Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Penting Sebuah Logo Dalam Upaya Membangun Brand Bisnis Yang Sukses

Membangun brand bukanlah perkara yang bisa dilakukan dengan cepat dan hanya mementingkan bagian tertentu. Agar kampenya Anda sukses, maka membutuhkan waktu relatif lama dan harus memperhatikan beraneka macam faktor. Dari sekian banyak faktor pendukung, salah satunya adalah logo. Sejak pertama kali merilis sebuah bisnis, pemiliknya wajib memperhatikan sebaik mungkin pembuatan logo.

Secara umum, logo dibuat sedemikian rupa dengan konsep mampu mewakili identitas perusahaan. Tidak hanya itu saja, desain logo juga memuat filosofi-filosofi yang dimiliki oleh perusahaan. Beruntunglah sekarang sudah banyak yang menawarkan jasa pembuatan logo berkualitas, sehingga kita tidak perlu capek dan pusing menentukan konsepnya.

Hubungan antara membangun brand dan pembuatan logo bisa disimak secara lengkap pada artikel ilyasweb berikut ini.

Beberapa Manfaat Logo Untuk Mensukseskan Branding

desain logo

Walaupun selama ini membangun brand identik dengan promo dan iklan berbayar di berbagai media, ternyata menyertakan logo yang bagus sangatlah membantu. Anda bisa merasakan sendiri beberapa manfaat dibawah:

1. Brand Lebih Mudah Diingat Calon Konsumen

Persaingan di dunia bisnis sekarang tidak semudah dahulu, karena banyaknya brand yang hadir dengan produk serupa. Masyarakat tentu tidak memiliki banyak waktu untuk mengingat brand satu per satu. Disinilah tugas seorang marketer memperkenalkan brand kepada calon konsumen.

Selain memilih nama yang unik, membuat desain logo yang bagus juga sangat membantu. Sebuah logo berguna untuk mengingatkan konsumen terhadap sebuah brand. Hal ini sudah terbukti dengan kesuksesan brand-brand ternama lewat logo mereka.

Pasti Anda bisa langsung paham begitu melihat ponsel berlogo apel, minuman berlogo kaki tiga, ataupun ayam goreng berlogo kakek tua berkumis.

Semakin unik sebuah logo, maka semakin mudah masyarakat mengingatnya karena menciptakan kesan tersendiri di ingatan mereka.

2. Membedakan Dengan Produk Kompetitor

Selain memperkenalkan produk, membangun branding berarti juga membangun kepercayaan ditengah-tengah masyarakat. Semakin sering Anda mempromosikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan berkualitas, maka lambat laun kepercayaan itu muncul dibenak calon konsumen.

Setelah berhasil merebut hati calon konsumen, maka keberadaan logo menjadi semakin krusial. Yaitu membedakan produk Anda dari produk kompetitor. Karena brand Anda sudah mendapat kepercayaan, maka secara otomatis menjadi mudah laku.

Disamping itu, logo akan menjadi ciri khas sebuah brand yang membuatnya semakin diingat oleh masyarakat.

3. Mempengaruhi Psikologi Pelanggan

Promosi yang konsisten, pemilihan kata-kata bagus dan logo menarik adalah kombinasi sempurna untuk mengalihkan perhatian calon konsumen agar senantiasa mengingat brand Anda dan semakin percaya untuk menjadikannya sebagai pilihan utama.

Iklan yang terus bersliweran di televisi tentu bukanlah hal sia-sia. Ini merupakan proses untuk mempengaruhi secara pelan-pelan psikologi setiap orang yang melihatnya supaya lebih percaya dan penasaran untuk mencoba sendiri.

Pentingnya Memilih Desain Logo Yang Tepat

Setelah mengetahui betapa pentingnya sebuah logo dalam membangun brand, sekarang saatnya Anda mengambil tindakan nyata. Yaitu memikirkan bagaimana desain logo yang hendak dibuat. Bukan sekedar mempertimbangkan keunikannya saja, melainkan harus bisa mewakili identitas dan filosofi yang dianut oleh perusahaan.

Desain logo bersifat krusial dan akan dipakai untuk selamanya. Sehingga, sama sekali tidak rugi apabila Anda sampai rela mengeluarkan uang demi menyewa jasa pembuatan logo. Meskipun harga yang ditawarkan lumayan mahal, namun pada kenyataannya manfaat yang diberikan jauh lebih besar.

Mereka yang sudah berpengalaman di bidang pembuatan logo pasti mengerti betul bagaimana desain logo yang sempurna untuk sebuah brand, mempertimbangkan nilai-nilai yang hendak dicapai. Dengan pengalaman yang cukup, mereka juga bisa memenuhi seperti apa logo yang dikehendaki oleh pemilik brand.

Setelah mendapat hasil yang bagus dan unik, logo tersebut akan membantu brand bisnis Anda semakin mudah diingat oleh masyarakat. Pada akhirnya, penjualan ikut meningkat seiring keberhasilan Anda dalam membangun branding, salah satunya lewat pemilihan logo yang tepat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.