Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Layar LCD HP Rusak Yang Harus Anda Tahu!

Ciri-ciri Layar LCD HP Rusak - LCD merupakan salah satu komponen sensitif pada perangkat smartphone android. Karena itulah, sebagai pengguna Anda harus menjaga dan memberi perawatan yang tepat. Jika tidak, layar LCD pada HP akan mengalami masalah kerusakan yang tentunya akan mengganggu kenyamanan Anda saat mengoperasikan HP tersebut.

Kerusakan pada layar LCD HP ini terbilang yang paling rumit untuk diatasi. Untuk itu, Anda harus bisa mendeteksinya dari awal agar bisa memberikan penanganan dengan lebih cepat sebelum kerusakan tersebut semakin parah. Mendeteksinya bisa dengan mengetahui ciri-ciri layar LCD HP rusak. Adapun beberapa ciri LCD rusak pada HP android tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Ciri-ciri Layar LCD HP Rusak

ciri ciri layar lcd hp rusak

Ada banyak ciri atau tanda bahwa terdapat kerusakan pada layar LCD hp android. Beberapa ada yang bisa diketahui secara kasat mata dan ada pula yang tidak. Adapun ciri-ciri layar LCD HP rusak selengkapnya, sebagai berikut:

1. Terdapat Retakan pada LCD

Tanda kerusakan pada LCD HP yang paling umum dan bisa dilihat dengan jelas yaitu layar yang retak bahkan terdapat pecahan. Beberapa kondisi retak pada layar LCD HP ini ada yang berupa goresan halus hingga jelas. Untuk goresan jelas biasanya akan terasa pada jari ketika Anda mengusapnya. 

Layar LCD yang retak bahkan pecah ini biasanya disebabkan karena HP terjatuh, layar tertimpa benda tajam dan berat, hingga tekanan berat pada layar.

2. Terdapat Garis Vertikal

Selain itu, tanda lainnya bahwa layar LCD mengalami kerusakan adalah munculnya garis vertikal pada layar HP ketika dinyalakan. Masalah seperti ini umumnya dialami oleh HP yang usianya sudah lama. 

Meski demikian, masalah layar bergaris juga bisa dialami pada HP baru. Penyebabnya sendiri bermacam-macam, mulai dari HP tertekan benda berat, terjatuh, tertimpa benda, hingga komponen dalam layar yang rusak.

3. Terdapat Bintik Hitam

Bintik hitam pada layar LCD HP umumnya terjadi karena adanya masalah kerusakan pada backlight LCD. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena komponen pada LCD yang rusak, baik karena termakan usia atau memang cacat dari pabrik.

Bintik hitam pada layar HP ini bervariasi, ada yang kecil, sedang hingga besar. Letaknya pun bisa muncul di area mana saja pada layar HP.

4. Layar HP Blank Hitam

Untuk masalah salah satu ini biasanya kelanjutan dari bintik hitam di atas. Penyebab utamanya sama, yakni karena backlight LCD yang tidak aktif karena sudah rusak atau faktor lainnya. 

Untuk masalah satu ini layar tidak bisa menampilkan gambar apa pun alias no display. Sementara mesin HP dalam keadaan menyala, namun tidak bisa dioperasikan karena layar yang tidak tampil gambar.

5. Layar Tidak Sensitif Sentuhan

Ciri layar LCD HP rusak lainnya yakni layar sentuh HP yang sudah tidak sensitif, padahal tingkat sensitivitasnya sudah diatur ke tingkat paling tinggi. Saat menekan menu tertentu, HP tidak langsung merespon, bahkan butuh beberapa kali sentuhan agar bisa meresponnya.

Selain itu, masalah lainnya yakni sentuhan yang sering meleset, bahkan terkadang melakukan respon yang salah. Ada beberapa penyebab untuk masalah layar satu ini, mulai dari HP mengalami overheat, pelindung layar rusak, hingga LCD yang sudah rusak. 

Itulah tadi ciri-ciri layar LCD HP rusak yang paling umum yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.