Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetik Tulisan Bahasa Arab di WhatsApp Android

Mengetik Tulisan Bahasa Arab di WhatsApp - Chattingan lewat WhatsApp memang lebih seru dan menyenangkan dibandingkan melalui layanan SMS. Selain itu, chattingan di WhatsApp gratis hanya perlu menghubungkan HP ke jaringan internet. Di WhatsApp pengguna juga dimungkinkan untuk mengirim chat berupa emoticon, stiker lucu, gambar, video hingga audio. Mengirim lokasi tertentu juga bisa dilakukan dengan mudah melalui WhatsApp.

Hal unik di WhatsApp yang juga masih belum banyak yang tahu adalah kita bisa mengirim chat dengan tulisan Bahasa Arab di WhatsApp. Caranya pun sangat mudah dan tidak perlu step-step yang panjang. Bagi Anda yang masih belum tahu, berikut ini cara mengetik tulisan Bahasa Arab di WhatsApp yang mudah bisa diterapkan.

Cara Mengetik Tulisan Bahasa Arab di WhatsApp

cara mengetik tulisan bahasa arab di whatsapp

Setidaknya ada dua metode yang bisa Anda terapkan untuk mengetik tulisan Arab di aplikasi WhatsApp, yakni dengan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Keduanya sama mudahnya untuk diterapkan, tinggal Anda ingin memilih cara yang mana. Adapun cara mudah mengetik tulisan Bahasa Arab di WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengatur Bahasa Input di Keyboard Lewat Pengaturan HP

Cara yang pertama untuk mengetik Bahasa Arab di WhatsApp yakni dengan melakukan pengaturan bahasa input yang digunakan pada keyboard virtual di HP. Cara ini bisa Anda lakukan langsung melalui menu Pengaturan, lebih tepatnya di Pengaturan Keyboard. 

Semua merek HP sudah dibekali fitur untuk mengubah bahasa input di keyboard bawaannya ini. Untuk bisa menulis dengan tulisan Bahasa Arab, terntunya Anda perlu mengubah bahasa input pada keyboard tersebut menjadi Bahasa Arab. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum. 
  • Selanjutnya Anda klik pada opsi Pengaturan Keyboard. 
  • Setelah itu, pilih opsi Bahasa dan Tipe.
  • Selanjutnya Anda pilih opsi Kelola Bahasa Input.
  • Sekarang Anda pilih Bahasa Arab untuk digunakan sebagai bahasa input utama. Jika memang belum tersedia, maka Anda perlu mendownloadnya terlebih dahulu kemudian jadikan sebagai default bahasa inputan yang digunakan.
  • Jika sudah, tinggal Anda buka aplikasi WhatsApp dan buka Obrolan. Keyboard virtual akan menampilkan huruf-huruf hijaiyah atau huruf arab.
  • Selesai.

Cara di atas saya terapkan di HP Samsung dengan OS Android 11. Untuk merek atau tipe HP lainnya kemungkinan tidak berbeda jauh dengan cara di atas.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mempermudah menulis Arab di WA. Jadi, Anda akan mengubah keyboard default di HP dengan keyboard virtual lain yang bisa didownload melalui Google Playstore. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni Keyboard Arabic Harokat.

Aplikasi Keyboard Arabic Harokat ini sendiri dikembangkan oleh Roaita App dan menjadi salah satu aplikasi keyboard Arab paling poluler digunakan. Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni: 

  • Pertama Anda download dan instal aplikasi Keyboard Arabic Harokat melalui Google Playstore.
  • Buka aplikasi tersebut dan lakukan pengaturan sesuai keinginan. 
  • Untuk mengaktifkan keyboard tersebut, Anda perlu menjadikannya sebagai keyboard default di perangkat android. Biasanya aplikasi keyboard akan dijadikan default secara otomatis, namun terkadang ada pula yang perlu mengesetnya secara manual. 
  • Untuk menjadikan aplikasi keyboard sebagai keyboard default, caranya dengan masuk ke menu Pengaturan. 
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Lalu klik pada opsi Daftar dan Default Keyboard.
  • Selanjutnya Anda klik pada opsi Keyboard Default, dan pilih Keyboard Arabic Harokat untuk mengaktifkannya sebagai keyboard default yang digunakan di HP.
  • Selesai.

Itulah tadi cara mengetik tulisan Bahasa Arab di WhatsApp terbaru di HP android yang bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.