Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Simak Cara Menggunakan Template Capcut Tanpa Watermark!

Capcut menjadi aplikasi pembuatan video yang memberikan fitur terbaik, salah satunya rekomendasi template. Jadi pengguna tinggal klik dan pilih berkas saja tanpa melakukan editing. Untuk melindungi hak cipta, template tersebut disertai tanda air. Tapi tak usah khawatir, karena ada cara menggunakan template Capcut tanpa watermark yang mengurangi tingkat estetika video.

Adanya template dalam Capcut memang memudahkan siapapun untuk menciptakan video estetik, khususnya bagi para editor pemula. Tema yang disediakan selalu mengikuti update dan yang sedang viral saat ini, seperti munculnya video jedag-jedug. Jika ingin menggunakan template tanpa harus menyertakan tanda air, bisa menyimak penjelasan Ilyasweb di bawah.

Cara Pakai Template Tanpa Tanda Air

cara menggunakan template capcut tanpa watermark

Setiap template yang ada di Capcut memang disertai nama akun pembuatnya untuk melindungi hak cipta. Ketika video hasil editing dari template disimpan, pasti terdapat tanda air. Bagi beberapa pengguna, keberadaan watermark dianggap mengurangi estetika dan kurang nyaman dilihat. Tapi tenang saja, langsung ikuti cara menggunakan template Capcut tanpa watermark berikut:

1. Buka CapCut dan Cari Template

Pastikan sudah mengunduh dan menjalankan Capcut versi terbaru. Lalu bukalah aplikasinya dan temukan daftar template dengan meng-klik ikon segi empat disertai segitiga di tengah pada menu bawah. Pilih template yang ingin digunakan, bisa mencarinya dengan membuka kategori yang ada di bar atas.

2. Pilih dan Gunakan Template

Scroll layar dan buka template satu per satu agar menemukan tema yang diinginkan. Jika memilihnya, tinggal ketuk pada template tersebut. Setelahnya klik tombol Use Template yang ada di bagian kanan bawah video.

3. Tambahkan Foto dan Video

Setiap template mempunyai format yang berbeda, ada yang hanya menggunakan foto atau memadukannya dengan video. Jadi, tambahkanlah media yang ada di penyimpanan dan sesuaikan jumlahnya dengan format yang diberikan. Selain itu, untuk hasil bagus usahakan berkas mempunyai rasio 9:16.

4. Tambahkan Teks

Setelah foto dan video ditambahkan, bisa menekan tombol Preview. Lalu masukkan teks jika ingin menambahkan caption yang menarik. Caranya yaitu dengan meng-klik ikon pensil bertuliskan Edit pada bagian tengah layar. Posisikan teks se-estetik mungkin.

5. Pilih Resolusi

Jangan lupa melihat hasil video dari template yang sudah digunakan. Jika dirasa sudah pas dan sesuai, tekan tombol Export yang berada di sudut atas sisi kanan layar. Tentukan pula resolusinya untuk mendapatkan hasil terbaik. Semakin tinggi resolusinya, maka ukurannya juga semakin besar.

6. Pilih Tanpa Tanda Air

Langkah inilah yang akan membuat video tidak memiliki tanda air. Caranya yaitu cukup klik opsi Export Without Watermark. Setelahnya tinggal tunggu proses render berjalan. Jangan menutup aplikasi atau mengunci layar agar video berhasil tersimpan.

Template Tidak Muncul

Selain watermark, ternyata pengguna juga kerap mengalami masalah lain, yaitu menu template tidak muncul dalam aplikasi Capcut. Hal tersebut mungkin terjadi karena jaringan internet milik pengguna tidak stabil. Perlu diketahui, bahwa untuk akses template memang harus online dan sinyal bagus.

Penyebab lain yang membuat menu template tidak dapat dibuka adalah Capcut mengalami bug. Selain versi aplikasi yang sudah kedaluwarsa, juga dikarenakan berkas Cache terlalu besar. Coba bersihkan dahulu file sampah tersebut di Pengaturan ponsel dengan menggunakan fitur Clear Cache. Lalu buka Capcut kembali dan cek menu template.

Jadi, kini pengguna tidak perlu khawatir lagi estetika video terganggu, karena bisa melakukan cara menggunakan template Capcut tanpa watermark seperti penjelasan di atas. Jangan lupa cobalah template terbaru yang tersedia dalam aplikasi agar bisa mengikuti video yang sedang trend. Supaya cara tersebut berjalan lancar, sebaiknya gunakan Capcut versi terbaru atau meng-upgrade aplikasinya.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.