Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Strategi Pemasaran Produk Yang Ampuh Meningkatkan Penjualan

Strategi pemasaran produk perlu disusun sedemikian rupa agar bisa mencapai tujuan awal. Yaitu memperkenalkan produk kepada lebih banyak orang dan meningkatkan penjualannya. Sehingga, performa bisnis semakin bagus dan berkembang seperti apa yang diharapkan. Tentu ada banyak pertimbangan ketika mempromosikan sebuah produk. Tidak perlu bingung, admin sudah mempersiapkan uraian singkat untuk Anda.

Sebagai seorang pengusaha, Anda pasti ingin setiap kali promosi disambut hangat oleh masyarakat. Promosi yang sukses adalah penyempurna dari produk berkualitas, sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Target konsumen tidak perlu berpikir panjang untuk melakukan pembelian. Disinilah pentingnya menyusun strategi pemasaran produk yang benar dan efektif.

Jangan bingung, karena pada dasarnya cara tepat untuk memasarkan produk bisa dilakukan dengan mudah dan dipelajari.

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Optimal

strategi pemasaran produk

1. Mengetahui Target Pasar

Sebelum melakukan banyak hal dalam promosi sebuah produk, pertama-tama Anda perlu memahami dan mengenali siapa target pasar. Untuk menemukan jawabannya Anda harus melakukan riset. Riset dibutuhkan supaya tidak salah mengenali target konsumen.

Presentase kesuksesan dari kegiatan promosi semakin tinggi ketika target pasar Anda lebih spesifik. Sebaiknya hindarilah mengenali calon konsumen lewat gambaran umum, apalagi sekedar mengira-ngira.

Sebagai contoh, bisnis Anda bergerak di penjualan pakaian remaja. Maka bisa mencari referensi desain yang sedang ngehits dan disukai oleh kaula muda usia 16-20 tahun.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Hampir setiap orang dari berbagai rentang usia berbeda sekarang ini sangat aktif menggunakan sosial media. Itulah alasan mengapa promosi menggunakan Facebook dan Instagram penting untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Pelaku bisnis bisnis online pastinya tidak bisa dipisahkan dari pemasaran media sosial. Lewat media sosial, perusahaan bisa menjalin interaksi dengan berbagai kalangan, tanpa membutuhkan biaya mahal.

Disisi lain, sosial media memiliki komunitas-komunitas tertentu yang berisi orang dengan minat sama. Nah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media promosi yang lebih tertarget. Untuk hasil lebih optimal, tidak perlu ragu untuk berkolaborasi bersama influencer.

Influencer adalah akun-akun yang jumlah followersnya besar. Tentu menjadi pilihan yang baik ketika Anda ingin memperkenalkan produk kepada masyarakat luas.

3. Memberikan FR Produk

FR adalah kependekan dari Free Review. Anda bisa memperkenalkan produk dengan cara memberikannya gratis kepada beberapa orang. Setelah menerima produk tersebut, mereka harus menulis penilaiannya di sosial media, website atau membuat video YouTube.

FR produk bisa diberikan kepada siapapun yang mau, tidak harus membayar influencer. Sistem ini memberi keuntungan bagi kedua belah pihak, karena sama-sama tidak ada yang dirugikan. Pemilik produk akan mendapat media promosi gratis, sedangkan calon konsumen juga bisa mencoba produk yang ditawarkan tanpa membayar biaya sepeserpun.

Pemberian produk gratis adalah upaya untuk menghilangkan keraguan di benak konsumen yang umumnya muncul terhadap produk baru atau belum pernah dibeli sama sekali.

4. Menerapkan Sistem Insentif Terhadap Rekomendasi

Ketika sebuah produk direkomendasikan oleh orang lain, maka produk terlihat bisa dipercaya dan lebih baik. Anda pasti berpikir seperti itu bukan?

Nah, mengingat bagaimana efektifnya rekomendasi untuk menarik perhatian calon konsumen, Anda bisa memberikan penghargaan kepada siapapun yang merekomendasikan produk kepada orang lain.

Pemberian insentif ini memenangkan pemilik produk terhadap dua pihak sekaligus. Yaitu menjaga pelanggan loyal, sekaligus memperluas calon konsumen baru.

5. Menciptakan Hubungan Baik Dengan Konsumen

Sebagus apapun strategi pemasaran produk, maka tidak akan berhasil apabila hubungan baik dengan konsumen diabaikan. Langkah-langkah mempertahankan hubungan baik bisa dimulai dengan berinteraksi lewat sosial media, menjawab pertanyaan calon konsumen dan tidak bosan melayani keluhan-keluhan konsumen.

Hubungan baik bersama pelanggan yang terus dijaga akan menciptakan konsumen-konsumen loyal dan tidak ragu untuk merekomendasikan produk Anda kepada teman-temannya yang lain.

Demikianlah lima strategi pemasaran produk yang efektif, semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan Anda untuk belajar.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.