Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Jualan Makanan Online: Cocok untuk Segala Kalangan!

Sudah hampir 2 tahun sejak covid-19 teridentifikasi dan banyak sektor kehidupan di sekitar kita yang terdampak, salah satu sektor yang terkena dampaknya adalah para UMKM.

Pandemi ini mengharuskan semua aktivitas dilakukan dari rumah atau secara online, dampak yang paling dirasakan adalah bagi para pedagang yang menjual produknya secara offline. Hal ini menyebabkan banyaknya pedagang yang gulung tikar karena tidak mampu bertahan dengan kebutuhan yang ada. 

Beruntung, saat ini perkembangan teknologi sudah menjadi tuntutan umum bagi semua orang, dari sini terdapat banyak alternatif yang dapat dilakukan untuk membantu para UMKM menjualkan produknya secara online.  

Alternatif ini juga berlaku bukan hanya untuk UMKM, namun bagi kamu juga yang baru ingin merintis usaha karena internet telah memudahkan proses penjualan baik melalui sosial media maupun melalui platform marketplace seperti LaDaRa.

Alasan Bisnis Makanan Sangat Menjanjikan

ide jualan makanan online

Nah salah satu jenis usaha yang paling menjanjikan untuk digeluti adalah usaha makanan, karena pada dasarnya semua orang membutuhkan makanan, baik itu makanan berat atau makanan ringan.

Selain alasan bahwa makanan merupakan kebutuhan manusia paling dasar, alasan-alasan lain yang membuat bisnis makanan merupakan bisnis yang menjanjikan adalah sebagai berikut :

1. Makanan merupakan kebutuhan pokok

Ada tiga hal yang menjadi kebutuhan dasar manusia yaitu sandang, pangan dan papan sertamakanan masuk ke dalam kategori pangan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan, makanan juga bisa menjadi salah satu gaya hidup bahkan budaya yang dapat dilihat dari keragaman makanan di tiap daerah di Indonesia. 

2. Selalu berkembang

Apakah kamu masih ingat dengan tren croffle? Croffle merupakan inovasi makanan yang muncul selama masa pandemi yang menggabungkan dua makanan yaitu waffle dan croissant.

Inovasi makanan selalu berkembang dari masa ke masa dan inovasi ini dapat ditiru untuk pengembangan bisnis makanan yang akan kamu rintis.

3. Dapat beradaptasi

Makanan selalu dapat beradaptasi menyesuaikan dari selera masyarakat yang ada di tempat tersebut.

Sebagai contoh saat rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia banyak orang luar yang tertarik untuk mencicipi rendang namun mengingat rendang terlalu pedas untuk kebanyakan orang luar maka secara sengaja chef-chef yang merepresentasikan rendang di depan orang luar mengurangi rasa pedasnya.

4. Proses yang sederhana

Dapat dikatakan berbisnis makanan merupakan bisnis sederhana dengan profit yang luar biasa karena yang kamu butuhkan hanyalah kemampuan dan dapur dengan peralatan yang memadai.

Tips Memulai Bisnis Makanan Online

Berbekal alasan yang telah disebutkan di atas, kamu mungkin langsung tertarik untuk memulai usaha di bidang makanan, namun tunggu dulu karena meskipun bisnis makanan tergolong mudah dilakukan tetap saja kamu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan.

Berikut tips untuk memulai bisnis makanan online yang penting untuk kamu pelajari.

1. Tentukan ide makanan yang ingin dijual

Bisnis makanan adalah bisnis yang tergolong mudah dilakukan dan karena kemudahan itu pastinya kamu akan menemukan banyak persaingan.

Dalam membuat produk kamu lebih menonjol dibandingkan kompetitor lain kamu perlu menggali ide makanan yang berbeda dari yang lain sehingga dapat kamu jadikan sebagai ciri khas yang tentunya dapat menjadi nilai jual.

2. Tentukan target pasar

Setiap bisnis memiliki target pasar tidak terkecuali bisnis makanan, dan untuk menentukan target pasar ini kamu dapat melakukan riset kecil-kecilan dengan menggunakan internet atau lingkungan terdekat.

Sebagai contoh jika kamu ingin memulai usaha makanan korea maka target pasar yang ingin kamu tentunya adalah orang-orang yang menggemari budaya korea.

