Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Nyetrum Saat Di Charge

Cara Mengatasi Laptop Nyetrum Saat Di Charge - Laptop bisa dibilang sebagai salah satu perangkat elektronik yang paling dibutuhkan sekarang ini. Alasannya dengan laptop membuat berbagai aktivitas harian pengguna bisa dipermudah. Misalnya saja dalam urusan mengelola data keuangan, sarana bisnis, mengelola dokumen, hingga untuk aktivitas belajar mengajar.

Intensitas penggunaan laptop yang tinggi terkadang membuatnya mengalami sedikit masalah. Salah satunya yang sering dialami oleh pengguna adalah laptop nyetrum saat dicharger, khususnya pada komponen yang terbuat dari logam.

Apa penyebab laptop nyetrum saat di charge? Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, yang terpenting di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut. Mengenai cara mengatasi laptop nyetrum saat di cas tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Nyetrum Saat Di Charge

cara mengatasi laptop nyetrum saat di charge

Seperti yang disinggung tadi, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan laptop nyetrum saat dicas. Beberapa faktor yang menjadi penyebabnya tersebut, di antaranya:

  • Masalah instalasi listrik di rumah atau kantor. 
  • Charger laptop yang bermasalah.
  • Tegangan listrik yang naik turun.
  • Komponen dalam laptop yang bermasalah.

Adapun beberapa cara mengatasi laptop nyetrum saat di charge selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memperbaiki Instalasi Listrik di Rumah atau Kantor

Penyebab yang paling umum dari laptop yang nyetrum saat di charging yakni karena buruknya instalasi listrik atau sistem grounding listrik. Inilah pentingnya untuk memilih tenaga pemasangan listrik yang handal dalam melakukan instalasi kabel listrik di rumah atau kantor.

Karena itulah, untuk mengatasi masalah laptop yang nyetrum tersebut, kamu perlu memperbaiki lagi sistem grounding listrik tersebut. Hal ini tidak hanya bisa terjadi pada laptop, melainkan juga perangkat elektronik lain seperti TV, PC, kulkas dan lain sebagainya.

2. Mengganti Charger Laptop

Selain karena masalah instalasi listrik di rumah, penyebab lainnya yakni karena charger laptop yang bermasalah. Bisa saja komponen di dalam charger sudah tidak berfungsi normal, sehingga menyebabkan aliran listriknya pun tidak normal. Hal ini akhirnya menyebabkan pengguna terkena setrum saat menyentuh bagian komponen laptop yang terbuat dari logam. 

Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk mengganti charger laptop tersebut dengan yang baru. Pastikan Anda memilih charger ORI yang memang sesuai dengan tipe laptop yang Anda miliki. Jika tidak, kemungkinan besar hal tersebut akan menimbulkan kerusakan lain pada laptop.

3. Mengecek Komponen Hardware pada Laptop

Laptop yang nyetrum seperti ini juga bisa diakibatkan oleh komponen hardware yang ada pada laptop. Misalnya saja pada komponen baterai, di mana di dalam baterai terdapat komponen yang bermasalah atau rusak sehingga menyebabkan aliran listrik tidak normal. Cobalah untuk mengganti baterai laptop dengan yang lain yang tipenya juga sama.

Selain baterai, bisa juga hal ini disebabkan karena komponen hardware lainnya pada laptop. Anda bisa mengeceknya satu persatu dengan menggunakan pengukur daya agar lebih mudah menemukan penyebab utamanya.

4. Membawanya ke Tukang Servis Laptop

Jika cara di atas tidak cukup membantu masalah laptop yang nyetrum saat digunakan sambil di charge, maka cara yang terakhir bisa dilakukan yakni membawanya ke tukang servis laptop.

Teknisi laptop tentunya paham betul mengenai berbagai masalah yang terjadi pada laptop dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop nyetrum saat di charge yang paling mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.