Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4R: Prinsip Mengolah Sampah Menjadi Sesuatu Yang Bermanfat

Mungkin kamu pernah ditanya apa saja prinsip pengelolaan sampah yang paling efektif dan bisa dipraktekkan oleh semua orang? Jawabannya adalah 4R (singkatan dari: Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace).

Nah, buat kamu yang masih bingung dengan apa itu 4R sampah mengingat betapa pentingnya mengolah sampah rumah tangga. Oleh sebab itu, yuk kita simak penjelasan lebih detailnya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu 4R Sampah?

apa itu 4r sampah

Dalam misi menjaga memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar, terutama dalam hal pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga yang terus bertambah setiap harinya, dikenal dengan istilah 4R.

Lantas, poin-poin apa saja yang termasuk ke dalam prinsip 4R tersebut? Berikut ulasan lebih lengkapnya:

1. Reduce

Reduce (dalam bahasa Indonesia: mengurangi) yang artinya prinsip untuk selalu berusaha mengurangi jumalh sampah yang dihasilkan oleh kita setiap harinya.

Contoh sederhananya ialah dengan mengurangi penggunaan plastik. Jika saja langkah ini kamu biasakan sehari-hari, maka setiap orang juga akan ikut melakukannya.

Jika semua orang dalam satu lingkungan bisa mengurangi penggunaan kantong plastik, maka limbah plastik akan berkurang, yang menjadi masalah karena sampah plastik ini tidak bisa terurai.

2. Reuse

Reuse (dalam bahasa Indonesia: menggunakan kembali) adalah salah satu poin dari prinsip 4R yang mana setiap individu mengusahakan diri untuk menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa dipakai, walaupun sudah menjadi sampah. Intinya, berusaha mencari manfaat lain dari barang bekas tersebut.

Misalnya bekas kaleng cat, kaleng susu, ember cat yang mana bisa digunakan kembali sebagai pot bunga atau untuk menanam tanaman sayuran, sedangkan kaleng yang berukuran kecil bisa kamu gunakan untuk menyimpan alat-alat tulis.

3. Recycle

Recycle (dalam bahasa Indonesia: mendaur-ulang) adalah mengelola sampah atau limbah yang kita hasilkan sehari-hari, sehingga bisa diubah menjadi barang lain yang bermanfaat.

Contohnya seperti daur-ulang kertas yang mana termasuk salah satu sampah atau limbah paling banyak dihasilkan setiap harinya, sehingga bisa diolah kembali menjadi sebuah kertas baru.

4. Replace

Replace (dalam bahasa Indonesia: mengganti) adalah mengganti barang-barang yang kita gunakan sehari-hari dengan barang yang materialnya dibuat dari bahan-bahan ramah lingkungan atau yang bisa didaur ulang kembali.

Misalnya berusaha untuk mengganti kantong sampah plastik dengan karung goni, atau bisa juga mengganti kantong belanjaan dengan tas belanja yang ramah lingkungan.

Nah, ke-empat prinsip 4R tersebut dapat kamu lakukan secara bertahap dan berurutan. Marilah kita jaga dan lestarikan lingkungan kita agar tetap segar dan asri dengan mengurangi limbah-limbah dan sampah-sampah yang sulit untuk diurai oleh alam.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.