalam membiayai Binance.

Sebesar 80 juta BNB atau 40% dibagikan kepada tim pendiri Binance dan 100 juta BNB atau 50% sisanya dilepas ke pasar lewat ICO (initial coin offering).

Terhitung 5 tahun sejak pertama kali dirilis, BNB sekarang sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu koin paling liquid. Tidak heran apabila trader maupun investor kripto banyak yang menyukainya.

Baca Juga: Pintu Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia

Kelebihan Binance Coin yang Membuatnya Menarik

bnb coin

1. Melekat di Semua Ekosistem Binance

Seluruh platform Binance menggunakan koin BNB sebagai mata uang bawaan mereka. Inilah yang menghantarkannya berhasil menduduki posisi ke-4 aset kripto paling besar di dunia. Kenaikan harga semakin terbuka lebar seiring dengan Binance yang terus mengembangkan dan memperluas layanannya.

2. Kebijakan yang Bisa Mendorong Harga

Binance memberlakukan sebuah kebijakan unik bernama Quarterly Burning yang berarti pembakaran koin setiap tiga bulan sekali. Tidak tanggung-tanggung, pembakaran koin ini akan dilakukan sampai 100 juta BNB atau 50% dari total suplai.

Perlu Anda ketahui, suplai koin BNB terbatas hanya 200 juta saja. Pembakaran terakhir koin BNB dilakukan pada bulan April 2021 lalu, sebanyak 1,099,888BNB. Ini membuat total koin yang masih aktif tersisa sebesar 168,137,036 BNB.

Adapun koin yang dibakar adalah bagian 40% koin BNB miliknya tim Binance, bukan koin yang sedang beredar di pasaran. Kebijakan burning koin membuat nilai BNB terus meningkat dalam jangka panjang.

3. Kompatibel Dengan Blockchain ETH  

Pada awal kemuncullannya, BNB dibuat dengan standar teknis ERC-20 Ethereum. Namun, Binance kemudian merilis dua standar baru. Yaitu BEP-20 yang didesain untuk Binance Smart Chain dan BEP-2 untuk Binance Chain.

Itu membuat token BEP-20 dan BEP2 kompatibel dan bisa dipertukarkan dengan standar ERC-20. Aplikasi-aplikasi yang didesain untuk Ethereum, semisal Metamask, berarti kompatibel kepada Binance Smart Chain.

Binance Coin Bisa Dipakai Untuk Apa Saja?

binance coin

1. Memanfaatkan Ekosistem Binance

Dengan kehadiran Binance Smart Chain, memungkinkan developer membangun aplikasi yang didukung smart contract dan kompatibel kepada EVM (Mesin Virtual Ethereum). Beberapa contohnya adalah Pancakeswap, Venus dan Mobox.

Nah, semua ekosistem tersebut menggunakan koin Binance sebagai utility token. Dengan memiliki koin BNB, maka bisa dipakai untuk banyak platform yang dibangun diatas jaringan Binance.

2. Berdagang di Binance Exchange

Kegunaan utama dari koin BNB adalah mendapat potongan harga ketika bertransaksi aset kripto di Binance exchange. Selain itu, koin-koin baru yang menyelenggarakan ICO dan terdaftar di Launchpad Binance bisa dibeli memakai koin BNB.

3. Alat Pembayaran

Meskipun di Indonesia belum tersedia metode pembayaran menggunakan BNB koin, namun di luar negeri sudah cukup banyak tempat yang menyediakan pembayaran lewat BNB.

4. Investasi Jangka Panjang

Pada bulan September 2021 lalu, harga 1 BNB senilai $498 dolar dan kapitalisasi pasar mencapai $83 juta Dolar. Sama seperti Bitcoin dan Ethereum, koin Binance mengalami lonjakan harga dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Harga puncak tertinggi BNB koin adalah $675,68 pada bulan Mei 2021.

Cara Mendapatkan Koin BNB

cara membeli bnb coin di tokocrypto

Untuk mendapatkan koin BNB Anda bisa langsung membeli di platform Binance exchange. Namun, ada cara yang lebih mudah yaitu lewat Tokocrypto. Silahkan mendaftar dahulu di website Tokocrypto dan verifikasi diri dengan KTP.

Setelah akun Tokocrypto diverifikasi, Anda bisa deposit dengan minimal Rp. 50.000 melalui transfer bank. Saldo sudah dimiliki dan sekarang hanya perlu membeli BNB koin di menu Market/Pasar Tokocrypto.

Tokocrypto dipilih karena platform perdagangan ini sudah teregulasi Bappebti dan Kominfo. Trading BNB koin dijamin mudah dan cepat, apalagi sudah mendukung deposit menggunakan Rupiah.

Ingat! harga bnb coin bisa naik dan turun sewaktu-waktu sama seperti koin kripto yang lain. Votalitasnya yang tinggi membuat Anda harus lebih jeli lagi untuk menentukan harga beli terbaik.