Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setor Tunai BRI ke Rekening Lain

Beberapa hari yang lalu ada teman Ilyasweb yang bertanya apakah bisa melakukan setor tunai dari Bank BRI ke rekening lain misalnya BCA, Mandiri, BNI, BTPN, BTN, BJB, dan yang lainnya? Kalau bisa bagaimana caranya?

cara setor tunai bri ke bank lain

Seiring berkembangnya teknologi, kini semua layanan perbankan termasuk bank BRI memberikan kemudahan untuk melakukan berbagai jenis transaksi perbankan seperti transfer, dan lain-lain. Salah satu layanannya ialah LLG, Real Time Online, dan juga RTGS.

Transaksi transfer saldo tabungan bank BRI kini semakin fleksibel dan tidak hanya bisa kamu lakukan ke sesama rekening bank BRI saja, namun kamu juga bisa melakukan transfer antar bank alias ke rekening bank lain.

Fasilitas atau layanan transfer saldo kini juga bisa kamu lakukan dimana saja, baik itu dilakukan di kantor cabang bank BRI yang nantinya kamu akan dibantu oleh customer service atau bisa juga dilakukan di Agen BRILink yang mana sekarang ini jaringannya sudah cukup luas, bahkan sampai ke pelosok dan pedesaan.

Mengenai pertanyaan yang diajukan oleh teman di atas, nasabah dapat melakukan berbagai jenis transaksi di kantor cabang bank BRI termasuk setor tunai ke rekening bank lain termasuk bank BCA, Mandiri, Bank BTPN Jenius, Bank BTN, Bank BNI, Bank BJB, dan bank lainnya.

Akan tetapi, transaksi itu nanti akan masuk ke dalam transakasi transfer dari bank BRI ke rekening tujuan. Jadi, karena transaksi setor tunai tersebut akan masuk ke dalam kategori transfer antar bank, maka nasabah akan dikenakan biaya admin sebesar Rp6.500,-.

Cara melakukan setor tunai di bank BRI ke rekening bank lain juga sangat mudah sekali, kamu cukup membawa dokumen seperti rekening tabungan bank BRI, identitas e-KTP asli, kartu ATM atau kartu debit, uang yang akan kamu transfer, dan jangan lupa juga untuk mencatat nomor rekening tujuan beserta nama tujuan transfernya.

Kalau kamu bukan nasabah bank BRI, kamu juga bisa melakukannya dengan hanya membawa kartu identitas diri yang asli (e-KTP), nomor rekening tujuan transfer, nama penerima, dan sejumlah uang yang akan kamu transfer.

Pertama-tama, silakan kamu mengisi formulir transfer terlebih dahulu yang nantinya kamu akan dibantu langsung oleh dealer bank jika kamu kurang/tidak paham dalam mengisi formulir tersebut. Semua aktivitas transfer itu akan dilayani oleh petugas teller bank BRI.

Jika kamu malas datang ke kantor cabang bank BRI untuk melakukan transaksi transfer uang ke rekening bank lain, kamu juga bisa melakukannya di mesin ATM BRI, atau bisa juga melalui layanan digital banking seperti Mobile Banking BRI, Internet Banking atau bisa melalui aplikasi BRImo (khusus nasabah bank BRI).

Cara transfer alternatif buat yang bukan nasabah bank BRI, kamu juga bisa melakukan transfer dengan mudah tanpa harus membawa identitas diri cukup dengan membawa sejumlah uang yang akan ditransfer dan nomor rekening tujuan saja, yaitu melalui Agen BRILink yang kini sudah tersebar luas dimana-mana.

Jika transaksi transfer sudah berhasil kamu lakukan, maka saldo atau uang tersebut akan diteruskan ke rekening tujuan. Estimasi waktu yang dibutuhkan sampai saldo tersebut masuk ke rekening tujuan itu bergantung pada jenis transfer yang kamu pilih. Untuk kategori transfer Real Time Online saldo akan masuk saat itu juga.

Informasi tambahan: kamu harus memperhatikan secara detail ketika sedang mengisi formulir transaksi transfer pastikan nomor rekening tujuan dan nama penerima sesuai alias valid. Pasalnya, kesalahan transfer yang diakibatkan kesalahan dalam mengisi formulir itu diluar tanggung jawab pihak bank BRI.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.