Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Media di WhatsApp Android

Cara Menyembunyikan Media di WhatsApp - WhatsApp bisa dikatakan sebagai aplikasi paling favorit bagi hampir semua pengguna smartphone. Bahkan sangat jarang pengguna yang tidak menginstal aplikasi WhatsApp di perangkat HP-nya tersebut. Ini karena WhatsApp sangat nyaman digunakan, baik untuk urusan chatting, nelfon ataupun video call. Fitur di dalamnya disediakan cukup lengkap yang semakin menjadi daya tarik bagi pengguna. 

Salah satu fitur canggih yang disediakan di WhatsApp yakni fitur untuk menyembunyikan file media. Jadi, Anda yang punya file media rahasia di WhatsApp, seperti foto, video, musik, dan lainnya bisa disembunyikan dengan mudah agar tidak diakses oleh orang lain. Lantas, bagaimana cara menyembunyikan media di WhatsApp tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Menyembunyikan Media di WhatsApp

cara menyembunyikan media di whatsapp

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menyembunyikan file foto, video atau jenis media lainnya yang diterima lewat WhatsApp. Caranya pun sangat mudah, bahkan Anda yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Adapun cara menyembunyikan media di WhatsApp HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Fitur Hidden Media di WhatsApp

Cara yang paling mudah untuk sembunyikan file media di WhatsApp yakni dengan menggunakan fitur hidden media atau sembunyikan media. Mengaktifkan fitur satu ini akan membuat file media yang diterima di WhatsApp tidak akan ditampilkan di menu Galeri HP. 

Ada dua metode untuk menyembunyikan file yang diterima di WhatsApp dari Galeri HP, di antaranya:

Metode 1 - Menyembunyikan Semua Media WhatsApp

  1. Langkah yang pertama Anda buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  2. Pada halaman Obrolan WhatsApp, Anda klik ikon Tiga Titik Vertikal yang ada di pojok kanan atas tampilan. Kemudian klik pada opsi Setelan.
  3. Setelah itu Anda masuk ke opsi Chat.
  4. Di sana Anda akan menemukan opsi Tampilkan Media yang ada di Setelan Chat. Anda matikan saja fitur tersebut dengan menggeser tombol slidernya ke arah kiri.
  5. Secara otomatis semua media yang diterima dari WhatsApp akan dihilangkan dari menu Galeri HP.

Metode 2 - Menyembunyikan File Media yang Diterima dari Kontak Tertentu

  1. Langkah yang pertama Anda buka aplikasi WhatsApp seperti biasa di HP.
  2. Kemudian pada halaman Obrolan Anda cari kontak atau grup yang ingin disembunyikan file media yang dikirimnya. Tekan dan tahan pada kontak atau grup tersebut hingga muncul beberapa opsi di atas layar.
  3. Selanjutnya Anda klik ikon Tiga Titik Vertikal yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih Lihat Kontak. Atau jika grup, Anda pilih Info Grup.
  4. Selanjutnya Anda klik pada opsi Tampilkan Media.
  5. Kemudian pilih Tidak, lalu klikn Oke.
  6. Dengan demikian semua file media yang diterima dari kontak atau grup tersebut akan disembunyikan dari Galeri HP.

2. Menyembunyikan File Media WA Lewat File Manajer

Selain menggunakan cara di atas, alternatif lainnya untuk menyembunyikan file media yang diterima dari chat WhatsApp yakni melalui File Manajer atau Pengelola Berkas. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda buka File Manajer atau File Saya di HP Android. 
  • Kemudian masuk ke menu Penyimpanan Internal
  • Anda cari dan masuk ke folder WhatsApp.
  • Kemudian klik pada folder Media.
  • Selanjutnya Anda tekan dan tahan agak lama pada folder WhatsApp Image, lalu pilih opsi Rename.
  • Anda tambahkan simbol titik (.) di depan nama WhatsApp Image tersebut dan Simpan. Secara otomatis semua file foto yang diterima di WhatsApp akan langsung disembunyikan.

Langkah yang sama juga bisa Anda lakukan jika ingin menyembunyikan file video, dokumen atau jenis file lainnya dari WhatsApp. Untuk mengembalikannya lagi, cukup lakukan Rename pada folder tadi dan hilangkan tanda titiknya.

Itulah tadi beberapa cara menyembunyikan media di WhatsApp android yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.