Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Cara Daftar Shopee Food Merchant Agar Jualan Makin Laris!

Rajin melakukan promosi tentunya akan memberikan dampak yang sangat baik untuk kelangsungan bisnis yang kamu jalankan. Apalagi kalau kamu sedang berbisnis atau usaha di bidang kuliner. Salah satu cara mempromosikan bisnis kuliner kamu adalah dengan cara mendaftarkan bisnis F&B itu ke Shopee Food untuk menjadi merchant.

Sekarang ini, Shopee Food adalah salah satu jenis platform pemasaran makanan dan minuman online yang sedang naik daun dan ramai digunakan, bahkan mampu bersaing dengan GrabFood dan GoFood.

Nah, supaya pemasaran bisnis F&B kamu menjadi semakin luas, kamu juga bisa mendaftarkan bisnis atau usaha kamu ke platform yang sedang trend tahun ini yakni Shopee Food.

Layanan dari Shopee Food ini terbuka lebar untuk semua para pebisnis yang bergelut di bidang kuliner yang ingin mempromosikan bisnisnya ke semua kalangan masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas.

Platform Shopee Food juga ikut memudahkan konsumen agar bisa mendapatkan produk kuliner (makanan dan minuman) dari bisnis kamu secara cepat tanpa ribet.

Cara daftar merchant Shopee Food itu terbilang sangat mudah sekali tidak serumit yang kamu bayangkan sebelumnya. Buat kamu yang belum tahu, kamu bisa menyimak syarat-syarat lengkap beserta cara daftar Shopee Food Merchant di artikel Ilyasweb berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Daftar Shopee Food Merchant

cara daftar shopee food merchant

Sebelum kamu mendaftar ke Shopee Food, memang ada beberapa syarat yang harus kamu persiapkan dulu. Persyaratan Shopee Food sendiri terbagi menjadi 2 (dua) yang pertama untuk pemilik bisnis individual (perorangan) dan bisnis yang telah terdaftar secara hukum (badan). Berikut di bawah ini adalah beberapa syarat yang harus kamu siapkan, diantaranya:

1. Persyaratan daftar Shopee Food bagi perseorangan

  • Kartu identitas asli berupa KTP Elektronik (untuk warga negara Indonesia) atau KITAS (untuk warga negara asing);
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak);
  • Foto buku tabungan milik pribadi; dan
  • SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak).

2. Persyaratan daftar Shopee Food bagi badan hukum

  • Kartu identitas asli berupa KTP Elektronik (untuk warga negara Indonesia) atau KITAS (untuk warga negara asing);
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Badan;
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan) atau TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata);
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan) atau NIB (Nomor Induk Berusaha);
  • Surat Keterangan Domisili Usaha dari Desa dan Kecamatan;
  • Akta Pendirian Usaha; dan
  • Foto buku tabungan yang aktif digunakan.

Cara Daftar Shopee Food Merchant

cara daftar shopee food resto

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan yang tertera di atas, maka kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yakni melakukan proses pendaftaran menjadi mitra Shopee Food. Untuk langkah demi langkahnya, kamu bisa simak ulasan di bawah ini:

1. Mengisi formulir pendaftaran Shopee Food

Setelah syarat – syarat yang dibutuhkan oleh pihak Shopee sudah kamu siapkan, maka kamu bisa memulai proses pendaftaran dengan cara mengisi formulir pendaftaran kemitraan Shopee Food melalui link berikut ini: https://help.shopee.co.id/portal/webform/67b3f1bc34d94e9ba2e9c6491ae1d281.

Nah, mengisi formulir pendaftaraan ini sangat penting sekali sebagai langkah pertama kamu untuk mulai jualan di Shopee Food Resto.

2. Mengisi nama merchant yang ingin didaftarkan

Setelah kamu masuk ke halaman pendaftaran Merchant ShopeeFood, maka kamu bisa melanjutkannya dengan mengisi nama merchant/bisnis/usaha yang ingin kamu daftarkan. Silakan kam tulis namanya (tanpa karakter simbol seperti #, @, %, dsb.) Contoh: Soto Ayam Bandung Juara.

3. Mengisi nama pemilik bisnis atau usaha

Setelah memasukkan nama merchant yang ingin didaftarkan di ShopeeFood, selanjutnya kamu harus meng-input nama lengkap kamu sesuai dengan yang tercntum di kartu identitas asli (e-KTP).

4. Mengisi alamat email dan nomor ponsel

Selanjutnya, silakan kamu input alamat email dan nomor telepon yang masih aktif atau masih bisa dihubungi. Pada kolom berikutnya kamu akan menemukan pertanyaan “dari mana Anda mengetahui halaman Pendaftaran Merchant ShopeeFood ini?”, silakan isi sesuai keinginan kamu (bebas).

5. Mengisi detail informasi lokasi dan alamat bisnis

Langkah kelima, kamu harus mengisi informasi lokasi atau alamat bisnis/usaha kuliner kamu secara detail dan lengkap, mulai dari alamat, kota/kabupaten, dan provinsi. Jangan sampai kamu salah meng-input informasi lokasi tempat usaha kamu, karena nantinya bisa menyulitkan driver yang akan antar jemput produk kamu.

Lantas, bagaimana jika pada form Kota / Kabupaten ternyata alamat bisnis kamu tidak ada alias tidak ditemukan? Tenang, jangan khawatir. Jika alamat bisnis kamu tidak tersedia di dalam form tersebut, kamu bisa klik opsi “Lainnya”. Selanjutnya, kamu bisa menulisnya secara manual sesuai dengan alamat/domisili usaha kamu.

