Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kamera Laptop Gelap

Cara Mengatasi Kamera Laptop Gelap - Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang cukup dibutuhkan sekarang ini. Dengan fungsinya, laptop bisa membantu memudahkan berbagai pekerjaan atau aktivitas harian pengguna. Mulai dari pekerjaan kantor, pertokoan, hingga sarana pendidikan. Kita tahu di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini sekolah dilakukan secara daring, salah satunya melalui laptop.

Di laptop ada banyak komponen penting yang mempunyai fungsi masing-masing. Salah satunya adalah komponen kamera, di mana kamera ini dimungkinkan untuk digunakan memotret atau merekam video. Lebih jauh kamera di laptop juga sering digunakan untuk video call, baik secara pribadi ataupun grup. Akan tetapi, terkadang kamera pada laptop menjadi gelap. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera laptop gelap tersebut? Informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini!

Cara Mengatasi Kamera Laptop Gelap

cara mengatasi kamera laptop gelap

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kamera laptop yang gelap tersebut. Caranya pun terbilang mudah, bahkan Anda yang masih awam pun bisa melakukannya. Adapun cara mengatasi kamera laptop gelap selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membersihkan Kamera Laptop

Mungkin saja kamera yang gelap dan buram dikarenakan ada kotoran atau debu yang menempel di bagian lensa kamera. Anda bisa memeriksanya dengan telit, jika memang ada kotoran atau benda lain yang menempel, langsung bersihkan saja.

Sebaiknya membersihkan lensa kamera laptop jangan menggunakan kain kasar. Disarankan untuk menggunakan lap microfiber yang lembut agar tidak merusak lensa kamera laptop.

2. Menggunakan Aplikasi Kamera Lain

Untuk mengakses fitur kamera di laptop, kita bisa menggunakan software kamera khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya untuk soal memotret dan merekam video, beberapa aplikasi kamera yang bisa digunakan seperti Cyberlink YouCam, ManyCam, Free Screencast, dan lain sebagainya.

Sementara jika yang dibutuhkan adalah untuk urusan video call, maka bisa menggunakan Zoom, Skype, WhatsApp Desktop, Telegram dan lain sebagainya. Anda bisa menggnati software kamera bawaan dengan beberapa pilihan software kamera lain yang sudah disebutkan tadi.

3. Update Versi Software Kamera

Mungkin saja tampilan kamera yang gelap dikarenakan software kamera yang Anda gunakan sudah tidak kompatibel dengan versi Windows di laptop. Untuk itu, Anda perlu melakukan update software kamera tersebut ke versi yang terbaru.

Jangan lupa juga untuk cek kompatibility dari software kamera, apakah memang sesuai dengan spesifikasi dari laptop atau tidak.

4. Instal Ulang Software Kamera

Cara lainnya untuk mengatasi kamera laptop yang gelap yakni dengan menghapus software kamera yang Anda gunakan. Mungkin saja terdapat bug atau corrupt pada software kamera tersebut sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya secara normal.

Setelah dihapus, selanjutnya Anda download ulang software kamera. Pastikan mengunduhnya melalui situs resmi dan juga jangan menggunakan versi bajakan. Jika sudah, selanjutnya Anda instal ulang aplikasi kamera tersebut.

5. Update Driver Kamera

Di setiap laptop Windows khususnya disediakan driver untuk masing-masing komponen hardware yang digunakan, seperti keyboard, touchpad, VGA, display hingga kamera. Kemungkinan kamera yang gelap bahkan tidak muncul ini bisa disebankan karena driver kamera belum terpasang. Atau jika memang sudah terpasang, mungkin driver tersebut tidak kompatibel.

Untuk itu, Anda perlu melakukan penginstalan atau update driver kamera di perangkat laptop. Untuk file drivernya sendiri bisa didownload langsung melalui situs resmi dari masing-masing brand laptop atau bisa juga menggunakan DriverPack.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kamera laptop gelap yang paling mudah dan ampuh bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.