Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Ganti Kartu BRI Simpedes GPN ke MasterCard?

Saya memiliki rekening tabungan Simpedes di Bank BRI dengan kartu debit atau kartu ATM yang berlogo GPN. Nah, bagaimana cara mengganti kartu ATM berlogo GPN tersebut ke MasterCard? Apa saja syarat-syarat yang diperlukan?

Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau kartu debit adalah salah satu fasilitas perbankan yang bisa didapatkan oleh semua nasabah yang sudah berhasil membuka rekening tabungan di semua bank di Indonesia, salah satunya Bank BRI.

Kartu ATM tersebut bisa kamu gunakan untuk transaksi finansial atau non-finansial di mesin ATM BRI, Link, ATM Bersama, atau di bank-bank lainnya yang sudah menjalin kerjasama dengan Bank BRI, termasuk mesin EDC alias Agen BRILink.

Bahkan, sekarang ini sudah ada beberapa jenis kartu debit atau kartu ATM yang sudah bisa dipakai oleh nasabah untuk bertransaksi secara online.

cara-ganti-kartu-bri-simpedes-gpn-ke-mastercard

Sekarang ini ada setidaknya 2 (dua) jenis kartu ATM BRI yang digunakan oleh nasabah, yakni yang berlogo GPN dan MasterCard. GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional hanya bisa digunakan di dalam negeri alias di Indonesia saja, sedangkan yang berlogo MasterCard bisa digunakan transaksi di luar negeri.

Terkait pertanyaan di atas, khusus untuk nasabah yang memiliki rekening tabungan Simpedes BRI itu tidak bisa mengganti kartu ATM GPN menjadi berlogo MasterCard. Pasalnya, untuk produk tabungan Simpedes sendiri BRI hanya memberikan kartu debit private label (GPN).

Jika kamu ingin mempunyai kartu ATM berlogo MasterCard, silakan kamu membuka rekening tabungan BritAma BRI terlebih dahulu. Untuk membuka rekening tabungan baru, nasabah tidak harus menutup rekening Simpedes, karena BRI sendiri mengizinkan nasabah memiliki lebih dari satu rekening.

Khusus nasabah yang mempunyai rekening tabungan BritAma BRI akan diberikan dua pilihan kartu debit, yakni bisa memilih kartu berlogo MasterCard atau private label alias GPN.

Proses pembukaan rekening tabungan baru di Bank BRI bisa dilakukan secara online atau di kantor cabang Bank BRI terdekat. Sedangkan untuk pembuatan dan pengambilan kartu ATM hanya bisa diambil di kantor cabang dengan membawa beberapa dokumen seperti identitas diri / KTP elektronik dan buku tabungan (jika ada).

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.