Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Suara Notifikasi di HP Samsung A12

Menambahkan nada dering di HP Samsung A12 merupakan hal penting agar Anda bisa mengetahui apabila ada notifikasi, seperti pesan atau telepon misalnya. Lalu, bagaimana cara menambah notifikasi di HP Samsung A12 yang bisa dilakukan dengan mudah? Simak ulasan Ilyasweb berikut ini.

Mengenal Nada Dering Notifikasi

cara menambah suara notifikasi di hp samsung a12

Sebelumnya, Anda harus mengetahui mengenai nada dering terlebih dahulu. Nada dering merupakan suara yang dijadikan sebagai tanda bahwa di ponsel Samsung A12 Anda sedang menerima notifikasi. Biasanya, nada dering ini digunakan untuk memberitahukan bahwa ada pesan dan panggilan.

Tanda tersebut tidak hanya digunakan untuk memberi tanda adanya telpon dan SMS saja, melainkan juga bisa diaktifkan untuk aplikasi lain. Nada dering di HP Samsung A12 ini bisa diaktifkan untuk aplikasi komunikasi berbasis online, seperti telegram, line, dan WhatsApp.

Setiap ponsel pastinya memiliki fitur tersendiri untuk menambahkan nada dering, termasuk Samsung A12 ini. HP ini bisa menambahkan atau mengurangi nada dering dengan mudah sesuai kebutuhan. Bahkan, pengguna bisa menambahkan nada dering dari file audio lain, seperti lagu dan AAC misalnya.

Cara menambahkan notifikasi ini juga cukup mudah karena Samsung A12 sudah mempunyai fitur bawaannya. Hal ini memudahkan pengguna karena tidak perlu menginstal aplikasi lainnya untuk menambah nada dering.

Cara Menambah Nada Dering Notifikasi di HP Samsung A12

Selanjutnya, Anda bisa langsung mencoba cara menambah notifikasi di Hp Samsung A12. Fitur yang disediakan di Samsung A12 ini cukup unik karena tidak semua perangkat memberikan keunggulan tersebut.

Apalagi Anda bisa menggunakan file MP3 sebagai nada dering notifikasi agar terdengar unik. Pengguna tidak hanya bisa menggunakan nada dering bawaan dari ponsel Samsung A12 sendiri karena bisa terkesan monoton.

Akan tetapi, Anda tidak bisa mengatur durasi dari nada notifikasi tersebut karena penggunaannya mulai dari intro musik. Hal ini membuat durasi audio tersebut berbeda dalam setiap panggilannya dan bahkan bisa kurang terdengar di awal ketika intronya memiliki nada rendah.

Setelah menentukan audio yang diinginkan, Anda bisa langsung membuka file manager dan pilih notification. Pindahkan audio tersebut ke folder notification agar nanti langsung bisa diterapkan menjadi nada notifikasi.

Cara Menambah Suara Notifikasi Samsung

Langkah selanjutnya, Anda bisa langsung menuju ke fitur pengaturan dan pilih menu sound and vibration. Selanjutnya, tab notifications sound yang ingin diterapkan di SIM 1 atau SIM 2. Lalu, gulirkan layar hingga menemukan nada notifikasi yang sudah ditambahkan sebelumnya.

Anda bisa menerapkan nada dering pilihan tersebut sebagai notifikasi untuk panggilan atau SMS ponsel Samsung A12. Terakhir, coba nada notifikasi tersebut dengan menghubungi HP Samsung A12 menggunakan perangkat lainnya.

Cara Mengganti Nada Notifikasi WA

Pengguna aplikasi WA di HP Samsung A12 juga bisa menambahkan nada notifikasinya agar lebih menarik. Caranya, Anda bisa langsung membuka aplikasi WA dan mengakses menu setelan di ikon titik tiga yang ada di tampilan pojok kanan atas layar.

Lalu, ketuk menu notifikasi dan pilih nada dering yang akan dicustom. Anda bisa menggunakan nada dering yang sebelumnya sudah ditambahkan. Nada dering ini akan membuat notifikasi yang berasal dari WA atau panggilan biasan menjadi berbeda.

Cara menambah notifikasi di HP Samsung A12 tersebut bisa diterapkan agar nada dering di ponsel semakin berkesan. Pilihlah nada dering semenarik mungkin yang membuat Anda lebih mudah mengetahui ketika ada notifikasi di ponsel tersebut serta unik untuk didengar.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.