Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar WiFi Tidak Lemot di HP Realme

Mengakses internet telah menjadi sebuah rutinitas sehari-hari bagi masyarakat, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Kegiatan ini tentu tidak terlepas dari penggunaan Wifi, tetapi kecepatan Wifi yang digunakan tidak selalu bagus, termasuk di HP Realme. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan cara agar Wifi tidak lemot di HP Realme berikut:

Ubah Setelan WiFi

cara agar wifi tidak lemot di hp realme

Wifi yang lemot di HP Realme, tentu dapat menghambat proses akses internet yang dilakukan oleh seseorang. Salah satu cara agar Wifi tidak lemot di HP Realme adalah dengan mengubah setelan Wifi. Cara mudah, pastikan HP telah tersambung dengan jaringan Wifi, gulir layar hingga muncul menu bar.

Klik dan tahan beberapa saat ikon Wifi, klik tanda seru pada jaringan Wifi yang tersambung. Ubah opsi Pengaturan IP menjadi Statistik, kemudian pada opsi Alamat IP ubah angka setelah titik dengan angka berapapun. Jika berhasil, maka akan mendapatkan kecepatan Wifi yang maksimal.

Mengganti Beberapa Pengaturan Pada Opsi Pengembang

Agar kecepatan Wifi yang tersambung pada HP tidak lemot, pengguna juga dapat mengganti beberapa pengaturan pada Opsi Pengembang. Caranya, buka menu Setelan yang tersedia di HP Realme dan klik menu Tentang Telepon sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan Opsi Pengembang.

Silahkan kembali pada menu Setelan, gulir layar hingga menemukan Opsi Pengembang, jika opsi ini belum tersedia, klik Setelan Tambahan. Lalu, geser toggle Opsi Pengembang dan aktifkan opsi Hidupkan Logging Yerbose Wi-Fi dan menu Hidupkan ekstensi jangkauan Wi-Fi.

Mengubah Frekuensi Wifi Menjadi 5 GHz

Biasanya, frekuensi Wifi pada HP Realme tipe lama, menggunakan frekuensi 2.4 GHz yang dapat menjadi pemicu jaringan Wifi lemot. Hal ini, disebabkan karena orang yang menggunakannya sudah terlampau banyak. Sedangkan, pada frekuensi 5 GHz belum banyak yang menggunakannya.

Oleh karena itu ubah saja frekuensi tersebut menjadi 5 GHz agar kecepatan Wifi bertambah. Frekuensi ini dapat diubah dengan masuk menu Pengaturan, klik opsi Wifi dan pilih Pengaturan Lanjutan. Setelah itu, klik Frekuensi Wifi Band dan ubah menjadi 5 GHz.

Perbarui Firmware

Selain penggunaan frekuensi, Firmware yang sudah lama tidak diperbarui juga menjadi penyebab kualitas jaringan Wifi menjadi lemot. Firmware sendiri merupakan bagian kecil dari suatu perangkat lunak yang dapat membantu kinerja perangkat keras sesuai yang dikehendaki. Salah satunya, membantu mempercepat kinerja Wifi yang tersambung oleh perangkat yang digunakan.

Dengan demikian, memperbarui Firmware menjadi hal penting yang harus dilakukan bagi pengguna Wifi. Pembaruan ini dapat dilakukan melalui menu Pengaturan pada HP, setelah itu klik opsi Tentang Telepon. Lanjut dengan klik opsi System, lalu Software Update.

Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara yang terakhir, dapat menggunakan aplikasi penguat sinyal, cara ini menjadi pilihan banyak orang. Pasalnya, dinilai mudah dilakukan dan telah terbukti menambah kecepatan jaringan Wifi pada HP. Aplikasi yang dapat digunakan adalah aplikasi Booster dan Analyzer yang kapasitasnya tidak terlalu besar namun memiliki banyak keunggulan.

Aplikasi Booster dan Analyzer, dirancang khusus untuk pengguna yang memiliki masalah jaringan Wifi yang lemot. Sehingga, didalamnya disediakan beragam fitur yang dapat digunakan untuk menambah kecepatan Wifi. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia, pengguna bisa meningkatkan sinyal Wifi, sehingga jaringan Wifi akan terasa lebih cepat.

Demikianlah ulasan mengenai cara agar Wifi tidak lemot di HP Realme. Dengan menggunakan salah satu cara di atas, pengguna tidak perlu khawatir lagi jika jaringan Wifi yang tersambung di HP lemot. Selamat mencoba!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.