Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sayangnya Kalender Telah Berhenti di HP Android

Mengatasi Sayangnya Kalender Telah Berhenti - Saat pertama kali membeli HP android, di dalamnya biasanya sudah langsung terdapat beberapa menu atau aplikasi. Ini merupakan aplikasi bawaan dari setiap brand HP, di mana umumnya sebagian besar aplikasi tersebut tidak bisa diuninstal. Bisa diuninstal atau dihapus dari HP jika sudah dilakukan rooting dan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Salah satu aplikasi bawaan atau bloatware di android yang cukup berguna bagi pengguna adalah kalender. Kalender yang disediakan ini cukup akurat, di mana disediakan pula hari-hari libur atau peringatan tertentu di dalamnya. Akan tetapi, terkadang aplikasi kalender bawaan di HP mengalami masalah error, seperti kalender yang keluar sendiri. Kondisi ini biasanya juga akan menampilkan notifikasi yang bertulis “Sayangnya Kalender Telah Berhenti”. Lantas, bagaimana cara mengatasi sayangnya kalender telah berhenti tersebut?

Cara Mengatasi Sayangnya Kalender Telah Berhenti

cara mengatasi sayangnya kalender telah berhenti

Untuk memperbaiki masalah aplikasi Kalender yang terus keluar secara tiba-tiba, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara-cara ini juga terbilang mudah dan tidak butuh step-step yang panjang untuk menerapkannya. Adapun cara mudah mengatasi sayangnya kalender telah berhenti selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah kalender error dan muncul notifikasi sayangnya kalender telah berhenti yakni dengan melakukan restart. Cara ini terbilang simpel dan praktis, serta cukup ampuh untuk mengatasi masalah kalender tersebut.

Rasanya sudah tidak perlu dijelaskan lagi bagaimana cara melakukan restart pada HP android, karena Anda pasti sudah mengetahuinya.

2. Hapus Cache Aplikasi Kalender

Selain cara di atas, untuk mengatasi masalah aplikasi Kalender yang keluar sendiri yakni dengan menghapus file cache atau sampahnya. File cache yang menumpuk dalam waktu lama tersebut memang sering kali menyebabkan aplikasi error, termasuk error tidak bisa dibuka atau keluar sendiri seperti ini. 

Untuk melakukan penghapusan file cache aplikasi kalender tersebut, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Langkah selanjutnya Anda cari dan klik pada aplikasi Kalender.
  • Setelah itu, Anda pilih opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.

3. Hapus Data dan Paksa Berhenti Aplikasi Kalender

Mungkin kurang cukup jika hanya menghapus file cache dari Kalender, Anda juga perlu melakukan penghapusan data di dalamnya. cara ini juga cukup ampuh untuk mengatasi segala jenis error pada aplikasi Kalender, termasuk error sayangnya kalender telah berhenti atau terus berhenti.

Perlu diketahui, menghapus data kalender akan membuatnya kembali ke pengaturan awal, di mana semua catatan akan direset. Untuk melakukan penghapusan data aplikasi kalender tersebut, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan atau Settings di HP.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Kalender.
  • Selanjutnya Anda klik pada tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data dan konfirmasi dengan klik Oke.

4. Update OS Android

Mungkin saja masalah kalender yang tidak bisa diakses ini dikarenakan versi OS Android yang digunakan sudah tidak kompatibel. Untuk itu, Anda perlu memperbaruinya ke versi terbaru yang tersedia.

Untuk melakukan update OS Android yakni dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Unduh dan Instal >> pasang versi OS android terbaru yang tersedia.

5. Factory Reset HP

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi sayangnya kalender telah berhenti yakni dengan melakukan hard reset atau factory reset. Ada dua cara untuk mereset HP ke pengaturan awal pabrik ini.

Salah satu caranya yakni dengan masuk ke Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Hapus Data Pabrik.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi sayangnya kalender telah berhenti atau keluar sendiri yang paling ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.