Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi - Sebagai bentuk ringkas atau compact dari PC, laptop memiliki ukuran yang lebih kecil dan tipis. Dengan ukurannya yang ringkas membuat laptop mudah untuk dibawa ke mana-mana. Meski demikian, fungsi dari laptop sama dengan PC pada umumnya, hanya bentuknya yang lebih ringkas. Selain itu, fitur dari laptop bisa dibilang lebih kaya dibandingkan PC.

Salah satu fitur atau komponen di laptop yang tidak ditemukan di PC yakni touchpad. Ini merupakan komponen yang fungsinya sama dengan mouse, yakni untuk menggerakkan kursor dan memberikan perintah pada laptop. Akan tetapi, terkadang touchpad pada laptop mengalami masalah error sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana biasanya. Lantas, bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan touchpad pada laptop ini tidak berfungsi. Mulai dari touchpad yang terkunci, touchpad tidak diaktifkan, driver yang belum terpasang, atau juga komponen touchpad yang rusak. Adapun cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi tersebut, antara lain:

1. Menekan Kombinasi Tombol di Keyboard

Cara yang pertama untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi yakni dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard. Anda cari tombol antara F1 hingga F2 yang terdapat simbol touchpad. Jika sudah ketemu, Anda tekan saja pada tombol tersebut atau bisa juga dengan menekannya bersamaan dengan tombol fn.

Misalnya saja tombol yang terdapat simbol touchpad ada di F6, maka Anda tekan saja kombinasi tombol Fn + F6. Touchpad yang tidak berfungsi bisa karena Anda menguncinya. Jadi, untuk membukanya kembali bisa menggunakan kombinasi tombol seperti ini.

2. Mengaktifkan Touchpad

Mungkin juga touchpad yang tidak berfungsi dikarenakan Anda belum mengaktifkan fitur touchpad tersebut. Untuk mengaktifkannya bisa dibilang cukup mudah, yakni:

  • Pertama Anda klik tombol Start Menu yang ada di pojok kiri bawah, kemudian pilih Settings.
  • Kemudian Anda masuk ke menu Device.
  • Lalu klik pada opsi Mouse and Touchpad.
  • Selanjutnya Anda klik pada opsi Additional Mouse Options, nanti akan muncul jendela baru di layar.
  • Pada jendela tersebut Anda klik pada opsi Device Options. Di sana Anda akan mengetahui apakah touchpad sudah aktif atau belum. Jika memang belum, maka Anda bisa mengaktifkannya.

3. Update dan Uninstall Driver Touchpad Laptop

Umumnya driver touchpad pada laptop bisa terpasang secara otomatis. Pada kondisi tertentu driver touchpad yang terpasang ini terkadang mengalami error sehingga mengganggu fungsi dari touchpad. Jika memang touchpad bermasalah, Anda bisa melakukan uninstall pada drivernya tersebut.

  1. Pertama Anda klik tombol Start Menu.
  2. Kemudian klik kanan pada menu Computer, dan klik pada opsi Manage.
  3. Pada jendela baru yang muncul di layar, Anda klik pada opsi Device Manager yang ada di sisi kiri tampilan.
  4. Selanjutnya klik icon segitiga yang ada di sebelah kiri opsi Mice and other pointing device.
  5. Kemudian klik kanan pada opsi Microsoft PS/2 Mouse, lalu klik Uninstall.
  6. Setelah itu, Anda lakukan restart laptop.
  7. Selesai.

Selain uninstall, Ada juga bisa melakukan update driver touchpad di laptop. Cara melakukannya, yakni:

  1. Anda lakukan cara yang sama dari no. 1 hingga no. 4 pada langkah-langkah di atas.
  2. Selanjutnya Anda klik kanan pada opsi Microsoft PS/2 Mouse, lalu pilih opsi Update Driver Software.
  3. Kemudian pilih opsi Search Automatically for Update Driver Software.
  4. Tunggu beberapa sampai prosesnya selesai.

Jika memang beberapa cara di atas masih belum bisa memperbaiki masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi, kemungkinan komponen touchpad tersebut yang sudah rusak. Anda perlu membongkar dan memperbaikinya atau bisa juga menggantinya dengan yang baru. 

Itulah tadi cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi paling ampuh dan mudah. semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.