Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Key BCA? Mengenal Lebih Jauh Tentang Key BCA!

Bagi nasabah Bank BRI mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mToken, bukan? Nah, di Bank BCA sendiri Token verifikasi tersebut dinamakan Key BCA. Token yang satu ini bisa digambarkan sebagai sebuah mesin kecil yang bisa kamu gunakan untuk membantu transaksi finansial perbankan kamu.

Fungsi dan kegunaan dari Key BCA sendiri sama saja dengan token yang ada di bank-bank lainnya, yaitu untuk melakukan verifikasi pada transaksi finansial atau transaksi perbankan yang dilakukan melalui jaringan internet (internet banking) yang bisa kamu akses di website klikbca.com.

Jadi, semua fasilitas internet banking yang bersifat finansial seperti transfer uang ke sesame atau antar bank, pembelian pulsa elektronik, pembayaran listrik, angsuran, top up dompet digital dan transaksi finansial lainnya tidak bisa dilakukan jika tidak mempunyai Key BCA.

Buat kamu yang menggunakan layanan internet banking BCA dan belum memiliki Key BCA, maka kamu hanya bisa menikmati fitur non-finansial saja seperti cek sisa saldo tabungan, cek mutase rekening, dan transaksi lainnya yang tidak bersifat finansial.

Apa Saja Manfaat Internet Banking BCA?

cara mendapatkan key bca tanpa ke bank

Untuk layanan internet banking Bank BCA sendiri memiliki nama yaitu KlikBCA. Nah, layanan KlikBCA ini akan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi finansial atau perbankan dimana saja asalkan memiliki gadget seperti computer/laptop atau smartphone yang terkoneksi ke jaringan internet.

Dengan adanya kemudahan ini, kamu sebagai nasabah Bank BCA bisa melakukan transaksi secara real time sesuai kebutuhan kamu tanpa harus mengorbankan waktu kamu untuk mengantri di kantor cabang atau di mesin ATM.

Pihak Bank BCA juga menjamin keamanan pada setiap transaksi yang kamu lakukan melalui KlikBCA. Ditambah lagi dengan adanya fitur Key BCA yang akan mengeluarkan kata sandi atau password yang berbeda-beda setiap kali kamu melakukan transaksi.

Password atau kata sandi (OTP) hanya akan diberikan satu kali setiap kamu melakukan transaksi tertentu, alhasil sangat tidak mungkin sekali bisa dipalsukan atau dibobol.

Kamu dapat menikmati semua transaksi finansial setiap saat (non-stop) kapanpun dan dimanapun, serta tidak diperlukan keterampilan khusus untuk menggunakan layanan KlikBCA dan Key BCA ini.

Transaksi yang bisa kamu lakukan dengan KlikBCA diantaranya seperti:

  • Cek saldo;
  • Cek mutasi rekening;
  • Pembelian pulsa elektronik;
  • Pembelian token listrik;
  • Pembelian paket internet;
  • Pembayaran tagihan pascabayar;
  • Pembayaran tagihan kartu kredit;
  • Pembayaran tagihan belanja online di e-commerce;
  • Transfer uang baik ke sesama atau antar bank;
  • Dan mengakses semua layanan yang berkaitan dengan rekening tabungan kamu;

Layanan KlikBCA juga memiliki batasan atau limit tertentu, seperti limit transfer saldo harian dibatasi sampai Rp100.000.000,- dan limit pembelian pulsa elektrik juga ikut dibatasi hingga Ro1.100.000,- setiap harinya.

Cara Mendapatkan Key BCA Tanpa Ke Bank, Bisa?

Untuk bisa mendapatkan Key BCA tentu saja yang pertama kamu harus menjadi nasabah di Bank BCA, karena dengan Key BCA ini kamu akan merasakan kemudahan melakukan transksi perbankan digital dan menikmati semua fitur yang berhubungan dengan akun rekening tabungan kamu.

Syarat utama yang kamu perlukan untuk bisa mendapatkan Key BCA ialah sebagai berikut:

  1. Mempunyai rekening di Bank BCA; untuk jenis produk tabungannya bebas bisa Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau yang lainnya.
  2. Melakukan pendaftaran atau registrasi layanan internet banking BCA; baik itu dilakukan di mesin ATM atau dengan datang langsung ke kantor cabang Bank BCA terdekat.
  3. Datang ke kantor cabang untuk melakukan aktivasi layanan finansial di KlikBCA dan untuk memperoleh Key BCA.

Setelah kamu berhasil melakukan registrasi layanan internet banking di mesin ATM, selanjutnya kamu harus mengunjungi kantor cabang BCA terdekat untuk mendapatkan Key BCA.

Jangan lupa untuk membawa KTP Elektronik, buku tabungan lengkap dengan kartu paspor BCA (kartu ATM) sebagai bukti kalua kamu adalah nasabah Bank BCA.

Untuk memperoleh Key BCA ini kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp10.000,- yang akan dipotong secara langsung dari saldo tabungan kamu. Tapi, jika kamu ingin membayarnya secara tunai juga bisa, kok!

Customer service Bank BCA akan membantu kamu untuk mengaktifkan Key BCA saat itu juga dan akan memberikan penjelasan bagaimana cara menggunakan Key BCA tersebut.

Bagaimana Jika Key BCA Saya Bermasalah?

Walaupun terbilang sangat simple dan keamanannya terjamin, kamu tetap harus ikut menjaga dan merawat Key BCA ini agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Yuk, ikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Matikan Key BCA kamu ketika sedang tidak digunakan atau setelah selesai menggunakannya;
  • Ingat User ID dan PIN kamu setiap saat; jangan coba-coba untuk menuliskannya pada kertas, ponsel, laptop kamu, dan jangan sesekali membagikan User ID dan PIN kamu kepada orang lain;
  • Tetap waspada ketika kamu memakai fasilitas KlikBCA di tempat umum;
  • Gunakan smartphone atau komputer/laptop pribadi untuk mengakses KlikBCA; sebaiknya jangan menggunakan gadget milik orang lain.

Key BCA terblokir atau terkunci adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada Key BCA . Hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

  1. Salah memasukkan PIN sebanyak 3x (tiga kali) secara berturut-turut;
  2. Salah memasukkan angka Key BCA saat melakukan transaksi sebanyak 3x (tiga kali) berturut-turut;
  3. Dan, Key BCA juga bisa terblokir (lock) jika kamu kehilangan kartu ATM atau ingin menggantinya dengan kartu ATM yang baru.

Jika Key BCA terblokir, apa yang harus saya lakukan? Segera hubungi Call Center di nomor 1500888 (Halo BCA) atau untuk lebih jelasnya bisa dating langsung ke kantor cabang BCA terdekat di kotamu.

Sedangkan jika Key BCA kamu hilang atau mengalami kerusakan, kamu harus membuat Key BCA yang baru dengan cara mendatangi kantor cabang Bank BCA terdekt. Siapkan dokumen-dokumen seperti tadi yang dibahas di atas dan sejumlah uang Rp10.000,- untuk biaya admin.

Semoga membantu!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.