Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Saya

Hi, salam kenal.

Saya Muhamad Ilyas (lahir di Cianjur, 06 April 1999), seorang anak muda dari Cianjur, Jawa Barat yang sangat suka mengoprek komputer dan menulis. Kedua hobi ini kemudian saya satukan sehingga menjadi blog ilyasweb.com.

Saya suka komputer sejk bersekolah di Madrasah Ibtida’iyah (MI) kelas 6. Ya, meskipun dulu kesukaan saya hanya sekedar main Point Blank dan browsing tidak jelas.

Namun, hal-hal sepele itulah yang akhirnya berhasil menjadi pondasi sampai saya masuk ke perguruan tinggi jurusan TI (Teknik Informatika / Teknologi Informasi) di Politeknik Nest Sukoharjo.

Oiya, setelah lulus dari MI saya tidak melanjutkan sekolah ke SMP dan SMK, padahal saya termasuk salah satu siswa terbaik saat itu (ranking 1 dari kelas I – VI). Jadi, masa-masa yang harusnya saya habiskan di bangku sekolah itu, malah saya habiskan untuk beternak domba dan belajar menulis di blog, SEO, dan komputer secara otodidak.

Tahun 2016 baru saya kepikiran untuk melanjutkan pendidikan yang tertunda dengan mengikuti program Paket B (setara SMP) di PKBM Halimatussa’diah, dan lulus pada tahun 2019. Kemudian saya mengikuti program Pendidikan Kesetaraan Paket C (setara SMA) di tempat yang sama, lulus tahun 2022 sekarang ini.

Beberapa minggu yang lalu saya ikut seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jurusan Teknik Informatika / Tenknologi Informasi di Politeknik Nest Sukoharjo, dan alhamdulillah saya diterima.

Bicara soal blog, saya baru pertama kali mengenalnya beberapa bulan setelah lulus dari Madrasah Ibtida’iyah (MI) pada akhir tahun 2012. Platform pertama yang saya gunakan pada saat itu adalah MyWapBlog, XTGem, dan Wapka.

Blog ilyasweb.com ini saya bangun sebagai sarana untuk belajar menulis dan sekadar berbagi informasi seputar teknologi dan bisnis. Meskipun ada beberapa artikel yang out-of-topic, tapi yang paling dominan tetap teknologi dan bisnis.

Topik teknologi yang saya bahas meliputi artikel seputar komputer, smartphone (khususnya android), ekspedisi, edukasi, review gadget, dan tutorial-tutorial lainnya. Akhirnya, jadi blog gado-gado pokoknya! haha.

Saya akan selalu berusaha untuk menyajikan artikel yang mudah bermanfaat, mudah dibaca dan mudah dipahami dengan tambahan gambar atau screenshot sebagai pendukung tulisan.

Harapan utama saya sangat sederhana: mudah-mudahan blog ini bisa memberikan manfaat bagi semua orang, amiiiin :)

“Barangsiapa membebaskan seorang mukmin dari suatu kesulitan dunia, maka Allah akan membebaskannya dari suatu kesulitan pada hari kiamat. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang berada dalam kesulitan, maka Allah akan memberikan kemudahan di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat.

Allah akan selalu menolong hamba-Nya selama hamba tersebut menolong saudaranya sesama muslim. Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya. Tidaklah sekelompok orang berkumpul di suatu masjid (rumah Allah) untuk membaca al-Qur’an, melainkan mereka akan diliputi ketenangan, rahmat, dan dikelilingi para malaikat, serta Allah akan menyebut-nyebut mereka pada malaikat-malaikat yang berada di sisi-Nya.

Barangsiapa yang ketinggalan amalnya, maka nasabnya tidak juga meninggikannya.”

(Hadits Riwayat Muslim, Shahîh Muslim, juz. VIII, halaman 71, hadits no. 7028, dari Abu Hurairah RA.).

Kembali aktif pada 17 Desember 2017.