Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sayangnya Setelan Telah Berhenti di Android

Cara Mengatasi Sayangnya Setelan Telah Berhenti - HP android merupakan salah satu jenis gadget yang paling diminati, bahkan dibutuhkan di jaman sekarang ini. Alasannya karena kehadiran HP android tersebut bisa memberikan kemudahan pada pengguna dalam berbagai hal. Baik itu dalam urusan mencari informasi, membaca berita, mencari tutorial, sarana bisnis, sarana pendidikan dan lain sebagainya.

Di HP android pengguna juga bebas menerapkan berbagai pengaturan, di mana ini bisa dilakukan langsung dari menu Settings atau Setelan. Akan tetapi, ada kalanya menu Setelan pada HP mengalami error. Misalnya saja saat dijalankan tiba-tiba menu Setelan tersebut keluar dengan sendirinya dan muncul tulisan “Sayangnya Setelan Telah Berhenti”. Lantas, bagaimana cara mengatasi sayangnya Setelan telah berhenti tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Sayangnya Setelan Telah Berhenti

cara mengatasi sayangnya setelan telah berhenti

Sangat mudah untuk mengatasi masalah menu Setelan yang terus berhenti dan keluar sendiri tersebut. Meski begitu, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara melakukannya. Adapun cara mudah mengatasi sayangnya Setelan telah berhenti di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

Restart HP Android

Cara paling simpel dan praktis untuk memperbaiki masalah Setelan telah berhenti dan keluar sendiri adalah dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cara ini akan mematikan HP dan menghidupkannya secara otomatis. 

Tunggu sampai HP selesai melakukan booting dan tampilan layar menu ditampilkan. Dengan cara ini, masalah Setelan yang keluar sendiri tadi akan langsung teratasi.

Hapus Cache Setelan

File cache berfungsi untuk mempercepat loading aplikasi ketika dijalankan di momen kedua. Akan tetapi, file cache yang sudah lama tersimpan dan menumpuk biasanya akan menyebabkan error, termasuk error Sayangnya Setelan Telah Berhenti ini.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan penghapusan pada file cache atau sampah tersebut. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama Anda tekan dan tahan pada menu Setelan di HP android.
  2. Nantinya akan muncul beberapa opsi di atasnya. Selanjutnya Anda klik pada ikon Rincian (ikon huruf i) yang ada di pojok kanan atas tampilan opsi tadi.
  3. Nantinya di layar akan ditampilkan halaman Info Aplikasi Setelan. Selanjutnya Anda klik pada opsi Penyimpanan.
  4. Kemudian klik pada tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  5. Setelah itu Anda bisa coba buka lagi menu Setelan. Biasanya error seperti tadi sudah tidak muncul lagi.
  6. Selesai.

Paksa Berhenti dan Hapus Data Setelan

Jika dengan cara di atas belum ampuh mengatasi Setelan yang terus berhenti,  maka alternatif ketiga ini bisa dilakukan. Anda akan memaksa menu Setelan berhenti sehingga tidak berjalan di latar belakang.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan penghapusan data menu Setelan. Cara ini diklaim sangat ampuh mengatasi menu Setelan yang mengalami error, termasuk error sayangnya aplikasi Setelan telah berhenti tersebut. Untuk melakukan penghapusan data Setelan, yakni:

  • Tekan dan tahan pada menu Setelan di HP Android.
  • Kemudian klik ikon Rincian yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Selanjutnya Anda klik tombol Force Close atau Paksa Berhenti.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data dan konfirmasi dengan pilih Oke.
  • Selesai.

Factory Reset HP Android

Mungkin saja masalah ini disebabkan karena adanya bug atau crash pada sistem android. Kalau begitu Anda perlu melakukan reset HP atau mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik. Untuk melakukan reset tersebut, yakni:

  1. Matikan HP seperti biasa.
  2. Tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Atas hingga layar menyala.
  3. Pada halaman Recovery Mode, Anda pilih Wipe Data/Factory Reset.
  4. Konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe All Data.
  5. Jika sudah, selanjutnya pilih Reboot System Now.
  6. Selesai.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi sayangnya Setelan telah berhenti di smartphone android yang ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.