6. Mengisi bentuk badan usaha

Langkah selanjutnya, kamu dapat langsung memilih bentuk bisnis. Silakan kamu pilih bentuk badan usaha yang sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. Pilihannya ada Perseorangan, CV, PT, Yayasan, atau jika usaha kamu tidak termasuk ke kategori tersebut, kamu bisa memilih opsi “Lainnya” kemudian masukkan informasi bentuk badan usaha kamu di form yang tersedia.

7. Unggah formulir registrasi merchant ShopeeFood

Kemudian silakan kamu upload Formulir Registrasi Merchant yang sebelumnya sudah kamu isi dan tandatangani. Jangan lupa, sebelum meng-upload pastikan formulirnya sudah dalam format PDF dengan ukuran maksimal 25MB.

Oiya, jika kamu belum memiliki formulir registrasi merchant Shopee Food, kamu bisa unduh terlebih dahulu melalui link di bawah ini:

8. Unggah surat perjanjian kerja sama ShopeeFood

Selanjutnya, silakan kamu upload Surat Perjanjian Kerja Sama atau MoU (Memorandum of Understanding) yang sudah diisi dan ditandatangani (Pasikan formatnya PDF dengan ukuran maksimal 25MB).

9. Unggah lembar informasi merchant ShopeeFood

Berikutnya, silakan kamu upload Lembar Informasi Merchant yang sudah di isi. Untuk dokumen yang satu ini pastikan kamu mengunggahnya dengan format XLS / XLSX (file excel) dengan ukuran maksimsl 25MB.

10. Unggah foto kartu tanda penduduk (KTP)

Selanjutnya, silakan kamu upload foto KTP milik pihak yang tercantum di dalam Formulir Registrasi Merchant.

Jangan asal upload foto, ya! Pastikan foto KTP yang kamu unggah sudah sesuai dengan panduan berikut ini:

  • Diambil dengan menggunakan kamera (bukan hasil scan/editan/fotokopi);
  • Format foto harus JPG/JPEG/PDF/PNG (maksimal ukuran 25MB); dan
  • Foto berkualitas bagus (jernih dan tidak ada bagian yang terpotong), intinya semua informasi yang ada di KTP harus bisa terbaca dengan jelas.

Jika bingung, berikut contoh foto KTP yang sesuai dengan panduan di atas (*identitas kami sensor karena alasan privasi):

cara berjualan di shopee food

11. Unggah foto rekening bank yang aktif

Langkah berikutnya, silakan kamu upload foto halaman depan buku tabungan milik pihak yang tercantum di Formulir Registrasi Merchant Shopee Food. Jangan lupa, untuk memastikan terlebih dahulu kalau foto halaman depan buku tabungan sudah mengikuti panduan berikut ini:

  • Diambil dengan menggunakan kamera (bukan hasil scan/editan/fotokopi);
  • Format foto harus JPG/JPEG/PDF/PNG (maksimal ukuran 25MB);
  • Nama pemilik buku rekening tabungan sesuai dengan nama yang tercantum di KTP; dan
  • Nama pemilik rekening, nomor rekening, dan nama/logo bank harus terbaca dengan jelas.

Di bawah ini adalah contoh foto halaman depan buku rekening yang sesuai panduan di atas:

resto shopee food

12. Unggah foto-foto menu produk yang kamu jual

Setelah meng-upload foto halaman depan rekening tabungan, silakan kamu upload juga foto-foto menu yang tersedia di merchant kamu. Pastikan formatnya PNG/JPEG/JPG (berukuran maksimal 25MB) dan silakan kamu ganti nama image/foto tersebut agar sesuai dengan nama menu.

13. Unggah foto outlet/merchant (tampak depan)

Jika kamu sudah melengkap 12 (dua belas) formulir di atas, silakan kamu unggah foto merchant/outlet/toko tempat kamu berjualan. Sebelum mengupload gambar, pastikan fotonya sudah sesuai dengan panduan berikut ini:

  • Diambil dengan menggunakan kamera (bukan olahan desain (Photoshop, CorelDraw, dll.) atau yang lainnya;
  • Foto berformat JPG/JPEG/PDF/PNG (maksimal ukuran 25MB);
  • Berkualitas jernis, tidak terpotong, dan menampilkan seluruh kondisi outlet kamu.

Berikut ini adalah contoh foto outlet atau merchant yang sesuai dengan panduan di atas:

daftar mitra shopee food

cara jual di shopee food

14. Menyetujui deklarasi persetujuan merchant

Jika semua formulir di atas sudah kamu isi tanpa ada yang terlewatkan, maka selanjutnya kamu bisa menyetujui deklarasi persetujuan merchant dengan cara centang kotak dialog yang bertuliskan “Saya ("Merchant") menyatakan setuju dengan pernyataan di bawah ini:

Deklarasi persetujuan merchant tersebut kurang lebih berisi seperti ini:

Saya ("Merchant") dengan ini setuju memberikan informasi dan dokumen kepada PT Shopee International Indonesia ("Shopee") terkait proses pendaftaran Merchant ShopeeFood dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang terdapat di dalamnya. Lebih lanjut Merchant bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran data dan/atau keterangan dan/ atau dokumen lainnya yang diserahkan Merchant kepada Shopee dan Merchant dengan ini membebaskan Shopee dari setiap dan segala klaim/ gugatan dan tuntutan hukum dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun termasuk dari Merchant sehubungan dengan proses pendaftaran Merchant Shopeefood ini.

Demikianlah penjelasan lengkap dan detail tentang cara daftar Shopee Food untuk merchant yang wajib kamu ketahui. Yuk, mulai kembangkan bisnis kuliner kamu sekarang juga dengan Shopee Food!

Itulah panduan dan cara daftar shopee food merchant buat kamu yang berencana untuk memperluas jangkauan penjualan produk secara online. Jangan sampai kamu melewatkan platform delivery online yang paling menguntungkan ini!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.