Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganti Kartu ATM BRI: Apakah Nomor Kartu Berubah?

Beberapa hari yang lalu, kartu ATM BRI teman saya hilang dan berencana akan menggantinya dengan kartu debit/kartu ATM baru di kantor cabang bank BRI terdekat. Namun, dia bertanya jika ganti kartu ATM BRI dengan yang baru apakah nomor kartunya akan berubah atau tidak?

ganti kartu atm bri

Kartu debit bank BRI atau yang biasa kita kenal dengan panggilan kartu ATM BRI adalah salah satu layanan atau fasilitas perbankan yang memiliki segudang manfaat bagi nasabah.

Salah satu manfaat kartu ATM atau kartu debit adalah kita bisa melakukan transaksi finansial atau transaksi non-finansial secara real-time di mesin ATM, mesin EDC atau agen BRILink tanpa harus datang langsung ke kantor cabang bank BRI.

Akan tetapi, untuk sekarang ini kartu ATM sudah jarang sekali digunakan oleh nasabah, karena sudah adanya layanan digital banking yang diklaim lebih mudah untuk digunakan, sebut saja itu BRI Internet Banking atau aplikasi BRImo.

Meskipun demikian, pada kenyataannya tetap saja kartu ATM itu adalah satu-satunya klasifikasi paling dasar (basic) yang mempunyai banyak sekali manfaat dan kegunaannya bagi nasabah bank, terutama untuk urusan transaksi personal.

Kartu ATM BRI itu bisa kamu gunakan untuk transaksi finansial atau non-finansial di mesin ATM bank BRI atau di mesin ATM bank lain yang sudah menjalin kerjasama dengan bank BRI, termasuk mesin EDC.

Bahkan, untuk kartu debit bank BRI yang berlogo masterCard itu sudah bisa kamu gunakan untuk transaksi online. Jadi, jika kamu belanja online di marketplace atau toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, BliBli, dan yang lainnya bisa membayarnya dengan menggunakan kartu ATM tersebut.

Terkait pertanyaan di atas, kalau kamu akan mengganti kartu ATM BRI yang lama, entah itu dengan alasan rusak, hilang, atau karena sudah habis masa berlakuknya, maka nomor kartu baru yang berjumlah 16 (enam belas) digit tersebut akan berbeda dengan nomor kartu ATM yang sebelumnya.

Oleh sebab itu, kalau kamu sudah berhasil menautkan nomor kartu ATM BRI sebelumnya di layanan pembayaran online seperti toko online atau e-commerce, maka silakan segera ganti metode pembayaran debit online tersebut dengan nomor yang baru.

Pada saat kamu mengganti kartu ATM BRI di kantor cabang terdekat, kamu bisa memilih jenis kartu apa yang akan dibuat sekarang. Misalnya, kartu yang lama kamu masih berlogo GPN, maka bisa meminta customer service untuk menggnatinya dengan kartu yang sudah berlogo MasterCard.

Proses penggantian kartu debit online atau kartu ATM bisa kamu lakukan di kantor bank BRI mana saja yang terdekat dengan lokasi kamu sekarang. Jadi, kamu tidak diwajibkan untuk menggantinya di kantor cabang tempat pertama kali membuka rekening tabungan.

Untuk persyaratannya sendiri, silakan kamu membawa buku rekening tabungan, kartu identitas diri yang asli (e-KTP), kartu ATM yang akan diganti, atau jika kartu hilang kamu juga harus membawa surat kehilangan dari polisi setempat.

Oiya, proses penggantian kartu ATM ini juga akan dikenakan biaya penggantian kartu yang bisa kamu bayar secara tunai atau melalui potong saldo dari rekening tabungan BRI yang kamu miliki.

Semoga membantu!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.