Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terapkan Kebiasaan Ini Agar Mesin Cuci Anda Lebih Awet!

Mesin cuci sudah menjadi andalan untuk membersihkan pakaian, tidak heran lagi hampir sebagian besar masyarakat memiliki mesin cuci di rumah masing-masing. Selain cara pakainya yang mudah, lebih praktis dan sembari mencuci Anda bisa mengerjakan pekerjaan lain.

Namun perlu Anda ketahui bahwa mesin cuci juga tidak jarang cepat rusak. Hal ini biasanya disebabkan akibat pemakaian yang buruk. Berikut ulasan hal-hal yang dapat Anda terapkan untuk menjaga mesin cuci Anda lebih awet. Tips berikut dapat diterapkan pada mesin cuci front loading terbaik maupun mesin cuci top loading.

Cara Menyimpan Mesin Cuci

terapkan kebiasaan ini agar mesin cuci anda awet

Bagi Anda yang baru saja membeli mesin cuci dan bingung hendak menaruhnya dimana. Ketahui hal berikut ini. Bukan berarti karena mesin cuci digunakan untuk mencuci dan berhubungan dengan air, Anda dapat menaruh mesin Anda di tempat lembab, hal tersebut kurang tepat.

Pastikan Anda menempatkan mesin cuci di tempat yang tidak lembab. Pada tempat tertutup dan kurang cahaya juga tidak disarankan untuk menaruh mesin cuci karena hal tersebut dapat mempengaruhi suhu mesin cuci.

Pakaian Jangan Terlalu Banyak

Sebanyak apapun cucian Anda, sebaiknya tidak memasukkan pakaian dengan jumlah yang berlebihan ke dalam mesin cuci. Hal ini selain akan mempengaruhi kondisi mesin cuci Anda, tentu saja kemungkinan baju Anda juga tidak akan bersih dicuci. 

Sebaiknya sebelum menggunakan mesin cuci Anda, ketahui batas maksimal jumlah pakaian yang bisa masuk dan dicuci.

Pakaian Jangan Disimpan Terlalu Lama

Seringkali saat mencuci menggunakan mesin cuci, Anda pasti akan melakukan pekerjaan yang lain sembari menunggu, tapi tidak jarang juga Anda lupa bahwa cucian Anda masih di mesin cuci. 

Jika kondisi seperti ini berulang kali terjadi, hal ini dapat menyebabkan mesin cuci Anda cepat rusak dan tidak hanya itu saja, mesin cuci Anda bahkan dapat berbau akibat pakaian yang terlalu lama di dalamnya.

Pengaturan Mesin Cuci

Sebelum Anda menggunakan mesin cuci, ketahui dulu aturan pakainya. Rata-rata semua mesin cuci memiliki pengaturan berdasarkan jenis pakaian yang hendak Anda cuci. Tentu saja untuk pakaian yang berbahan kasar seperti jeans sebaiknya dibedakan dengan pakaian yang berbahan lembut seperti katun. Walaupun akan merepotkan, namun ini juga mempengaruhi kondisi akhir kebersihan cucian Anda.

Kebersihan Tabung dan Filter Mesin Cuci

Anda perlu rutin untuk membersihkan tabung dan filter mesin cuci Anda. Disarankan untuk membersihkannya dua kali seminggu karena pada tabung dan filter mesin cuci sering kali terdapat noda, lumut bahkan kerak.

Cara membersihkan yang dapat Anda lakukan adalah cukup dengan isi mesin cuci dengan air lalu atur ke mode cleaning. Setelah selesai dibersihkan, jangan lupa untuk membersihkan filter mesin cuci juga. Untuk membersihkan ini Anda dapat melakukannya secara manual yaitu dengan buka dan bersihkan filternya.

Setelah Digunakan, Cabut Colokan Mesin Cuci

Hal ini mungkin terkesan sepele, namun ternyata dapat berakibat buruk kepada mesin cuci Anda. Tidak terlepas dari kemungkinan korslet dan mesin cuci Anda dapat cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya setelah selesai mencuci, pastikan untuk mencabut colokan listrik mesin cuci.

Perhatikan Bagian Vital Mesin Cuci

Bagian vital mesin cuci berupa panel-panel kendali dan modul PCB. Anda harus menghindari bagian vital ini terkena detergen, sabun bahkan air. Jika sudah sempat basah, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap, dan pastikan juga bagian vital ini bersih.

Timer Mesin Jangan Dimatikan Paksa

Setiap mesin cuci pasti memiliki timer dan akan berhenti sesuai dengan waktu yang Anda telah atur. Jangan sekali-kali Anda tiba-tiba menghentikan timer saat mesin cuci sedang bekerja. Hal ini akan berdampak buruk ke mesin cuci Anda, tunggu dan biarkan mesin cuci berhenti sendirinya berdasarkan waktu yang sudah Anda atur.

Sekian ulasan terkait cara menjaga mesin cuci Anda lebih awet. Apapun merek mesin cuci Anda, semua itu bagus adanya asal pemakai mengetahui cara memakai mesin cuci dengan baik dan benar. Namun, tetap penting memiliki mesin berkualitas seperti yang telah direkomendasikan oleh Pickybest.id pada salah satu artikelnya. Semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.