Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melamar Kerja di McDonald Agar Diterima

Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya McDonald? McDonald atau yang lebih kita kenal dengan sebutan singkatnya yaitu McD adalah salah satu restoran makanan cepat saji terbesar di dunia.

McDonald pertama kali berdiri pada sekitar tahun 1955 yang berpusat di California, Amerika Serikat. Sekarang ini McDonald sudah memiliki banyak sekali cabang di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Kepopuleran McD ini tentunya sangat menarik perhatian banyak orang untuk bekerja sama menjalin bisnis, dan tidak sedikit orang yang ingin bekerja di McDonald.

Kamu tertarik untuk bekerja di McDonald dan memiliki rencana untuk melamar pekerjaan di sana tahun ini? Yuk, pahami dulu cara melamar kerja di McDonald di bawah ini sebagai bekal pengetahuan kamu nantinya.

Perkembangan perusahaan McDonald sebagai perusahaan yang bergerak di bidang makanan cepat sajai memang sangat pesat sekali. Hal ini dibuktikan dengan ada ratusan ribu restoran cabangnya yang sudah tersebar luas di 100 negara. Indonesia juga termasuk salah satu negara yang memiliki restoran McDonald, dan pertama kali ada pada tahun 1991 di Sarinah, Jakarta Pusat.

Siapa Pemilik McDonald?

cara melamar kerja di mcdonald

McDonald berdiri pada tahun 1940 yang didirikan dan dioperasikan oleh Richard Dick dan Maurice Mac McDonald. Akan tetapi, ada satu sosok yang sangat penting yang membawa McDonald sampai ke puncak kemajuannya, yakni Raymond Albert Kroc atau yang sering dikenal dengan nama Rac Kroc.

Kemajuan dan kesuksesan daripada McDonald inilah yang memicu munculnya berbagai jenis lowongan pekerjaan atau loker mcdonald terbaru yang sudah pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi semua kalangan masyarakat terutama fresh graduate dan yang baru lulus sekolah SMK, dan kuliah (sarjana).

Wajib kamu ketahui, kalau sekarang ini McD adalah salah satu bagian dari McDonalds Corporation di Amerika Serikat yang sudah menyajikan beragam jenis hidangan, mulai dari burger, kentang goreng, dan juga berbagai macam minuman, produk ayam, dan milkshake.

Kamu harus tahu informasi dasar ini sebelum saya membahas lebih dalam mengenai cara melamar kerja di McDonald atau McD ini, ya!

Berapa Gaji Kerja di McDonald?

Seperti yang kita ketahui bersama, McD berkembang pesat sekali menjadi salah satu restoran makanan cepat saji yang sangat digemari oleh masyarakat luas di berbagai negara. Kesuksesan ini tentunya sangat memengaruhi kebutuhan perusahaan terhadap penambahan atau perekrutan karyawan baru.

Banyak calon pelamar kerja yang bertanya berapa gaji crew McD? apakah gaji karyawan McD UMR?

Besaran gaji McD itu tergantung pada jabatannya, mulai dari crew, pelayan, kasir, admin, sampai pekerja paruh waktu (freelance) atau part time. Kisaran gaji yang diberikan mulai dari 1,2 juta sampai dengan 10 jutaan.

Sedangkan gaji untuk part time job ada yang di angka ratusan ribu alias masih di bawah satu juta rupiah. Buat kamu yang tertarik untuk melamar kerja di McD, maka dalam artikel ini admin akan membantu kamu tata cara melamar kerja di McDonald agar diterima.

Apa itu Crew McD?

Jabatan crew di perusahaan McDonald merupakan salah satu posisi yang paling banyak diminati. Kalau kamu termasuk tipikal orang yang suka bersosialiasi dan senang membangun relasi serta memiliki can-do attitude, maka jabatan ini sangat cocok buat kamu.

Crew memiliki tugas pokok untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pengunjung restoran. Pelayanan yang diberikan diharapkan bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung yang datang ke restoran.

Mengutip dari beberapa sumber, ada yang mengatakan kalau gaji crew McD ini berada di kisaran 2 – 3 jutaan.

Berapa Gaji Part Time McD?

McDonal bukan hanya membuka lowongan pekerjaan untuk pegawai full time saja, lho! Perusahaan yang satu ini juga memberi kesempatan untuk kamu yang ingin bekerja secara paruh waktu alias part time dengan gaji yang lumayan.

Buat kamu yang memiliki waktu terbatas karena masih kuliah atau kerja di tempat lain, kamu bisa mencoba melamar kerja di McD secara part time. Durasi kerjanya sekitar 6 (enam) jam dengan gaji mulai dari 1 jutaan.

Apa Syarat Kerja di McDonald?

McDonald merupakan perusahaan yang lebih mengedepankan nilai-nilai perusahaan yang meliputi kekeluargaan, fleksibilitas, dan masa depan yang cerah.

Bukan hanya itu saja, McD juga memberikan jenjang karir yang sangat menjanjikan bagi setiap karyawannya. Mulai dari pekerja part time, crew, manager, sampai dengan konsultan.

Oiya, jenjang karir di McDonald juga akan terus berkelanjutan tergantung kinerja karyawan. Semakin bagus kinerjanya, semakin cepat juga kamu dipromosikan ke posisi yang lebih strategis!

Kamu semakin penasaran tentang bagaimana cara melamar kerja di McDonald? Baiklah, sekarang silakan kamu simak baik-baik persyaratan apa saja yang harus kamu penuhi untuk menjadi crew di McD berikut di bawah ini:

  • Pria/Wanita.
  • Lulusan SMA/SMK/MA/SMU/Sederajat (semua jurusan).
  • Usia maksimal 26 tahun.
  • Mempunyai skill komunikasi yang baik.
  • Bersedia kerja shift termasuk pada hari libur.
  • Berpenampilan menarik, percaya diri, penuh semangat, kreatif, dan sabar.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Mampu bekerja sama dalam tim.

Cara Melamar Kerja di McDonald

McDonalds Corporation biasanya membuka lowongan pekerjaan atau loker melalui website, media sosial, atau portal loker. Pastikan kalau kamu sudah memenuhi persyaratan sebagaimana yang tertera dalam informasi loker perusahaan.

Seperti melamar pekerjaan pada umumnya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Dokumen yang harus dipersiapkan diantaranya seperti fotocopy identitas e-KTP, fotocopy ijazah terakhir, surat keterangan sehat, curriculum vitae atau CV, surat lamaran kerja, SKCK dari polres atau polsek, dan sertifikat pendukung yang relevan, pas foto formal ukuran 4x6 dan 3x4.

Nah, jika berkas – berkas di atas sudah kamu penuhi secara lengkap tanpa ada yang terlewatkan, selanjutnya kamu bisa kirim saja langsung dokumen tersebut ke cabang McDonald terdekat atau ke narahubung yang tersedia.

Setelah kamu lolos dalam seleksi berkas, berikutnya kamu akan diikutsertakan dalam tahapan ujian soal tertulis dan sesi wawancara kerja.

Persiapkan diri dan mental kamu semaksimal mungkin agar kamu bisa lolos semua tahap seleksi berkas, ujian soal tertulis, dan wawancara kerja.

Demikianlah artikel tentang cara melamar kerja di McDonald, informasi gaji, dan juga persyaratan-persyaratannya. Jika masih ada yang ingin kamu tanyakan atau ada kesalahan informasi, silakan beritahukan admin melalui kolom komentar, ya!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.