Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbankan

apa itu perbankan

Definisi Perbankan

Definisi dari perbankan adalah segala sesuatu yang bersangkutang mengenai bank, mulai dari kelembagaan, kegiatan usaha yang berkaitan dengan bank, sampai dengan cara atau proses dalam melaksanakan semua kegiatan usaha yang ada sangkut pautnya dengan bank (banking).

Apa Itu Perbankan?

Perbankan adalah sebuah industri yang secara khusus menangani uang tunai, kredit, dan juga semua transaksi keuangan (finansial) lainnya. Singkatnya, perbankan bisa didefinisikan sebagai suatu kegiatan bisnis atau usaha yang menerima dan menjaga uang yang dimiliki nasabah (orang yang terdaftar di bank) baik itu individu/perorangan atau badan, dan selanjutnya pihak bank meminjamkan uang-uang tersebut untuk melakukan kegiatan ekonomi, salah satunya adalah menghasilkan untung atau bisa juga sekedar menutupi biaya operasional.

Bank merupakan salah satu tempat paling aman untuk menyimpan uang tunai dan kredit ekstra. Bank juga biasanya menawarkan produk rekening tabungan, rekening giro, kartu kredit, sertifikat setoran.

Nah, tujuan bank menyediakan produk simpanan ini adalah untuk memberikan pinjaman. Pinjaman yang dimaksud ini sangat banyak, diantaranya kredit pemilikan rumah (KPR), pinjaman untuk modal usaha atau bisnis, pinjaman mobil, dan sebagainya.

Apa Tujuan Jasa Perbankan?

Jasa perbankan memiliki peranan yang penting dalam membangun ekonomi dalam suatu negara. Nah, jasa perbankan ini biasanya di bagi menjadi 2 (dua) tujuan, diantaranya:

1. Sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran bagi nasabah

Untuk tujuan yang pertama ini, bank akan menyediakan uang tunai, produk tabungan dan juga fasilitas kartu kredit dan kartu debit atau kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Tujuan inilah yang memiliki peran penting dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Dengan tidak adanya penyedia alat pembayaran yang efisien seperti bank, maka barang-barang yang ada di muka bumi ini hanya bisa diperjualbelikan dengan cara barter yang akan memakan banyak waktu.

2. Menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkan uang tersebut kepada pihak yang membutuhkan dana

Artinya bank bisa meningkatkan arus dana atau perputaran uang untuk investasi dan juga memanfaatkan uang dengan kegitan-kegiatan yang lebih produktif. Jika saja peran yang satu ini berjalan dengan baik, maka sudah bisa dipastikan ekonomi di negara bisa meningkat secara drastis.

Tanpa adanya perputaran uang atau arus dana seperti ini, maka uang hanya akan berdiam dan bersemayam di dalam saku seseorang, sedangkan orang lain tidak bisa mendapatkan pinjaman dan bisnis tidak bisa dibangun karena memang tidak punya modal atau dana pinjaman. 

Apa Saja Fungsi Bank?

Tujuan bank sudah kita bahas di atas, sekarang apa saja fungsi utama dari sebuah bank? Berikut salah satunya:

  • Mengumpulkan dana dari nasabah;
  • Menyalurkan dana ke nasabah;
  • Mendukung kelancaran transaksi dalam negeri dan internasional;
  • Mendukung kelancaran mekanisme pembayaran secara efisien;
  • Sarana investasi;
  • Penyimpanan barang-barang berharga; dan
  • Mencetak uang.

Bank Apa Saja Yang Ada Di Indonesia?

Ada banyak sekali bank di Indonesia, berikut ini Ilyasweb hanya akan menulis 20 nama bank terbaik di Indonesia versi majalah forbes:

  1. Bank Central Asia (BCA)
  2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  3. Bank Syariah Indonesia (BSI)
  4. Bank DBS Indonesia
  5. United Overseas Bank (UOB)
  6. Bank Mandiri
  7. Bank Neo Commerce (BNC)
  8. Citibank
  9. BCA Syariah
  10. Bank Negara Indonesia (BNI)
  11. Bank Jago
  12. Panin Bank
  13. Jenius
  14. Maybank
  15. OCBC NISP
  16. HSBC Holdings
  17. CIMB Niaga
  18. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN)
  19. Bank Permata
  20. Bank DKI