Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kekebalan Tubuh? Simak Yuk!

Selama kurang lebih 2 tahun belakangan, pandemi Covid-19 menghantui masyarakat di dunia. Begitupun dengan Indonesia, virus corona menyebar di berbagai wilayah dan banyak orang yang terkena. Bahkan sampai sekarang masih terus berkembang dan memunculkan varian baru. Ditengah-tengah pandemi, masyarakat diimbau untuk senantiasa menaati protokol kesehatan dan pastinya memperhatikan sistem imun tubuh.

Sebagaimana sudah diketahui, imun tubuh memegang peran penting dalam melawan virus dan bakteri yang menyerang. Ketika Anda memiliki sistem kekebalan yang baik, maka risiko terkena infeksi virus dan penyakit-penyakit berbahaya juga menurun.

Selain rutin berolahraga, meningkatkan asupan Vitamin C bisa menjadi pilihan tepat untuk memperkuat kekebalan tubuh. Mari disimak pembahasan selengkapnya berikut.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Sistem Imun

vitamin c

Hal pertama yang penting untuk dipahami adalah sistem imun seseorang bisa melemah atau meningkat tergantung beberapa faktor. Ini terdiri dari lingkungan, siklus tidur, kebersihan, asupan makanan, usia dan tingkat stress.

Mungkin Anda berpikir bahwasannya sistem kekebalan tubuh sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, padahal lingkungan memegang peran yang lebih besar. Faktor genetik mempengaruhi bagaimana tubuh dalam mengeliminasi virus, jamur, ataupun bakteri dan bereaksi lebih cepat.

Meskipun lingkungan memberi reaksi relatif lambat, namun ia mendorong proses eliminasi zat-zat pengganggu tubuh agar lebih bertahan lama dan spesifik.

Setelah lingkungan, bagaimana pola tidur juga memegang peran besar untuk sistem kekebalan tubuh seseorang. Ketika jam tidur tidak beraturan dan kurang dari standar umum, maka berpengaruh terhadap emosi kurang stabil.

Seseorang rentan mengalami stress apabila kekurangan jam tidur, kalau sudah stress maka kekebalan tubuhnya menurun.

Salah satu protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 adalah rutin mencuci tangan. Anda tidak boleh meremehkannya dan harus mematuhi setiap hari, karena ini berhubungan dengan kebersihan tubuh.

Jangan buru-buru mencuci tangan, pastikan menggosok tangan dengan sabun selama 15 detik. Cuci tangan setelah bepergian ke luar rumah, memegang uang, batuk, dan aktivitas lainnnya.

Asupan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari juga mempengaruhi bagaimana sistem kekebalan tubuh. Apabila makanan hanya sekedar enak dan kurang nutrisi, maka itu tidak membantu memperkuat kekebalan.

Agar sistem imun selalu kuat dalam menangkal virus dan bakteri, silahkan perbanyak konsumsi zat besi, seng, Vitamin B12, Vitamin B6, Vitamin A, Vitamin E, dan Vitamin C.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel imun semakin menurun aktivitasnya. Kemampuannya memproduksi protein yang berfungsi untuk memerangi infeksi virus ikut berkurang. Itulah mengapa orang tua lebih rentan terkena mengalami penyakit.

Terakhir, ada stres yang mempengaruhi bagaimana kekebalan tubuh Anda. Ketika pikiran terlalu terbebani dan berakhir pada kelelahan, maka pada saat itu juga hormon kortisol meningkat. Seperti ketika jadwal kerja sehari-hari yang terlalu padat.

Cara Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Setelah mengetahui faktor-faktor yang bisa berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh, sekarang giliran Anda untuk mengubah pola hidup sehari-hari. Untuk memperkuat sistem imun, langkah pertamanya adalah rutin berolahraga minimal 3-5 kali dalam seminggu.

Durasi olahraga bisa 20-30 menit, sesuaikan menurut kemampuan masing-masing. Olahraga ini beraneka macam, bisa lari-lari, bersepeda, skipping, yoga, ataupun yang lain.

Selanjutnya, rajin cuci tangan setelah beraktivitas. Apalagi Anda memegang fasilitas publik seperti pintu minimarket, atm, dan sejenisnya. Jangan mengerjakan tugas secara berlebihan, karena bisa memicu stres dan berakhir menurunnya kekebalan tubuh.

Kelola stres Anda masing-masing dan berusahalah agar selalu rileks. Perhatikan pula asupan makanan sehari-hari, perbanyak makan sayur ataupun buah-buahan. Beberapa buah yang diperkaya Vitamin C antara lain stroberi, jambu biji, mangga, pepaya, pisang, kiwi dan nanas.

Sementara itu, dari kelompok sayuran ada brokoli, kale, bayam, dan kembang kol yang tidak kalah banyak mengandung Vitamin C.

Demikianlah pembahasan mengenai faktor yang mempengaruhi dan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.