Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Aktivasi PIN Kartu Kredit Bank BRI?

Setelah proses pengajuan kartu kredit online diterima oleh bank BRI, kemudian pihak bank akan mengirimkan kartu kredit BRI tersebut ke alamat nasabah.

Selanjunya, jika kartu kredit sudah berhasil diterima, maka nasabah harus segera melakukan aktivasi kode PIN. Lantas, bagaimana cara aktivasi PIN kartu kredit BRI?

Jika kita lihat pada surat edaran dari Bank Indonesia yang diterbitkan pada tahun 2014 lalu, salah satu poin penting dalam surat edaran tersebut adalah mewajibkan penggunaan kode PIN untuk setiap transaksi yang menggunakan kartu kredit.

Kebijakan atau peraturan ini memiliki tujuan utama yakni untuk melindungi kartu kredit milik nasabah, serta membantu meningkatkan sistem keamana pada transaksi perbankan.

Cara Aktivasi Kode PIN Kartu Kredit Bank BRI

cara aktivasi pin kartu kredit bri

Untuk mengaktifkan kode PIN pada kartu kredit bank BRI bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Panduan cara aktivasi PIN biasanya juga diberikan kepada nasabah bersamaan di dalam paket kartu kredit yang dikirimkan ke alamat rumah/kantor nasabah.

Berikut di bawah ini Ilyasweb akan membahas 2 (dua) cara yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan kartu kredit bank BRI tanpa harus datang langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat.

Melalui SMS

  • Buka aplikasi perpesanan di ponsel kamu;
  • Buat pesan baru dengan format: PIN [spasi] KK # 6 digit pertama nomor kartu kredit # 4 digit terakhir no. kartu kredit # tanggal lahir (format: DDMMYYYY);
  • Contohnya: PIN KK#544269#3652#06121995;
  • Lalu kirim ke nomor 3300 menggunakan nomor telepon yang terdaftar di BRI Card Center;
  • Selesai.

Penting! Pastikan nomor handphone yang kamu gunakan memiliki pulsa minimal Rp2.000 dan dalam keadaan masa aktif (tidak dalam masa tenggang).

Kenapa? Karena nanti pihak BRI akan mengirimkan pesan balasan terkait proses aktivasi kode PIN kartu kredit kamu melalui SMS yang dikenakan biaya potong pulsa.

Melalui Aplikasi BRI Credit Card Mobile

Jika dirasa cara di atas agak ribet, kamu bisa menggunakan cara yang lebih mudah untuk mengaktifkan kode PIN kartu kredit bank BRI kamu yaitu menggunakan aplikasi BRI Credit Card.

Caranya mudah, silakan download dan install aplikasi BRI Credit Card Mobile di Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).

Langkah-langkah selanjutnya sudah tertera di dalam aplikasi, kamu hanya perlu mengikutinya saja.

Oiya, kartu kredit bank BRI tidak dapat kamu gunakan untuk bertransaksi atau melakukan pembelian apapun jika belum diaktivasi dan belum request kode PIN, ya!

Semoga membantu!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.