kontolodon adalah ? apa itu ?

Apa yang dimaksud dengan teori megalodon dan konto-lodon. Sebutkan macam-macam, fungsi, serta kelebihan dan kekurangany!

Megalodon (Otodus megalodon), yang berarti “gigi besar”, adalah spesies hiu yang sudah punah. Hiu ini diperkirakan hidup sekitar 23 hingga 2,6 juta tahun yang lalu pada kala Miosen Awal hingga Pliosen Akhir. Sebelumnya hiu ini tergolong ke dalam famili Lamnidae, yang menyiratkan bahwa hiu ini berkerabat dekat dengan hiu putih (Carcharodon carcharias). Namun, saat ini para ilmuwan sepakat bahwa hewan ini termasuk ke dalam famili Otodontidae yang sudah punah, dan famili ini bercabang dari nenek moyang hiu putih pada zaman Kapur Awal. Genusnya sendiri masih diperdebatkan, dan para penulis biasanya menggolongkannya sebagai Carcharocles, Megaselachus, Otodus, atau Procarcharodon. Hal ini dikarenakan fosil peralihan ditemukan karena megalodon adalah kronospesies terakhir dari garis keturunan hiu raksasa yang berasal dari genus Otodus yang berevolusi saat Paleosen.

Kegunaan gigi Megalodon

Ketika memiliki gigi garpu, moyang Megalodon mampu menangkap ikan yang bergerak cepat atau bahwa mencegah makanan tersangkut di gigi. Sementara dengan gigi bergerigi yang tajam, hiu dapat dengan cepat mematikan mangsa.

https://www ilyasweb com/kontolodon -