Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Touchscreen HP Android Paling Mudah

Cara Cek Touchscreen HP - Touchscreen atau layar sentuh merupakan salah satu komponen paling penting pada sebuah perangkat android. Layar ini berfungsi sebagai perangkat output yang bertugas untuk menampilkan gambar. Berbeda dengan laptop atau PC yang menggunakan mouse, pada HP pengguna bisa memberikan perintah pada HP langsung dengan menyentuh layarnya.

Layar sentuh pada HP sendiri sifatnya sensitif, di mana sering kali komponen ini mengalami error. Mulai dari layar yang tidak merespon saat disentuh, terdapat garis, layar berbayang, LCD retak dan lain sebagainya. Karena merupakan komponen penting, layar harus dicek dengan benar ketika kita ingin membeli HP, baik bekas maupun baru. Belum tahu cara cek touchscreen HP tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya bisa Anda simak.

Cara Cek Touchscreen HP Android

cara cek touchscreen hp android

Untuk melakukan pengecekan pada layar sentuh atau touchscreen HP android, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan. Caranya ini sendiri tentu cukup mudah, bahkan Anda yang masih awam pun bisa melakukannya. Adapun cara cek touchscreen HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Layar Sentuh HP Menggunakan Kode Dial

Cara yang pertama untuk mengecek kondisi layar sentuh pada HP yakni dengan menggunakan kode dial atau kode rahasia. Cara inilah yang kerap dilakukan banyak orang ketika mereka ingin membeli maupun menjual HP dalam keadaan second atau bekas. Semua HP sudah dibekali dengan fitur pengecekan normal tidaknya layar LCD ini, baik itu dari merek ternama hingga merek pendatang baru.

Untuk melakukan pengecekan kondisi layar sentuh HP menggunakan kode dial tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Panggilan atau Telepon di HP Android.
  • Kemudian ketik kode dial ketik kode dial *#0*# atau *#*#0*#*# pada menu tersebut.
  • Secara otomatis akan ditampilkan jendela untuk mengetes touchsreen HP android.
  • Buat garis dengan mengikuti gambar kotak-kotak yang ditampilkan di jendela touchscreen test tersebut. Pastikan semua kotaknya berwarna hijau ketika disentuk saat membuat garis.
  • Jika ada kotak yang tidak bisa diwarnai, maka bisa dipastikan ada bagian layar yang rusak.
  • Selesai.

Selain kode di atas, di beberapa tipe HP lain ada pula yang menggunakan kode rahasia lain untuk mengecek kondisi layar sentuh HP. Beberapa kode rahasia lain tersebut seperti, *#*#0*#*#*, *#0000#*, *#0#* dan lain sebagainya.

2. Cek Layar Sentuh HP Menggunakan Aplikasi

Jika cara cek touchscreen HP di atas tanpa menggunakan aplikasi, untuk cara yang kedua ini justru kebalikannya. Di sini kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan pengecekan kerusakan pada layar LCD HP. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan yakni bernama Touchscreen Test.

Aplikasi Touchscreen Test ini sendiri dikembangkan oleh developer bernama Anton Mokshyn dan menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan. Ukurannya sangat ringan, yakni hanya sebesar 2,1MB saja. Untuk cara mengetes layar sentuh HP menggunakan aplikasi Touchscreen Test tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda download dan instal aplikasi Touchscreen Test melalui Google Playstore.
  • Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut di HP.
  • Pada layar utama aplikasi, Anda klik tombol Start Test.
  • Nantinya akan ditampilkan gambar bulatan putih dengan background hitam yang memenuhi layar HP.
  • Untuk mulai mengetes, Anda sentuh semua bagian layar hingga semua bulatan putih tadi berwarna hijau. Jika memang ada bulatan yang berwarna putih meski sudah diusap, kemungkinan hal tersebut dikarenakan ada kerusakan pada layar LCD HP.
  • Selesai.

Itulah tadi beberapa cara cek touchscreen HP android yang mudah dan praktis bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.