Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Android

Aplikasi Penghemat Kuota Internet Android - Internet semakin tidak bisa dipisahkan dari kehidupan di jaman serba digital seperti sekarang ini. Sebagian kalangan masyarakat sangat membutuhkan koneksi internet untuk melancarkan aktivitas hariannya, baik dalam urusan bisnis, pendidikan atau yang lainnya. Ditambah lagi dengan penggunaan smartphone yang semakin tinggi, membuat kebutuhan internet semakin bertambah. Pasalnya, hampir semua aktivitas di HP membutuhkan koneksi internet tersebut.

Kebutuhan akan internet yang tinggi, tentu juga akan memperboros keuangan. Apalagi saat ini kuota internet dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Mau tidak mau, Anda perlu menghemat penggunaan kuota internet tersebut agar tidak membuat kantong jebol. Untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi penghemat kuota internet android yang bisa diunduh langsung dari Google Playstore.

Aplikasi Penghemat Kuota Internet

aplikasi penghemat kuota internet

Ada beberapa jenis aplikasi di Google Playstore yang memiliki fungsi untuk menghemat kuota internet. Penggunaan aplikasi semacam ini diklaim bisa menghemat penggunaan kuota internet, bahkan hingga lebih dari 50%. Adapun beberapa aplikasi penghemat kuota internet android terbaik tersebut, di antaranya:

1. My Data Manager Manajer Dataku

my data manager

Pilihan aplikasi untuk menghemat kuota internet yakni bernama My Data Manager Manajer Dataku. Aplikasi yang dikembangkan oleh App Annie Basics ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Playstore. Membuktikan kalau aplikasi ini benar-benar efektif untuk menghemat kuota internet.

Aplikasi ini akan membantu Anda mengendalikan penggunaan kuota internet dan membuatnya lebih hemat. Di dalamnya terdapat fitur yang bisa melacak aplikasi mana saja yang memiliki konsumsi data internet yang paling banyak. Selain itu, aplikasi juga akan memberikan alarm otomatis ketika pemakaian kuota sudah melebihi batas wajar.

2. Kecilin VPN

Kecilin VPN

Meskipun merupakan aplikasi VPN, namun aplikasi Kecilin VPN ini juga punya fungsi utama untuk menghemat kuota internet. Menggunakan aplikasi satu ini diklaim akan menghemat kuota internet hingga 50%. Cara kerjanya yakni dengan mengompresi data yang diunduh dari internet ketika Anda berjelajah. Kecilin VPN menggunakan Teknologi Kompresi canggih untuk memaksimalkan fungsinya ini.

Selain bisa menghemat kuota internet, Kecilin VPN juga akan membantu meningkatkan kecepatan internet di smartphone android.

3. Opera Mini

browser opera mini

Untuk Anda yang suka menjelajahi internet lewat browser, disarankan untuk menggunakan browser Opera Mini. Ini merupakan salah satu browser terbaik yang dibekali dengan fitur Penghemat Data paling canggih. Menggunakan Opera Mini diklaim bisa menghemat data internet hingga 90%.

Menjelajahi internet lewat Opera Mini juga diklaim lebih cepat dibandingkan browser lainnya. Pasalnya saat mengakses halaman web lewat Opera Mini akan dikompresi terlebih dahulu, sehingga data web yang diunduh akan lebih kecil. Secara otomatis ini akan mempercepat proses menampilkan halaman web dan lebih hemat data.

4. UC Mini

aplikasi uc mini

Hampir sama kerjanya dengan Opera Mini, browser UC Mini ini juga dibekali dengan fitur penghemat kuota internet. Saat mengakses halaman situs tertentu, UC Mini akan melakukan kompresi data sehingga data yang diunduh akan lebih kecil. Secara otomatis hal ini juga akan mempercepat loading situs yang Anda akses.

UC Mini juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang suka menonton video lewat browser. Di dalamnya dibekali dengan fitur khusus yang akan mempercepat pemutaran video di web.

5. Samsung Max

samsung max

Dan pilihan aplikasi penghemat kuota internet android yang terakhir yakni bernama Samsung Max yang dibesut oleh Samsung. Aplikasi satu ini akan membantu Anda mengelola aplikasi dan menghemat kuota data yang digunakannya dengan memberikan batas konsumsi data.

Anda juga memungkinkan untuk melacak aplikasi yang mengonsumsi data paling banyak kemudian mengontrol konsumsinya. Selain itu, disediakan pula fitur untuk menghentikan aplikasi yang mengonsumsi data di latar belakang.

Itulah tadi beberapa aplikasi penghemat kuota internet android terbaik yang bisa Anda instal dan gunakan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.