Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Backlink? Apa Saja Manfaat Backlink Untuk Website?

Backlink adalah salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan saat melakukan optimasi website atau blog. Manfaat backlink sangat dibutuhkan sekali jika kamu ingin website kamu SEO Friendly.

Sekarang ini, pengaruh backlink tidak bisa kamu sepelekan lagi manfaatnya dalam melakukan optimasi Search Engine Optimization (SEO). Backlink juga yang merupakan salah satu hal untuk meningkatkan posisi di Search Engine Results Page (Page) dan meningkatkan jumlah traffic website kamu.

apa itu backlink

Dikutip dari Wikipedia, backlink adalah suatu referensi dari situs web lain terhadap situs web atau blog kita dan sebaliknya. Backlink juga merupakan salah satu kunci penentu yang dievaluasi oleh robot algoritma Google mengenai seberapa pentingnya halaman situs web tersebut untuk bisa berada di posisi pertama halaman pencarian.

Saat ini, backlink menjadi salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan seseorang dalam menjalankan bisnis online. Penerapan backlink sendiri terbilang sangat sederhana sekali, yakni hanya berupa tautan/link/url situs kamu yang terpasang pada website lain.

Atau bisa diartikan sebuah website yang meletakkan atau menyertakan link situs web kamu pada website mereka, ataupun sebaliknya.

Dalam melakukan optimasi SEO Off-Page, maka salah satu hal yang harus kamu prioritaskan adalah optimasi backlink. Pasalnya, backlink bisa memberikan banyak sekali manfaat yang positif bagi website/blog kamu jika dioptimasi dengan baik.

Intinya, backlink ini sudah menjadi salah satu faktor penentu mengenai baik atau tidaknya situs web kamu di mata mesin pencari seperti, Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan yang lainnya.

Seperti yang sudah admin ilyasweb jelaskan di atas, bahwa dalam dunia SEO, backlink adalah salah satu hal yang sangat penting sekali, karena menjadi tolak ukur dalam menentukan keberhasilan situs web kamu dalam memperebutkan posisi pertama di mesin pencari.

Manfaat backlink dalam melakukan optimasi SEO Off-Page adalah untuk menaikkan kredibilitas website kamu di mata mesin pencari, dan sekaligus menaikkan domain authority dan juga page authority.

Ringkasnya, manfaat backlink ini bertujuan untuk memberitahukan Google dan mesin pencari lainnya bahwa situs web kita ini merupakan suatu situs wen yang bisa dipercaya dan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

Lantas, apakah jumlah backlink bisa berpengaruh terhadap kesuksesan suatu website dalam menempati peringkat pertama di Search Engine Results Page (SERP)? Jawabannya netral, bisa iya dan bisa juga tidak.

Lha, mengapa demikian? Yang dilihat oleh robot mesin pencari bukan hanya sekedar kuantitas saja, akan tetapi juga mempertimbangkan kualitas daripada backlink yang mengarah ke website kamu tersebut.

Situs web yang memiliki 1000 backlink, belum tentu bisa mengalahkan website yang hanya memiliki 100 backlink. Sebab, kualitas daripada backlink itu sendiri sangat berpengaruh terhadap Search Engine Results Page (SERP).

Oleh sebab itu, sangat penting sekali buat kamu untuk mengetahui website seperti apa yang bagus untuk kamu pasangi tautan di dalamnya. Jangan lupa untuk perhatikan juga jenis backlink tersebut, usahakan pilih yang dofollow daripada nofollow.

Jadi, apakah kamu masih kebingungan tentang backlink atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan digital marketing? Yuk, segera hubungi Garuda Backlink, disana kamu bisa mengetahui lebih detail mengenai backlink, PBN, dan jasa pembuatan website.

Semoga membantu!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.