Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Investasi Saham

Tahukah Anda cara terbaik mengembangkan kekayaan dan aset adalah dengan berinvestasi. Saat ini semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya investasi untuk mencapai kebebasan finansial di masa mendatang. Apalagi ada berbagai jenis investasi yang dapat disesuaikan dengan kemampuan setiap orang. Mulai dari investasi emas, investasi saham, investasi reksadana, investasi properti, dan lain sebagainya. 

Salah satu jenis instrumen investasi yang cukup populer saat ini adalah investasi saham. Investasi saham cukup diminati oleh segala kalangan usia khususnya kalangan milenial untuk merancang keuangan lebih baik demi masa depan yang indah. Nah, bagi Anda yang masih asing dengan istilah investasi saham. Yuk cari tahu apa itu investasi saham dan 5 alasan mengapa Anda wajib investasi saham sedini mungkin. 

Apa itu Investasi Saham?

Sederhananya, saham adalah bentuk kepemilikan yang berupa penanaman modal pada suatu perusahaan atau badan usaha. Jika seorang investor membeli sebuah saham pada suatu perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia, maka investor tersebut berhak atas kepemilikan perusahaan. Namun, hak dari kepemilikan perusahaan tersebut juga berdasarkan sejumlah saham yang dibeli. Lantas apa saja keunggulan dari investasi saham? Simak di bawah ini.

Alasan Investasi Saham, Apa Saja?

investasi saham

Jenis Investasi yang Bersifat Likuid dan Transparan

Alasan utama dari memilih investasi saham sebagai instrumen investasi Anda karena saham bersifat likuid. Dimana, jenis investasi ini mudah untuk dijual hingga dicairkan jika sewaktu-waktu seorang investor berada di situasi mendesak dan membutuhkan dana mendadak. Selain itu investasi saham bersifat transparan. Artinya, seorang investor dapat mengetahui jumlah penawaran dan permintaan dari setiap slot saham perusahaan.

Selain itu, seorang investor juga dapat mengetahui kinerja perusahaan serta laporan perusahaan untuk mengetahui saham terbaik untuk investasi. Sehingga, akan membantu investor dalam memaksimalkan portofolio investasinya.

Transaksi Saham Praktis

Alasan kedua adalah investasi saham dapat dilakukan secara praktis kapan saja dan dimana saja. Saat ini ada berbagai aplikasi sekuritas untuk mendukung investasi saham. Dengan memanfaatkan aplikasi saham online yang terpercaya maka investasi saham pun semakin mudah dilakukan. Dalam memilih aplikasi saham, pastikan untuk memilih perusahaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK agar menghindari adanya penipuan.

Dapat Dimulai dengan Modal Kecil

Ada segelintir orang yang tidak yakin untuk memulai investasi saham karena berpikir investasi saham hanya dapat dilakukan dengan modal yang besar. Nyatanya, investasi saham dapat dilakukan dengan modal 100 ribu rupiah. Dengan modal yang kecil maka Anda dapat menjadi investor saham bukan? 

Memiliki Dua Jenis Keuntungan

Ketika memiliki saham, tentu Anda akan memperoleh keuntungan dari saham tersebut. Ada dua jenis keuntungan yang dapat Anda peroleh yaitu keuntungan dari dividen dan capital gain. Dividen adalah keuntungan yang diperoleh investor yang berikan oleh perusahaan selama periode tertentu. Sementara capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual lebih tinggi dari harga beli ketika investor menjual saham yang dimiliki.

Cocok untuk Investasi Jangka Panjang

Investasi saham juga merupakan instrumen investasi yang cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Harga saham cenderung mengalami kenaikan yang tinggi dan menyaingi laju inflasi. Jika Anda memulai investasi di usia muda, maka beberapa tahun yang akan datang harga dari harga saham tersebut juga memiliki peluang lebih besar dari harga beli. Sehingga, investasi saham dapat digunakan untuk menyiapkan masa depan yang mapan.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.