Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Jasa Pengiriman Barang di Shopee

Sudah lama sekali saya tidak belanja online di Shopee dan Bukalapak, karena admin lebih sering belanja online di Tokopedia karena banyak sekali promo-promo seperti yang menarik seperti diskon atau potongan harga, cashback, dan yang pastinya toko ijo ini memiliki tampilan yang sangat simpel dan mudah digunakan.

Berhubung beberapa waktu yang lalu saya sedang mencari produk yang memang tidak ada di Tokopedia, dan hanya di Shopee. Untuk itu, mau tidak mau saya harus membelinya di toko oranye. 

Kalau masalah sistem belanja dan checkout-nya sudah pasti kalian semua sudah paham. Namun, yang saya herankan dan mungkin semua pengguna baru juga mengalaminya ketika menggunakan aplikasi Shopee adalah tidak ada pilihan ekspedisi seperti JNE Express, J&T Express, ID Express, Ninja Express, Pos Indonesia, SiCepat, dan yang lainnya.

Bahkan sekarang ini sudah ada setidaknya sekitar 5 layanan ekspedisi yakni Regular, Ambil di tempat atau COD, Kargo, Instant, dan Same Day.

Karena tidak ada pilihan pengiriman manual, jadi mau tidak mau harus memilih pengiriman default atau bawaan, karena memang promo gratis ongkirnya hanya berlaku untuk opsi pengiriman default Shopee saja.

Awalnya, saya mengira pengiriman akan menggunakan ekspedisi Sicepat Express atau Shopee Express. Nyatanya kita akan diberikan opsi untuk menggunakan jasa pengiriman apa? Hanya saja opsi tersebut akan muncul setelah kita memesan dan membayar produk tersebut.

Cara Mengganti Kurir di Shopee

cara mengganti kurir di shopee

  1. Pertama, silakan kamu cari barang atau produk yang akan kamu beli di Shopee.
  2. Kemudian lakukan checkout dan lakukan pembayaran menggunakan metode yang kamu sukai.
  3. Selanjutnya, silakan kamu kembali ke menu Pesanan Saya, lalu klik pada order yang baru saja kamu buat.
  4. Perhatikan pada opsi Informasi Pengiriman, disana ada tombol Ubah, silakan kamu klik saja tombol tersebut.
  5. Terakhir, silakan kamu pilih saja nama jasa pengiriman atau ekspedisi yang tersedia untuk menggantikan kurir default. Biasanya disana ada J&T Express, JNE, Pos Indonesia, Sicepat, Ninja, dan lain-lain.
  6. Selesai.

Yang perlu kamu ketahui, bahwa kita hanya akan diberikan satu kali kesempatan untuk memilih atau mengganti jasa pengiriman paket (ekspedisi) di Shopee.

Jadi, pastikan kamu memilih layanan kurir yang terbaik menurut kamu. Oiya, dan jangan kelamaan juga dalam mengganti ekspedisinya, karena nanti pihak Shopee akan memilihkan jasa ekspedisi secara otomatis.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.