Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Investasi Saham, Salah Satunya Memilih Aplikasi MOST sebagai Solusi Investasi Anda

Dewasa ini, ada berbagai jenis instrumen investasi yang bisa Anda pilih untuk menyiapkan rencana keuangan yang lebih baik. Salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan dan semakin banyak dilirik adalah investasi saham. Sederhananya, investasi saham adalah kegiatan penanaman modal yang berupa pembelian saham pada suatu perusahaan.

Seorang investor yang membeli suatu saham perusahaan maka investor tersebut juga mempunyai kepemilikan perusahaan tersebut. Dengan potensi keuntungan yang cukup tinggi, investasi saham tentu juga menghadirkan risiko yang besar.

Jenis investasi ini sering dikenal dengan high risk dan high return. Sehingga sebelum memulai investasi saham dibutuhkan berbagai strategi bijak untuk menghindari kerugian saat investasi. Yuk ketahui, inilah 5 hal yang wajib diperhatikan sebelum investasi saham!

Pahami Ilmu Dasar dan Istilah- Istilah Pada Saham

investasi saham

Langkah pertama sebelum terjun investasi saham yaitu dengan memahami ilmu dasar dalam berinvestasi saham. Saat memulai investasi saham, mungkin Anda akan menemukan berbagai istilah-istilah teknik yang mungkin terdengar asing. Jadi pastikan untuk mengetahui istilah-istilah saham agar Anda tidak kebingungan saat memulai investasi.

Pahami Analisis Saham

Selain ilmu dasar,  Anda juga harus belajar mengenal analis saham yang terdiri dari analisis fundamental dan teknikal. Analisis fundamental seperti membaca laporan keuangan. Tidak hanya itu saja, memahami analisis teknikal seperti membaca grafik saham juga sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mempermudahkan Anda dalam mengambil keputusan saat ingin melakukan penjual atau beli saham.

Pilih Sekuritas yang Terpercaya

Tips selanjutnya dalam investasi saham yaitu memilih sekuritas terpercaya yang sudah memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan. Pastikan untuk memilih sekuritas yang memberikan pelayanan baik kepada nasabahnya seperti salah satunya Mandiri Sekuritas.

Mandiri sekuritas adalah mitra investasi pasar modal terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai produk dan layanan terbaik. Mandiri Sekuritas menghadirkan aplikasi saham online terbaik yang akan membantu investor dalam membantu berinvestasi di pasar modal. 

Pilih Aplikasi Saham yang Praktis

Kehadiran aplikasi online dalam berinvestasi saham tentu sangat membantu investor saat ini. Sehingga untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal, pastikan untuk memilih aplikasi yang menyediakan berbagai fitur yang akan mempermudah proses investasi Anda. Pilihlah aplikasi saham yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Aplikasi saham online terbaik yang dapat Anda pilih yaitu aplikasi MOST (Mandiri Online Securities Trading). Aplikasi ini dirancang dengan UI dan UX yang ramah untuk penggunanya. Kehadiran MOST akan membantu investor dalam melakukan proses jual beli reksa dana, saham, maupun surat berharga negara dengan mudah dan praktis.

Rajin Memantau Pergerakan Saham

Tips terakhir adalah rajin memantau pergerakan saham. Perlu diingat bahwa saham termasuk kedalam kegiatan yang berisiko karena harga saham terlalu fluaktif. Harga saham bahkan dapat berubah dalam hitungan detik. Harga saham yang berubah dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Faktor internal meliputi kinerja dan fundamental perusahaan. Sementara eksternal meliputi ekonomi makro suatu negara, panic attack, hinga kurs rupiah. Jadi, pastikan untuk selalu memantau pergerakan saham untuk terhindar dari kerugian.

Jadi, itulah 5 hal penting yang wajib diperhatikan sebelum memulai investasi saham. Jika Anda belum yakin akan memulai investasi saham karena risiko yang tinggi, jangan khawatir. Anda dapat mencoba untuk memulai investasi reksadana terlebih dahulu sebagai batu loncatan sebelum terjun ke dunia saham. Investasi reksadana adalah investasi yang menguntungkan dan cocok untuk pemula. Tertarik untuk investasi reksadana? Yuk cek https://www.most.co.id/reksa-dana

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.