3. Hitung modal

Hampir semua bisnis membutuhkan modal, dan modal yang kamu keluarkan untuk memulai usaha dan biaya produksi hingga produk siap dipasarkan harus kamu hitung secara rinci agar kamu tidak merugi.

4. Pilih nama brand serta strategi pemasaran 

Nama adalah bagian dari identitas brand yang perlu dibentuk, dalam memilih nama usahakan pilih nama yang mudah diingat dan tentu sesuai dengan produk yang kamu jual.

Setelah produk kamu selesai di produksi tentu saja kamu harus menentukan strategi pemasaran yang baik agar dapat berkompetisi dengan kompetitor lain di pasaran.

5. Aktif di media sosial

Saat ini banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk bermain sosial media dan hal tersebut bisa kamu jadikan peluang untuk memasarkan produkmu.

Instagram, twitter, facebook dan tiktok adalah media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia yang harus kamu manfaatkan sebaik mungkin.

6. Berikan pelayanan terbaik

Mendapatkan konsumen baru dapat dilakukan dengan cara strategi pemasaran yang baik namun untuk mempertahankannya kamu perlu memberi pelayanan terbaik agar konsumen merasa nyaman dan tidak ragu membeli untuk kedua kali.

7. Jangan lupakan rasa

Poin terakhir yang paling penting adalah jangan lupakan rasa karena menjaga konsistensi rasa merupakan hal yang paling sulit dalam usaha makanan.

Mungkin dalam pembuatan pertama dan skala kecil kamu dapat menghasilkan makanan dengan rasa terbaik.

Namun belum tentu ketika pesananmu meningkat dan produksimu menjadi besar rasa yang dihasilkan akan sama dan perbedaan rasa ini tentu saja akan berpengaruh kepada loyalitas konsumen.

Ide Makanan Online Rumahan

Setelah membahas mengenai alasan mengapa bisnis makanan begitu menarik dan tips memulai bisnis makanan secara online kurang afdol rasanya jika kita tidak membahas apa saja jenis makanan yang menjanjikan.

Berikut beberapa makanan yang bisa jadi inspirasi bagi kamu untuk berjualan online.

1. Frozen food

Frozen food merupakan salah satu makanan yang dapat dijual secara online dengan untung yang menggiurkan pasalnya saat ini banyak rumah-rumah yang sengaja menyetok frozen food untuk kebutuhan makanan.

Hal ini disebabkan karena kesibukan pekerjaan yang tentunya menyita waktu membuat orang tidak ada waktu untuk memasak dan frozen food dapat menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk membuat frozen food mudah dirumah kamu dapat mempelajarinya di artikel ini.

2. Makanan ringan

Makanan ringan atau yang biasa disebut dengan nama cemilan merupakan sahabat yang tepat untuk menemani kita melakukan aktivitas seperti menonton film favorit.

Pilihan jenis makanan ringan juga bervariasi mulai dari keripik kentang, makaroni hingga kacang dan tentunya semua dapat kamu produksi di rumah.

3. Kue kering

Santapan satu ini merupakan hidangan yang wajib ada pada setiap acara keluarga dan terdapat berbagai jenis yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran seperti, putri salju, nastar hingga cookies.

Proses pembuatannya nya juga cukup mudah dilakukan dan tentu saja ketika mendekati momen perayaan besar seperti lebaran kamu perlu bersiap-siap banjir pesanan.

4. Sambal

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki sambal khas daerahnya masing-masing dan hal tersebut merupakan bukti bahwa begitu dekatnya warga indonesia dengan yang namanya sambal.

Sambal bukanlah lauk yang wajib ada di dalam makanan namun dengan hadirnya sambal membuat makanan apapun menjadi nikmat dan menggugah selera.

Ketika membuatnya sambal juga tidak terlalu sulit namun ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu kamu harus membuat sambal yang tahan lama karena bisnis yang akan kamu jalani bersifat online dan bergantung pada pengiriman.

5. Rice bowl

Rice bowl mulai populer belakangan ini karena dapat menghidangkan paket lengkap makanan yang terdiri dari nasi, lauk, sayur serta sambal.

Umumnya konsumen rice bowl adalah orang-orang perkantoran yang hanya memiliki waktu terbatas untuk istirahat maka rice bowl dipilih karena simple dan dapat disantap dengan cepat.

Itulah tips, alasan hingga ide untuk kamu yang ingin merintis usaha di bidang makanan yang dijual secara online semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang baru saja ingin memulai usaha di bidang makanan.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.