Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di Mesin ATM BRI

Beberapa waktu yang lalu teman saya kehilangan kartu ATM BRI saat diperjalanan, kemudian dia kebingungan bagaimana cara tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM di teller atau di agen BRILink?

Kartu debit atau yang lebih kita kenal dengan kartu ATM memang sekarang ini sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian besar nasabah, terutama nasabah milenial generasi Z seperti admin Ilyasweb, hehe.

cara tarik tunai tanpa kartu di atm bri

Kenapa jarang melakukan transaksi dengan menggunakan kartu? Simpel, karena sekarang kita sebagai nasabah bisa tetap terhubung dengan berbagai layanan seperti internet banking dan mobile banking untuk melakukan aktivitas transaksi finansial ataupun non-finansial.

Namun, tanpa mempunyai kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) tentunya nasabah tidak akan bisa melakukan registrasi pada kedua layanan tersebut.

Oiya, kartu debit atau kartu ATM juga sangat diperlukan disaat kamu akan melakukan tarik saldo atau tarik tunai di mesin ATM, agen BRILink, atau di teller kantor cabang BRI.

Nantinya kartu ATM kamu akan di gesek pada mesin EDC dan selanjutnya kamu akan diwajibkan untuk menginput 6 (enam) digit kode PIN kartu ATM sebagai proses verifikasi transaksi.

Terkait pertanyaan nasabah di atas, jika kamu sewaktu – waktu kehilangan kartu ATM atau lupa tidak membawanya, kamu bisa kok melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM BRI tanpa menggunakan kartu, lho!

Akan tetapi, kamu harus menggunakan aplikasi BRImo yang mana User ID kamu sudah teraktivasi layanan internet banking dan sudah bisa melakukan transaksi finansial, karena disana ada sebuah fitur tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM BRI.

Caranya sangat mudah sekali, kamu bisa mengikuti petunjuk penggunaannya di bawah ini:

  • Buka aplikasi BRImo, kemudian pilih opsi “Tarik Tunai” yang ada di menu Lainnya.
  • Kemudian  pilih rekening sumber dana yang aka ditarik, beserta nominal yang akan kamu tarik, lalu ketuk opsi “Lanjutkan”.
  • Selanjutnya, cari ATM BRI atau ATM Link yang bisa digunakan untuk melakukan tarik tunai.
  • Lalu pilih opsi “Setor/Tarik Tunai Kartu”, atau kamu bisa klik tombol yang paling bawah di sisi sebelah kiri.
  • Masukkan 6 (digit) Kode Penarikan yang sebelumnya sudah kamu dapatkan di aplikasi BRImo.
  • Masukkan nomor handphone yang kamu gunakan di aplikasi BRImo.
  • Terakhir, silakan kamu ambil uang kamu. Pastikan juga kalau uang yang kamu tarik sudah sesuai dengan jumlah yang kamu inginkan.
  • Selesai.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Sekarang kamu bisa tahu cara melakukan tarik saldo atau tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM BRI. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar, ya!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.