Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pernah Mengalami Kendala Saat Pengiriman CTC JNE?

Jujur saja, saya jarang sekali mengirim barang dengan menggunakan jasa ekspedisi JNE untuk wilayah dalam kota. Tapi, kalau untuk beberapa kota besar seperti Bandung, Jogjakarta, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan lain-lain kelihatannya sangat umum digunakan.

Mungkin sebagian besar dari kita berpikir, kalau pengiriman antar kota (pengirim dan penerima masih satu kota) akan lebih cepat sampainya dibandingkan dengan ke luar kota, bukan? Kenyataannya, belum tentu!

Tapi, ada yang lebih parah lagi dari hal di atas, atau bisa kita sebut sebagai kendala atau penyakitnya jenis kiriman City To City atau CTC dari jasa pengiriman JNE (Jalur Nugraha Ekakurir).

pengiriman jne ctc

Untuk mengetahuinya, silakan kamu cek resi CTC JNE kamu di halaman Track & Trace, kemudian kamu perhatikan hasil pelacakan kirimannya tepatnya pada tabel POD Detail.

Jika di tabel POD Detail ada isi atau keterangannya, itu artinya pengiriman paket berlangsung nomal.

Akan tetapi, jika di dalam tabel tersebut kosong alias tidak ada keterangan apapun dan hanya bertuliskan ON PROCESS, silakan kamu tunggu setidaknya 1 – 2 hari kerja.

Nah, disana letak permasalahanya. Menurut laporan dari beberapa teman-teman ilyasweb tentang pengiriman CTC JNE yang setelah saya lakukan pengecekan resi ternyata hasilnya memiliki ciri-ciri seperti di atas.

Saat itu saya belum paham mengenai hal tersebut, apa penyebab tabel POD Detail-nya kosong dan belum tahu apakah paket kiriman akan bermasalah atau tidak.

Namun, beberapa minggu kemudian ada sebagian pengunjung yang memberikan infomasi terkait barang kirimannya dan kemudian saya meng-kategorikannya menjadi 2 (dua), yaitu:

1. POD Detail yang kosong itu disebabkan oleh barang/paket kiriman masih berada di gudang JNE dan belum dilakukan entry-data/sortir.

2. Barang Hilang. Hal ini adalah kemungkinan yang paling parah, karena barang hilang jadi informasi di POD Detail juga ikut hilang. Hal ini jarang sekali terjadi, namun tetap menjadi risiko.

Karena banyaknya yang menanyakan hal ini di internet dan sosial media, maka ada yang mengatakan kalau inilah penyakit atau kendala utama pada kiriman CTC JNE.

Jika kamu mengalami hal serupa, solusi terbaiknya ada segera lakukan komplain ke JNE Pusat agar petugas JNE nantinya melakukan pelacakan secara akurat tentang dimanan posisi terakhir paket kiriman kamu.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.