Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Platform Trading Online Terbaik Agar Jadi Trader Sukses

Menjadi seorang trader yang sukses pasti sudah menjadi salah satu impian kamu selama ini, bukan? Oleh sebab itu, kamu harus memilih paltform trading online terbaik yang bisa menjadi andalan kamu saat melakukan transaksi trading secara online.

Sekarang ini, menjadi seorang trader adalah pilihan hidup yang sangat langka sekali, Padahal, menjadi trader sama kerennya seperti pekerjaan atau profesi lain, semisal dokter, pengusaha, pilot, dan yang lainnya.

Jadi, buat kamu yang memang punya niat dan tekad untuk menjadi seorang trader yang sukses, maka kamu harus yakin dan jangan ragu untuk memulainya dari sekarang.

Akan tetapi, sebagai langkah pertama, kamu harus mengenali terlebih dahulu alat tempur yang dibutuhkan, bukan hanya sekedar modal yang cukup, mental, dan ilmu saja. Kamu juga harus  memilih platform trading terbaik dan sudah terpercaya.

Beberapa trader sukses sudah melakukan pengujian dan penelitian lebih dalam, yang pada akhirnya berhasil menemukan hal yang penting yaitu dengan menggunakan kombinasi platform trading online terbaik dan broker MT4 untuk membantu kamu menjadi seorang trader yang andal.

Pengertian Platform Trading

platform trading online terbaik
Apa yang dimaksud dengan platform trading? Platform trading online adalah salah satu tool yang bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivitas trading atau perdagangan secara online, seperti membuka atau menutup akun trading, mengelola aset mata uang, pasar berjangka, saham, opsi, ataupun crypto serta membeli atau menjualnya melalui perantara pialang.

Platform trading ini biasanya sangat sering ditawarkan oleh broker online berikut dengan fitur dan layanan lainnya seperti grafik, quote real-time, layar pemantauan transaksi, berita yang memuat tentang ekonomi, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Platform Trading

Perlu kamu ketahui juga, kalau para trader menggunakan platform yang berbeda-beda, yang mana bisa menyesuaikan dengan gaya tradingnya masing-masing. Nah, untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini, ternyata ada 2 (dua) jenis platform trading, yakni platform trading prop dan komersial.

1. Platform Pop

Platform pop adalah platform trading yang biasanya hanya dipakai oleh para pemain besar saja, dengan fitur dan layanan yang sudah dipersonalisasi dengan gaya trading mereka masing-masing.

2. Platform Komersial

Nah, sedangkan platform komersial merupakan platform trading yang digunakan oleh para investor ritel dan juga day trader, yang mana fitur-fiturnya sudah disesuaikan dengan berbagai kemudahan demi membantu melakukan analisa bagi para trader maupun pihak investor.

Cara Memilih Platform Trading Terbaik

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan sebagai trader atau investor pada saat akan memilih dan menentukan platform trading, diantaranya:

1. Keamanan

Semua aktivitas online sekarang ini sedang menghadapi semua ancaman yang serius, yaitu pencurian data pribadi. Sama halnya dalam dunia trading online, kamu harus benar-benar bisa memastikan kalau platform yang kamu pilih terjamin keamanannya.

Jangan sampai kamu menyesal nantinya, yang disebabkan data-data pribadi kamu bisa jebol, disebarluaskan, ataupun dijual.

2. Biaya

Biaya platform yang murah tentunya akan lebih disukai oleh sebagian banyak orang karena bisa menekan dan menghemat biaya operasional mereka sehari-hari.

Namun, satu hal yang tidak boleh kamu lupakan juga, kalau ada harga tentu ada kualitas. Kualitas terbaik jarang bisa kamu temukan dalam harga yang murah. Intinya, kamu harus tetap memperhatikan hal apa yang ada dibalik biaya tersebut.

3. Deposit

Sebagian platform trading ada yang mengaruskan kamu untuk melakukan deposit dengan jumlah nominal tertentu untuk bisa memulai transaksi dan bisa disetujui untuk melakukan margin trading.

Nah, hal ini juga harus benar-benar kamu perhatikan saat memilih platform trading. Sebaiknya sebagai permulaan, silakan kamu cari platform yang menyediakan layanan deposit dengan nominal rendah untuk percobaan terlebih dahulu.

4. Fitur dan Layanan

Biaya yang rendah biasanya muncul karena fitur dan layanan yang tersedia sangat basic sekali, sedangkan kamu menginginkan beberapa fitur tambahan lainnya. Jadi, buat kamu termasuk trading pemula atau investor jangka pendek, maka kamu memerlukan fitur-fitur khusus seperti grafik pasar yang lengkap dan quote level 2.

So, saat akan memilih platform trading, jangan lupa juga untuk memperhatikan fitur dan layanan yang ditawarkannya, ya!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.