Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cloud Data Storage: Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungan Menggunakannya

Di era yang modern seperti sekarang ini, harddisk dan flashdisk sudah tidak dapat diandalkan lagi sebagai media penyimpanan data utama. Seiring berkembangnya jaringan internet yang semakin pesat, media penyimpanan kini menawarkan alternatif baru yaitu cloud data storage free dan berbayar.

Media penyimpanan cloud data storage ini memiliki kaitan yang sangat erat sekali dan mengandalkan jaringan internet untuk mengaksesnya. Sebagai media penyimpanan data online, cloud data storage menawarkan beragam kelebihan dan keuntungan buat kamu yang menggunakannya.

Nah, untuk informasi lebih detail mengenai apa itu cloud data storage, cara kerjanya bagaimana, dan apa saja keuntungan menggunakannya, serta apa perbedaannya dengan media penyimpanan offline bisa kamu simak di artikel Ilyasweb berikut ini.

Apa Itu Cloud Data Storage?

cloud data storage

Cloud data storage adalah media penyimpanan data atau file yang berbasis online atau digital yang sepenuhnya mengandalkan jaringan internet untuk mengakses semua data-data di dalamnya.

Cloud data storage merupakan salah satu inovasi baru atau terobosan unik di dalam dunia penyimpanan data yang mana memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan media penyimpanan offline seperti Hard Disk (HDD), Flashdisk atau USB Flash Drive, dan Solid State Drive (SSD). 

So, semua data yang di simpan ke dalam cloud data storage akan langsung di simpan pada sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau sekarang ini biasa kita sebut dengan yang namanya hosting.

Menyimpan file dan data menggunakan cloud storage sekarang ini sangat diminati oleh sebagian besar orang karena alasan tertentu. Salah satu alasannya adalah tidak perlu takut dan khawatir dengan serangan virus, malware, atau ada kerusakan seperti yang biasa terjadi saat kamu menyimpan file di harddisk dan flashdisk.

Bukan hanya itu saja, karena file disimpan ke dalam server, jadi keamanannya jelas lebih terjamin dan tidak mungkin kamu akan kehilangan data. Setiap data yang kamu simpan di penyimpanan cloud juga bisa diakses sewaktu-waktu. Ditambah lagi data-data tersebut juga bisa kamu akses melalui perangkat gadget apa saja dengan syarat terhubung ke jaringan internet.

Layanan penyimpanan data dengan menggunakan cloud data stoage ini bisa saja kamu dapatkan secara gratis (cloud data storage free) dengan kapasitas memori yang sudah ditentukan oleh pihak penyedia layanan. Sedangkan jika kamu membutuhkan ruang kapasitas penyimpanan yang lebih besar, kamu bisa menggunakan layanan cloud data storage berbayar sesuai kebutuhan dan budget.

Perlu kamu ketahui, bahwa perkembangan cloud data storage kini ikut berkembang sangat pesat sekali. Beberapa contoh media cloud data storage yang sangat populer dan banyak digunakan oleh netizen sekarang ini adalah Google Drive, DropBox, OneDrive, dan iCloud.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Data Storage?

cloud data storage free

Proses penyimpanan data atau file ke dalam media penyimpanan cloud data storage bisa diartikan mengirim salinan (copy) ke penyedia layanan cloud atau hosting melalui jaringan internet.

Berikutnya, server akan memberikan kamu akses untuk men-download atau mengunduh atau melakukan perubahan saat kamu ingin membuka data-data atau file-file tersebut.

Umumnya layanan cloud data storage ini tidak hanya mengandalkan pada satu server saja. Sebagian besar aplikasi pada cloud data storage juga tidak memerlukan instalasi karena memang sudah terpasang pada media internet, contoh mudahnya adalah Google Drive.

Kamu hanya perlu menyiapkan koneksi internet saja, dan kemudian membuat akun Google untuk bisa menggunakan Google Drive. Seperti yang kita ketahui bersama, kalau Google Drive ini adalah salah satu layanan yang dikembangkan langsung oleh Google Inc, maka yang bertindak sebagai server adalah Google itu sendiri.

Apa Keuntungan Menggunakan Cloud Data Storage?

apa itu cloud storage

Lantas, setelah kamu mengetahui apa itu cloud data storage dan cara kerjanya, sekarang kamu harus tahu apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih untuk menggunakannya.

Dengan menggunakan cloud data storage, risiko kehilangan atau kerusakan data akan menjadi sangat kecil sekali kemungkinannya karena data atau file kamu akan disimpan oleh hosting ke dalam server.

Oiya, penggunaan cloud data storage juga tidak memerlukan perangkat keras (hardware), sebab cloud data storage benar-benar hanya memanfaatkan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Bahkan, untuk sekarang ini sudah banyak sekali media cloud data storage free alias penyimpanan online yang tidak dipungut biaya (gratis), sehingga sangat membantu kamu untuk menghemat budget finansial.

Terakhir, cloud data storage juga termasuk media penyimpanan data online yang sangat ramah lingkungan dimana tidak membutuhkan hardware (perangkat keras) sehingga tidak akan meninggalkan limbah yang menumpuk.

Demikianlah informasi singkat mengenai cloud data storage best. Jadi, sekarang kamu sudah tahu kalau penyimpanan file secara online disebut cloud data storage yang merupakan salah satu pilihan paling tepat untuk digunakan, gratis, mudah, dan tentunya bisa memberikan keuntungan yang lebih.

Namun, seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa layanan cloud data storage free bisa kamu dapatkan secara gratis, sedangkan jika menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar kamu harus merogoh kocek yang lumayan besar.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.