jelaskan bukti-bukti kebenaran adanya hari akhir beserta alasanmu

jelaskan bukti-bukti kebenaran adanya hari akhir beserta alasanmu

jawaban

Hari akhir atau yang disebut sebagai Hari kiamat, merupakan hari dimana seluruh alam semesta mengalami kehancuran termasuk seluruh Hamba Allah kecuali Allah SWT sendiri.

Banyak bukti yang membenarkan adanya hari Akhir, antara lain :

Terciptanya Alam Semesta.

  • Apabila Allah SWT mampu menciptakan seluruh komponen di alam semesta ini, maka bukanlah hal yang mustahil bagi Allah untuk menghancurkannya.

 

Banyaknya tanda-tanda kiamat yang telah terjadi.

  • Rasulullah SAW telah meriwayatkan banyak mengenai tanda-tanda sebelum terjadinya Hari Akhir, diantaranya seperti Ajaran Islam mulai ditinggalkan, Meminum Khamr menjadi hal biasa, Perzinaan dimana-mana, Kebun Kurma Baisan yang mengering, dsb

 

Banyak Dalil Naqli yang memaparkan tentang kebenaran Hari Akhir.

  • Salah satu dalilnya yaitu Al Qari’ah Ayat 1-11. “Hari kiamat, Apakah hari kiamat itu?, Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?, Pada hari itu hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan, Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikannya)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang), Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah negara Hawiyah, Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah?, (Yaitu) api yang sangat panas”

 

Semoga jawaban kakak dapat membantu, apabila masih terdapat pertanyaan yang lain, jangan ragu ajukan pertanyaanmu di Brainly ya.

Detail Tambahan

Kelas             : XII

Pelajaran       : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kategori         : Bab 1 – Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir

Kata Kunci     : Hari Akhir, Hari Kiamat, Dalil Naqli, Bukti-Bukti

Kode              : 12.14.1 [Kelas 12 Agama Bab 1 – Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir] https://www ilyasweb com/jelaskan-bukti-bukti-kebenaran-adanya-hari-akhir-beserta-alasanmu -