Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Alasan Mengapa Balita Harus Minum Susu

Proses tumbung kembang anak berumur di bawah lima tahun atau balita sangat dipengaruhi oleh banyak sekali faktor, mulai dari faktor ekonomi keluarga, kondisi lingkungan, budaya, pendidikan dari orang tua, sampai dengan asupan nutrisi yang seimbang.

Bukan hanya makanan yang bergizi saja sebagai sumber energi, balita juga sangat membutuhkan asupan susu yang seimbang agar pertumbuhan fisik dan kecerdasannya meningkat secara drastis.

Perlu mama ketahui, bahwa susu itu mengandung berbagai jenis nutrisi yang bisa membantu pertumbuhan si kecil secara optimal, seperti karbohidrat, protein, mineral, asam lemak, kalsium, fosfor, dan beragam vitamin.

Jadi, selalu berikan susu untuk balita yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap demi memenuhi kebutuhan gizi si buah hati ya, mam.

Tahu nggak mam? Kalau ternyata kebiasaan minum susu juga memberikan banyak sekali manfaat untuk si buah hati. Lantas, apa saja manfaat minum susu untuk pertumbuhan balita? Yuk, simak di bawah ini:

Sumber energi yang baik

manfaat minum susu untuk pertumbuhan balita

Kandungan karbohidrat dan asam lemak pada susu menjadi salah satu sumber energi yang sangat bagus sekali untuk si kecil.

Mempertahankan kepadatan tulang dan gigi

Sedangkan kandungan vitamin D, mineral (kalsium dan fosfor) yang terdapat pada susu juga bermanfaat untuk memperkuat dan mempertahankan tingkat kepadatan tulang dan gigi balita.

Pasalnya, kalsium di dalam susu akan lebih mudah diserap oleh tubuh jika kita bandingkan dengan makanan atau minuman yang lainnya.

Mendukung pertumbuhan dan perkembangan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kalau susu itu mengandung protein yang lumayan tinggi, protein merupakan komponen esensial yang bisa mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan si buah hati.

Selain itu, kandungan alfa laktabumin adalah salah satu bagian dari whey protein yang bisa dengan mudah diserap oleh tubuh si kecil.

Alfa laktabumin juga bisa membunuh bakteri-bakteri jahat di dalam usum si buah hati tanpa mengganggu sistem kerja ususnya. Dan tentu saja hal ini akan mengurangi risiko balita dari terkena infeksi saluran percernaan alias diare.

Mendukung anak dalam mengeskplorasi kepintarannya

Minum susu juga bermanfaat untuk mendukung balita yang sedang asyik-asyiknya mengeksplorasi kecerdasannya. Sebab, di dalam susu balita mengandung zat Omega 3 dan 6 yang bisa membantu mengembangkan kepintaran si buah hati.

Omega 3 dan Omega 6 merupakan salah satu komponen pembentuk membran sel otak yang tidak bisa dibentuk sama sekali oleh tubuh. Sedangkan kandungan AA dan DHA juga bisa membantu proses pertumbuhan pada sistem saraf pusat dan fungsi penglihatan mata balita.

Jadi, mulai sekarang mama harus mendukung si kecil untuk terus mengeksplorasi kepintaran dan kecerdasannya dengan cara memberikan asupan susu formula yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, ya.

Jangan lupa juga untuk memilih produk susu balita yang mengandung sedikit gula. Mam harus tau kalau hal ini sangat penting sekali agar si buah hati tidak berisiko terhadap kegemukan di masa-masa pertumbuhannya.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.