Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi dan Contoh Iklan Advertorial Produk Makanan

Iklan advertorial bukanlah sesuatu yang baru dikalangan pemilik bisnis. Sejak dahulu mereka sudah memanfaatkan iklan ini sebagai langkah promosi efektif untuk menjangkau masyarakat luas. Contoh iklan advertorial bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai media sebagai bahan pembelajaran. Sehingga tidak perlu bingung lagi ketika ingin membuatnya di kemudian hari.

Di dalam contoh iklan advertorial Anda bisa mempelajari bagaimana kerangka yang benar dan pemilihan kata-katanya. Format tulisan penting diperhatikan guna menghasiklan sebuah iklan advertorial yang mampu menggugah minat masyarakat untuk penasaran dengan produk atau jasa tadi.

Tanpa perlu panjang lebar, berikut ini pembahasan selengkapnya tentang iklan advertorial.

Pengertian Iklan Advertorial

contoh iklan advertorial

Iklan advertorial adalah sebuah iklan yang format penulisannya dibuat dalam bentuk artikel. Nantinya iklan ini diterbitkan di dalam majalah atau surat kabar. Seiring berjalannya waktu, iklan advertorial juga diposting di platform-platform berita nasional.

Jika iklan display menampilkan segi visual seperti ilustrasi, gambar dan grafis, maka iklan advertorial berbeda. Iklan ini lebih menonjolkan informasi penawaran dalam format teks dan disusun dengan gaya bahasa jurnalistik.

Fungsi Iklan Advertorial

Tujuan dari iklan advertorial adalah memperkenalkan dan menawarkan sebuah barang/gagasan/jasa dengan bahasa halus kepada orang-orang agar tertarik dengannya. Dengan pemilihan kata-kata yang tepat, masyarakat seringkali tidak sadar sedang membaca iklan advertorial karena penulisannya mirip dengan berita.

Meskipun begitu, pihak redaktur memberikan ciri khas dengan menulis kode adv di pojok kiri bawah atau sudut kanan atas.

Iklan advertorial yang baik mampu menyampaikan informasi atau pesan kepada pembaca sekaligus meyakinkan mereka terhadap isi yang disampaikan.

Apa Keuntungan Yang Didapat Media?

Iklan advertorial adalah saluran efektif untuk menghubungkan perusahaan dengan konsumen. Keberadaan iklan advertorial mampu meningkatkan kepercayaan atau kredibilitas media dimata masyarakat.

Khalayak umum akan percaya terhadap objektivitas dari iklan advertorial yang ditampilkan mirip sebuah berita. Jika dibandingkan jenis iklan lainnya, isi dari iklan advertorial lebih lengkap dan detail sehingga mempu membantu konsumen lebih mempercayai dan memahami produk.

Karakteristik Iklan Advertorial

Untuk memudahkan Anda menyusun iklan advertorial sendiri, maka harus mengetahui terlebih dahulu apa saja karakteristik didalam kerangnya.

1. Informatif

Iklan advertorial harus ditulis secara informatif yang berarti mampu memberikan pengetahuan mendalam tentang jasa, produk atau gagasan yang ingin disampaikan kepada masyarakat.

2. Eksplanatif

Iklan harus menguraikan dan menjelaskan suatu produk, gagasan, jasa dan kegiatan secara langsung menggunakan gaya bahasa khas jurnalistik.

3. Interpretatif

Iklan advertorial menjelaskan informasi atas gagasan, jasa, produk dan kegiatan secara mendetail dan dilengkapi keterangan.

4. Persuasif

Sama seperti iklan lainnya, Anda harus bisa membujuk dan meyakinkan khalayak umum untuk mengikuti apa yang ingin disampaikan.

5. Influentif

Iklan bersifat mendorong terbentuknya tindakan atau aksi dari khalayak.

6. Memuji

Iklan advertorial bukan hanya berisi serangkaian informasi saja, melainkan juga harus memberi pujian terhadap informasi tersebut supaya masyarakat semakin tertarik dengan apa yang ditulis.

7. Argumentatif

Iklan advertorial bersifat ingin membuktikan sesuatu kepada masyarakat dengan menguraikan deskripsi analitis atau pendapat mengenai gagasan, jasa, kegiatan dan produk.

8. Eksploratif

Penulisan iklan advertorial harus membantu pembaca menemukan informasi lebih dalam tentang produk, kegiatan, jasa, gagasan dan program yang dipromosikan. Informasi didalamnya harus bisa menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa atas produk tersebut.

Contoh Iklan Advertorial Produk Makanan

Makan di Top Burger, Dijamin Puas dan Ramah Dikantong

Bandung, Kuliner Magazine - Ingin makan burger yang lezat dengan harga terjangkau? Di sini tempatnya, Top Burger.

Ya, Top Burger sekarang hadir di Bandung. Tepatnya di sebelah barat Alun-Alun Bandung yang lokasinya sangat strategis. Ini adalah outlet ke-empat, sebelumnya sudah buka di daerah Jakarta, Bekasi, Depok dan Bogor.

Penasaran dengan menu andalannya? Ini dia, Burger Spesial Italian. Dari puluhan menu yang tersedia, Burger Spesial Italian menjadi varian yang paling laris dibeli pengunjung. Beberapa varian yang bisa Anda beli antara lain Burger Rusian, Burger Indian, Burger Spanyol dan Burger Cheese Spesialict.

“Ukurannya sangat besar dan setiap lapisannya memiliki rasa gurih yang khas” Ungkap Nina, salah seorang pengunjung dari daerah Antapani.

Harga burger yang bisa dipesan oleh konsumen mulai dari Rp. 15.000 - Rp. 70.000 dengan paket komplit.

Demikianlah ulasan ringkas tentang contoh iklan advertorial yang bisa Anda pelajari, semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.