Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Jaringan Tri Hilang dan Cara Mengatasinya Dengan Benar

Kartu Tri sudah menyebar luas di berbagai daerah di Indonesia dan berhasil memikat hati masyarakat. Larisnya perdana Tri ini tidak lepas dari harganya yang terjangkau, khususnya paket internet. Sama seperti provider lain, Tri seringkali mengalami gangguan pada jaringannya. Seperti internet lemot, bar sinyal hilang, sinyal 4G tidak muncul dan lain-lain. Ingin tahu apa penyebab jaringan Tri hilang dan cara mengatasinya? Simak artikel berikut.

Sebagai pengguna kartu Tri, Anda pasti pernah mengalaminya. Rasa kesal dan jengkel langsung muncul jika sinyal tiba-tiba hilang padahal sedang mengobrol penting di telepon atau asyik berselancar di internet.

Penyebab jaringan Tri hilang dan cara mengatasinya bisa disimak dibawah ini. 

Berbagai Macam Penyebab Jaringan Tri Hilang

cara mengatasi jaringan tri hilang

Cuaca Berubah

Hampir seluruh provider di Indonesia mengandalkan cuaca untuk memberikan kualitas sinyal mereka. Ketika cuaca sedang bagus, maka kartu bisa digunakan dengan lancar dan aman. Begitu pula ketika cuaca berubah menjadi kurang bagus, maka sinyal mendadak hilang atau lemah. Khususnya ketika hujan deras disertai petir.

Sebagaimana provider lain, kartu Tri juga terdampak sinyalnya ketika cuaca buruk.

Daerah di Luar Jangkauan

Jika dibandingkan Telkomsel dan XL, daerah jangkauan sinyal Tri belum sebanyak itu. Sehingga tidak heran apabila sinyalnya suka hilang ketika Anda jalan-jalan ke luar daerah. Meskipun di rumah masih terjangkau, belum tentu di tempat lain sinyalnya masih ada.

Tidak perlu heran apabila sinyal kartu Tri hilang ketika Anda bepergian ke tempat baru.

Hardware Rusak

Penyebab jaringan Tri hilang selanjutnya adalah kerusakan pada hardware ponsel. Mungkin saja IC Sinyal Anda bermasalah, sehingga tidak bisa memunculkan jaringan. Untuk memastikan apakah hardware benar-benar rusak, silahkan test menggunakan kartu perdana lain.

Kartu SIM Bermasalah

Setelah mengidentifikasi penyebabnya dan tiga kemungkinan diatas tidak Anda alami, maka besar kemungkinannya adalah kartu SIM bermasalah.

Perbaikan Sistem

Kemungkinan yang terakhir adalah ponsel sedang memperbaiki sistem. Proses ini menyebabkan pemutusan sinyal secara otomatis, sehingga untuk beberapa saat sinyalnya hilang.

Jika memang karena perbaikan sistem, maka seharusnya tidak berlangsung lama. Beberapa saat kemudian pasti sudah kembali normal seperti sedia kala.

Cara Mengatasi Sinyal Tri Yang Hilang

Copot Kartu SIM

Langkah pertama yang perlu Anda coba adalah melepas kartu SIM dari ponsel. Sebab, ada kemungkinan bahwasannya SIM bermasalah sehingga membuat sinyal Tri hilang. Setelah itu, pasang kembali dengan posisi benar.

Aktifkan Mode Pesawat

Jika cara pertama masih belum berhasil, maka cara mengatasi sinyal Tri yang hilang adalah beralih ke mode pesawat. Cukup klik icon pesawat pada bar menu, kemudian klik kembali untuk beralih ke mode normal.

Mode pesawat berfungsi untuk mereset sistem jaringan sehingga lebih optimal dari sebelumnya.

Membersihkan Cache

Cache adalah file sampah yang menumpuk pada ponsel dan perlu dibersihkan, meskipun sifatnya tidak bertahan lama. File sampah yang berhasil dibersihkan berguna untuk meringankan ponsel supaya bekerja lebih optimal.

Setelah membersihkan cache, coba perhatikan ikon sinyal di ponsel. Apakah masih tetap atau sudah muncul kembali jaringannya.

Pindah Lokasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kemungkinan sinyal Tri Anda hilang karena lokasi tidak terjangkau layanan. Pindahlah ke tempat terbuka dan lebih tinggi yang biasanya memiliki kualitas sinyal lebih baik.

Menghubungi Call Center Tri

Sudah menerapkan semua cara mengatasi sinyal Tri yang hilang diatas namun belum berhasil? Maka pilihan terakhir adalah menghubungi call center Tri di nomor 123 (kartu prabayar) atau 0896-44000-123 (kartu berbayar).

Silahkan sampaikan keluhan Anda, maka pihak operator akan memberi solusi.

Demikianlah pembahasan ringkas tentang penyebab jaringan Tri hilang dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.