Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kamera HP Terbalik Paling Ampuh

Cara Mengatasi Kamera HP Terbalik - Bagi pecinta fotografi, kamera merupakan perangkat wajib yang harus dimiliki. Namun, karena harganya yang terbilang mahal membuat beberapa orang lebih mencari alternatif lain alat pemotretan. Salah satunya yang sering dijadikan pilihan adalah smartphone android. Fitur kamera di HP android sekarang ini sudah sangat bagus, bahkan hasil jepretannya tidak kalah dengan kamera DSLR.

Akan tetapi, terkadang fitur kamera di HP android mengalami error saat ingin digunakan. Salah satu error yang sering kali dialami oleh pengguna yakni kamera yang terbalik. Meskipun masih bisa digunakan untuk memotret, akan tetapi hal ini cukup mengganggu kenyamanan pengguna saat memotret. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera HP terbalik tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya dari Ilyasweb yang harus kalian simak!

Cara Mengatasi Kamera HP Terbalik

cara mengatasi kamera hp terbalik

Mengatasi masalah fitur kamera terbalik di HP android terbilang cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan dan menyesuaikan dengan penyebab yang melatarbelakangi masalah tersebut. Adapun cara mudah mengatasi kamera HP terbalik selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Pengaturan Kamera

Cara yang pertama perlu kamu lakukan untuk memperbaiki kamera terbalik di HP android yakni dengan cek pengaturan di dalamnya. Mungkin saja Anda tidak sengaja melakukan pengaturan pada kamera sehingga membuatnya jadi terbalik.

Di beberapa tipe HP sudah dibekali fitur yang namanya fitur mirror atau cermin. Mengaktifkan fitur ini akan membuat tampilan kamera di HP saat dibuka seperti terbalik. Untuk itu, Anda perlu mengeceknya apakah memang fitur tersebut diaktifkan atau tidak. Untuk cara pengecekannya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Kamera di HP Android.
  • Kemudian klik ikon Pengaturan, biasanya terdapat di pojok atas tampilan kamera.
  • Pada halaman pengaturan tersebut Anda cari opsi Mirror, Flip, Blik atau yang sejenisnya.
  • Jika memang fitur tersebut dalam keadaan aktif, benar saja kamera yang terbalik memang disebabkan oleh fitur tersebut. Anda tinggal mematikan saja fitur tersebut untuk membuat kamera normal kembali.

2. Menghapus File Data Aplikasi Kamera

Selain hal, mungkin saja kamera yang terbalik disebabkan oleh pengaturan yang salah atau error pada aplikasi kamera. Untuk mengatasinya Anda bisa mereset aplikasi kamera dengan cara menghapus data dan pengaturan di dalamnya.

Untuk melakukan penghapusan data pada aplikasi kamera di android tersebut, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Kamera.
  • Selanjutnya klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Lanjut dengan klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.

3. Menginstal Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Cara yang lainnya bisa coba Anda terapkan yakni dengan menginstal aplikasi kamera lain melalui Google Playstore. Ada banyak pilihan aplikasi kamera yang bisa Anda instal secara gratis di sana.

Setelah berhasil diinstal, Anda bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut. Apakah kamera bisa menampilkan secara normal? Jika iya, berarti yang bermasalah memang aplikasi kamera bawaan android. Akan tetapi, jika tampilan kamera tetap saja terbalik maka cara di bawa ini bisa Anda lakukan.

4. Melakukan Factory Reset

Mungkin saja kamera yang terbalik disebabkan oleh adanya bug atau crash pada sistem android. Untuk masalah ini Anda bisa melakukan hard reset atau factory reset. Untuk cara melakukannya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Klik pada opsi Manajemen Umum.
  • Pilih Reset.
  • Klik Hapus Data Pabrik.

5. Membongkar HP

Dan cara yang terakhir yakni dengan membongkar komponen kamera pada HP. Kamera terbalik bisa saja dikarenakan kesalahan pemasangan pada komponen kamera atau memang ada kerusakan di dalamnya. Lebih gampangnya Anda bisa membawa HP ke tukang servis HP.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kamera HP terbalik yang paling ampuh dan mudah bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.