Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Jaringan Seluler Tidak Tersedia di HP Android

Jaringan Seluler Tidak Tersedia di HP Android - Internet bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat modern sekarang ini. Internet telah membantu berbagai aktivitas banyak orang, mulai dari bidang pendidikan, perkantoran, bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Khususnya pada smartphone android, internet juga menjadi hal yang paling penting. Yang mana hampir semua aktivitas di HP membutuhkan koneksi internet tersebut.

Jaringan internet pada smartphone android ini sendiri bisa didapatkan dengan menggunakan jaringan seluler atau menyambungkannya ke jaringan Wifi. Berbicara mengenak jaringan seluler, ada suatu kondisi yang membuatnya tidak bisa diakses. Di HP tertera notifikasi jaringan seluler tidak tersedia, padahal SIM card masih terpasang di dalamnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia di HP tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Memperbaiki Jaringan Seluler Tidak Tersedia

cara memperbaiki jaringan seluler tidak tersedia

Ada berbaga faktor yang menyebabkan sinyal seluler di HP tidak terdeteksi atau tidak tersedia. Apa pun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara mengatasi masalah error tersebut. Adapun cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Untuk mengatasi masalah jaringan error dan tidak tersedia yakni dengan memanfaatkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Caranya juga Anda hidupkan AirPlane Mode tersebut melalui menu bar.

 Tunggu beberapa saat, kemudian matikan lagi Mode Pesawat tersebut. Dengan cara ini jaringan di HP akan direstart dan mendeteksi ulang sinyal provider. Biasanya jaringan akan kembali normal setelah melakukan cara ini.

2. Melakukan Restart HP

Cara kedua ini konsepnya hampir sama dengan cara di atas, yakni tujuannya merestart jaringan seluler. Namun, tidak hanya itu saja, cara ini akan memulai ulang semua sistem pada HP android. Biasanya jaringan atau sinyal seluler akan normal kembali setelah melakukan restart HP.

Tidak hanya mengatasi error jaringan seluler saja, merestart HP juga akan membersihkan semua cache yang tersimpan di RAM. Dengan demikian performa kinerja HP akan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

3. Cek Kartu SIM yang Digunakan

Selain karena sistem android yang bermasalah, jaringan yang tidak tersedia di HP ini juga bisa disebabkan oleh kartu SIM yang digunakan. Mungkin saja kartu SIM tersebut sudah melewati masa tenggang karena masa aktifnya habis. Dalam hal ini kartu SIM akan terblokir oleh provider sehingga kartu tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Selain itu, mungkin juga kondisi fisik kartu SIM yang sudah rusak, khususnya di bagian kuningannya. Pada kuningan SIM card tersebut terdapat goresan atau bahkan patah/pecah sehingga tidak bisa terbaca oleh HP. Jika begini, sudah pasti jaringan seluler di HP tidak akan tersedia. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini yakni dengan ganti kartu SIM.

Ya, Anda tidak perlu melakukan apa-apa selain menunggu. Mungkin saja masalah jaringan atau sinyal yang tidak tersedia ini dikarenakan sedang ada perbaikan server dari provider. Hal ini kerap dilakukan sebagai cara untuk menjaga kestabilan sinyal jaringan serta peningkatan padanya.

5. Reset HP Android

Sementara jika masalah tersebut disebabkan oleh sistem android yang mengalami crash atau bug, maka cara terbaik untuk mengatasinya yakni dengan melakukan factory reset. Untuk cara melakukannya, yakni: 

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Manajemen Umum.
  • Klik pada opsi Reset.
  • Klik opsi Hapus Data Pabrik.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia di HP android yang paling ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.