Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian SEO: Cara Kerja dan Jenis - Jenisnya untuk Pemula

Website adalah bagian penting dalam penerapan digital marketing saat ini. Website sudah terbukti sangat bagus dan potensial menjadi etalase untuk memajang produk dan jasa agar penjualan semakin meningkat. Selain dipercaya mampu meningkatkan kredibilitas bisnis, website juga bisa menjaring pengguna mesin pencari yang jumlahnya sangat besar. Untuk memaksimalkan traffic, penting memahami pengertian SEO, cara kerja dan jenis-jenisnya.

Website yang dioptimasi SEO bisa membantu memperkenalkan produk atau jasa Anda kepada market lebih luas. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak kalangan pebisnis, mulai dari UMKM sampai pemilih brand-brand besar. Bahkan banyak diantara mereka yang sampai membayar jasa SEO.

Ingin segera tahu pengertian SEO? Yuk simak penjelasan lengkap dibawah.

Pengertian SEO Secara Singkat

pengertian seo

SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya mengoptimalkan sebuah situs website untuk bisa masuk ke peringkat teratas pada hasil pencarian. Semakin bagus SEO yang diterapkan, kesempatan bersaing dan mengalahkan website lain di halaman pertama semakin besar.

Pencarian yang dimaksud adalah ketika pengguna mengetikkan kata kunci tertentu di Google. Semisal “jual obat kolesterol”, “obat batuk herbal” dan lain-lain.

Ketika website Anda berhasil dioptimasi sebaik mungkin dan berada di urutan pertama, setiap kali pengguna mengetikkan sebuah keyword maka kemungkinan besar mereka berkunjung ke website milik Anda.

Cara Kerja SEO yang Perlu Dipahami

Setelah paham tentang pengertian SEO, sekarang mari kita bahas bagaimana ia bisa membantu mengoptimalkan website dan tampil di posisi teratas mesin pencari.

1. Crawling

Pertama-tama, mesin pencari melakukan crawling terlebih dahulu. Tujuannya adalah mengumpulkan informasi dari semua website, baik itu halaman ataupun link.

2. Indexing

Setelah selesai melakukan crawling, maka informasi tersebut disimpan oleh web crawler di enty list: index.

3. Ranking

Tahap terakhir, mesin pencari menampilkan hasil peringkat website menurut konten paling relevan dengan kata kunci pengguna. Selanjutnya, algoritma Google juga memastikan pengguna mendapat konten dan informasi dari sumber terpercaya dan relevan.

Dari tahun ke tahun, algoritma Google terus mengalami permbaharuan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Sehingga pengguna mendapatkan pengalaman terbaik ketika mencari informasi dari Google.

Jenis - Jenis SEO Untuk Merangking Website

Search Engine Optimization (SEO) dibedakan menjadi dua jenis, yaitu On Page dan Off Page. Selengkapnya seperti penjelasan dibawah:

1. SEO On Page

SEO On Page adalah upaya optimasi dengan memaksimalkan halaman website, seperti isi konten dan lain sebagainya. Beberapa poin penting dalam penerapan SEO On Page sebagai berikut:

Riset Kata Kunci (Keyword Research)

Sebelum membuat website, penting sekali melakukan riset kata kunci yang relevan dengan jenis bisnis Anda. Ini dilakukan untuk membuat ide konten dan mengetahui seberapa besar potensi traffik yang bisa didapat.

Proses ini bisa juga mengecek keyword yang dipakai oleh kompetitor. Anda bisa melihat keyword-keyword yang mereka gunakan dan mengembangkannya menjadi lebih baik lagi.

Memperbaiki Hal Teknis

Perbaikan dari segi hal teknis yang dimaksud meliputi broken link (link rusak), pengecekan sitemap, dan memperbaharui URL yang rusak. Sebagai pemilik website, Anda perlu melakukan audit secara berkala demi memudahkan web crawler bekerja. Sehingga, proses index lebih cepat dan lancar.

Optimasi Halaman Website

Ini dikhususkan pada pembuatan konten agar lebih ramah mesin pencari. Optimasi konten meliputi pembuatan heading yang baik, menambah description dan meta title, menyebar keyword density seefektif mungkin tanpa spam, struktur konten jelas, menulis alt image dan memastikan konten relevan dengan target keyword.

Mengatur User Experience

Terakhir, Anda harus memastikan pengunjung website mendapatkan pengalaman terbaik. Yaitu dengan menyesuaikan setiap warna, elemen, gambar, teks dan tombol navigasi pada halaman website.

2. SEO Off Page

Menambah backlink

Backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke website Anda. Gunanya adalah mendongkrak authority website, sehingga semakin kuat bersaing di mesin pencari.

Promosi

Untuk menjangkau calon pengunjung lebih luas, jangan lupakan peran penting Instagram, Twitter dan Facebook. Semakin banyak tempat ditemukan website Anda, mesin pencari berpikir bahwa website tersebut layak dipromosikan kepada pembaca.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian SEO, cara kerja dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.