jelaskan jenis musik pada iringan tari

jelaskan jenis musik pada iringan tari

jawaban

jenis musik pada iringan tari adalah jenis jenis musik yg dipakai saat orang sedang menari. jenis musik nya ada seruling, gendang, dan ada juga yg tdk diiringi alat musik seperti tari saman.

1. Musik dari seperangkat gamelan dan tembang jawa
2.musik tradisional
3. Musik genre pada tari zapin
4.tepukan tangan si penari
5.musik keroncong

1. Fungsi musik dalam tarian adalah sebagai berikut :

– Sebagai pengiring tarian.
– Sebagai patokan hitungan gerakan tari.
– Sebagai penambah suasana dan membantu penyampaian pesan yang terkandung dalam tarian.

2. Berikut adalah jenis – jenis musik iringan dalam tari :

– Iringan Eksternal

Iringan eksternal adalah iringan yang berasal dari luar penarinya. Iringan merupakan pedoman atau patokan penari dalam melakukan tarian agar penarinya bergerak sesuai ritme. Contohnya adalah permainan instrumen musik dan nyanyian penyanyinya yang menjadi pengiring tarian.

– Iringan Internal

Iringan internal adalah iringan yang berasal dari dalam penarinya sendiri. Contohnya penari Kecak mengeluarkan suara sebagai iringannya dengan pola, ritme, dan tempo yang sudah diatur.

– Iringan Kontras

Iringan kontras adalah iringan yang dihasilkan dari gerakan. Contohnya gerakan cepat atau dipadu dengan iringan musik yang kencang dan gerakan lambat atau lemah dipadu dengan iringan musik yang kecil dan mengalun.

– Iringan Harmoni

Iringan harmoni adalah iringan dengan menggunakan ekspersi dan ilustrasi musik yang mendukung suasana. Contohnya penari menunjukan ekspresi sedih pada saat tarian bertema berkabung, alunan musik riang untuk menggambarkan kebahagiaan.

3. Keterkaitan antara iringan musik dengan gerak tari merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan karena iringan musik sangat berperan penting dalam suatu tarian. Iringan musik dapat mempermudah penari untuk mengatur pola gerak, menghitung ritme, ketukan dan lain sebagainya.

https://www ilyasweb com/jelaskan-jenis-musik-pada-iringan-tari -