Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Objektif Dalam CV Lamaran Kerja Yang Menarik dan Bagus

Membuat CV lamaran kerja adalah tugas bagi semua orang untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat, CV menjadi salah satu sarana supaya kesempatan diterima kerja semakin terbuka lebar. Bicara soal CV, apakah Anda sendiri sudah paham tentang objektif? Jika belum, simak pengertian dan contoh objektif dalam CV lamaran kerja berikut ini.

CV memegang peran penting bagi para pencari kerja. Sebab, dari sinilah pihak HRD mengetahui latar belakang setiap orang. Apabila hanya dibuat sembarangan, maka bisa dipastikan pihak HRD kurang tertarik dengan Anda.

Tidak perlu takut, karena contoh objektif dalam CV lamaran kerja dibawah akan memberi Anda sedikit gambaran bagaimana mendeskripsikan skill yang dimiliki.

Objektif Dalam CV itu Apa?

contoh objektif dalam cv lamaran kerja

Kalimat objektif karir adalah sebuah kalimat yang menjelaskan tujuan Anda ketika melamar pekerjaan tersebut. Meskipun menulis kalimat objektif bukan suatu keharusan, namun dengan menulisnya akan membuat CV terlihat lebih meyakinkan dan berkarakter.

Objektif dalam CV tidak perlu bertele-tele, melainkan harus ditulis secara singkat dan membahas tentang diri Anda.

Apa Saja yang Perlu Ditulis di Bio CV?

Impresi pertama menjadi bagian paling penting dalam CV untuk menarik perhatian HRD supaya lebih penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh tentang diri Anda. Yang perlu ditulis di bagian ini adalah kepribadian, kemampuan, keterampilan, keahlian dan karakter paling menonjol di dalam diri Anda.

Perhatikan pula kualifikasi pekerjaan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Pastikan apa yang Anda miliki sudah sesuai dengan kualifikasi tersebut. Tidak lupa juga mencantumkan riwayat pendidikan, data pribadi dan pengalaman kerja.

Contoh Objektif Dalam CV Lulusan SMK

Lulusan SMK sudah memiliki kemampuan yang jelas dan tidak banyak embel-embel lain, sehingga membuat CV-nya relatif lebih mudah. Anda bisa mendeskrepsikan diri secara langsung dan singkat seperti dibawah:

“Saya memahami seluruh komponen hardware pada laptop dan komputer secara mendetail. Mulai dari cara kerja, struktur, dan bagaimana mengatasi bagian-bagian tertentu yang mengalami kerusakan. Saya bisa menyesuaikan kebutuhan PC konsumen sesuai budget yang mereka miliki. Kemampuan tersebut sudah saya terapkan bersama teman-teman dengan mengelola toko komputer kecil-kecilan selama dua tahun belakang”.

Kira-kira seperti itulah objektif dalam CV lulusan SMK yang perlu ditulis. Intinya adalah Anda mendeskripsikan diri secara singkat tentang kemampuan yang dimiliki. Boleh saja menyusun kata-kata yang menarik, namun jangan sampai terlalu berlebihan dan membohongi pihak HRD.

Contoh Objektif Dalam CV Lulusan SMK Akuntansi

“Saya adalah Tias Kinasih, lulusan SMK Anak Bangsa. Seorang fresh graduate yang mempunyai harapan bisa bekerja di PT. Gendra ID bagian akuntansi. Ingin menerapkan ilmu yang sudah dipelajari selama 3 tahun terakhir dan pengalaman PKL selama 6 bulan untuk memberikan efisiensi dan perhitungan akurat pada laporan keuangan perusahaan.”

Contoh Objektif Dalam CV Fresh Graduate

“Saya adalah Andre Fikri, lulusan Universitas Gajah Mada. Saya bersedia ditempatkan di semua posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Saya lulus dengan IPK 3,6 dan predikat cum laude. Sebagai seorang sarjana, saya memiliki tanggung jawab, komitmen, dan kemampuan beradaptasi di semua situasi dan kondisi apapun. Bekerja di bawah tekanan bisa saya lakukan dengan baik.”

Contoh Objektif CV Menarik

“Nama saya Fikri Muhammad. Saya tertarik dengan bidang pemrograman. Saya pernah mengikuti kompetisi pemrograman tingkat SMA dan berhasil mendapatkan predikat terbaik. Sejak kecil saya sudah menyukai dunia pemrograman dan senantiasa mendapat dukungan dari orangtua supaya bisa mengembangkannya. Saya memiliki sebuah aplikasi berbasis iOS dan android yang dipakai di sekolah sebagai sistem absensi siswa.”

Demikianlah beberapa contoh objektif dalam CV lamaran kerja, semoga membuka wawasan Anda semua.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.