Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curhatan Awkarin di Goplay Mengenai Gangguan Kesehatan Mental yang Dialami dan Tips Menyikapinya

Curhatan Awkarin di Goplay

Mungkin publik figur terlihat tidak memiliki masalah karena sering tampil di depan publik dengan senyum mengembang di pipinya. Namun tahukah Anda jika malah sebagian besar dari publik figur mengalami gangguan kesehatan mental.

Hal ini diungkapkan salah satu influencer terkenal yaitu Awkarin. Ia menyebutkan jika sedari SMA sering mengalami mood swing. Pergantian emosinya yang cukup signifikan tersebut cukup mengganggunya.

Setelah menjadi publik figur, Awkarin mengatakan jika kondisi emosinya kian tidak terkendali dan akhirnya memutuskan untuk mengunjungi seorang psikolog untuk mendapatkan penjelasan serta diagnosis mengenai masalah yang dialaminya.

Pada pemeriksaan tersebut ditemukan bahwa Awkarin mengidap bipolar disorder. Gangguan kesehatan mental tersebut memiliki tingkatan, namun dalam perbincangan di Goplay beberapa waktu lalu tidak disebutkan secara detail berapa tingkatannya.

Dari pengalaman Awkarin tersebut, kita dapat belajar betapa pentingnya menjaga kesehatan mental apalagi di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini.

Mengingat semakin tingginya kasus masalah kesehatan mental yang tidak disadari oleh para penderitanya, Awkarin menyarankan jika sudah merasakan gejala-gejalanya maka harus mengkonsultasikan ke ahli dalam bidangnya bisa psikolog atau psikiater. Tidak disarankan untuk melakukan self diagnose karena cukup berbahaya.

Agar bisa membuat kesehatan mental tetap terjaga dengan baik, Awkarin berbagi tips-tips yang bisa dipraktikkan oleh khalayak luas. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Belajar Terbuka dengan Keluarga atau Orang Terdekat

Pada dasarnya sifat pokok manusia dibagi menjadi dua yaitu introvert dan ekstrovert. Antara keduanya memiliki kecenderungan masing-masing. Umumnya seorang introvert cenderung sulit untuk terbuka dengan orang lain meski dari keluarga atau teman terdekatnya sendiri.

Hanya saja saran dar Awkarin adalah setidaknya harus belajar terbuka. Jika tidak bisa bercerita dengan orang lain karena kurang percaya ataupun alasan lainnya, bisa menceritakannya melalui tulisan.

Anda bisa sharing cerita pengalaman mengenai kesehatan mental di platform media sosial resmi Goplay atau mengirimkannya ke email [email protected] Jangan khawatir, kerahasiaan identitas akan dijaga sebaik-baiknya.

Menariknya untuk cerita terpilih bisa mendapatkan free mengikuti live bersama Awkarin dan juga para ahli dalam bidang kesehatan mental.

2. Melakukan Kegiatan Positif

Awkarin menyarankan untuk melakukan berbagai kegiatan positif untuk mendapatkan ketenangan. Misalnya dengan melakukan olahraga outdoor. Ia menyebutkan jika vitamin D yang didapatkan oleh tubuh dari sinar matahari bisa menumbuhkan hormon kebahagiaan.

Saat tubuh mendapatkan hormon kebahagiaan yang tercukupi, maka kesehatan mental semakin terjaga. Berbeda jika sering mengurung diri di rumah ditambah lagi dengan terlalu lama mengoperasikan media sosial.

Meski fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun berdasarkan suatu studi disebutkan jika risiko orang yang lebih dari 3 jam berselancar di media sosial lebih rentan terganggu kesehatan mentalnya.

3. Menghindari Hal-Hal Toxic

Secara tersirat, publik figur cantik ini juga menyinggung terkait dengan kesehatan mental yang terganggu akibat dari pengaruh hal toxic di lingkungan sekitar maupun kesehariannya.

Hal toxic yang dimaksudkan juga sangat luas seperti halnya lingkup pergaulan setiap harinya, dari lingkungan keluarga, ataupun pertemanan.

Kejadian yang banyak dialami adalah berasal dari keluarga broken home sehingga membuat mentalnya terganggu karena selain kurang perhatian juga sering merasa tertekan. Saat mentalnya terganggu, biasanya akan muncul berbagai ciri-ciri misalnya sering mencari pelampiasan atau sulit diarahkan pada hal lebih baik.

Berangkat dari kepedulian dengan kesehatan mental masyarakat modern saat ini terutama para remaja. Goplay mengadakan program live yang diisi Awkarin dan juga ahli dalam bidang terkait. Program ini bisa diakses melalui aplikasi yang dapat diunduh di Google PlayStore dan AppStore atau langsung mengunjungi websitenya di goplay.co.id.