Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panu Mengganggu Penampilan, Ini Cara Menghindarinya!

Ciri-Ciri Panu

Panu (tinea versikolor) dapat menyebabkan kulit tampak lebih terang, lebih gelap, atau lebih merah daripada kulit di sekitarnya yang tidak terkena, dan biasanya mengenai dada atau punggung karena area ini memiliki jumlah kelenjar sebaceous yang paling banyak. Gejala panu juga dapat menyerang lengan atas, leher, dan wajah.

Bercak tinea versikolor yang lebih ringan sering terlihat selama bulan-bulan musim panas, ketika area yang terkena gagal menjadi cokelat dibandingkan dengan kulit kecoklatan di dekatnya yang tidak terpengaruh. Sisik, atau serpihan lapisan luar kulit, sering terlihat juga. Tinea versikolor biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi gatal terjadi pada beberapa pasien.

Penyebab Umum Panu

gejala panu

Jangan abaikan suhu yang terlalu panas dan rentan menimbulkan keringat, terutama efek kelembaban yang dibawanya. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tinggal di tepi laut yang indah dan tenang, kelembaban adalah musuh yang patut diwaspadai.

Meskipun kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di bawah AC, kita sering menemukan diri kita basah kuyup oleh keringat; beberapa kali sehari. Kekurangan dari tinggal di tengah iklim tropis adalah berbagai infeksi penyakit kulit yang mungkin terjadi, seperti panu.

Infeksi jamur yang sering menyerang orang dewasa ini biasanya akan menyerang kestabilan pigmentasi normal kulit. Ini menghasilkan bercak-bercak kecil pada kulit yang mungkin berwarna lebih terang atau lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Tinea versikolor paling sering mempengaruhi batang dan bahu seseorang.

Infeksi ini disebabkan oleh jamur Malassezia furfur. Jamur ini terjadi secara alami pada kulit dan dapat berkembang biak dengan cara seperti ragi, yang menyebabkan panu. Tinea versikolor tidak berbahaya. Namun, siapa pun yang mengalami ruam kulit yang persisten harus memeriksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kondisi lain yang lebih serius.

Pencegahan Terbaik

Metode pencegahan yang paling efektif adalah kebersihan. Menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit dapat membantu melindungi seseorang dari tertular infeksi ini.Gunakan krim antijamur yang tersedia bebas menawarkan cara pencegahan yang baik. Produk yang sama ini juga dapat membantu mengendalikan infeksi ringan.

Selain itu, mengambil beberapa langkah ekstra untuk tetap kering dalam cuaca panas dan lembab dan menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membantu menghentikan pertumbuhan panu. Jika kamu sudah melihat beberapa gejala panu di atas, jangan ragu untuk segera mengatasinya dengan mengoleskan krim antijamur yang mengandung bahan Klotrimazol 1%.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.