-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Manfaat Rutin Mencuci Mobil Yang Wajib Diketahui

Menjaga kebersihan mobil sudah menjadi tanggung jawab setiap pemiliknya. Namun sayang, rasa malas seringkali muncul dengan berbagai alasan, terlebih pada saat musim penghujan. Kebanyakan orang enggan mencuci mobil ketika musim hujan karena berpikir mudah kotor kembali. Padahal ada begitu banyak manfaat rutin mencuci mobil yang sayang jika diabaikan begitu saja.

Bicara soal mencuci mobil, kamu bisa membersihkan sendiri di rumah apabila memang memiliki waktu yang cukup. Cuci mobil sendiri memang menghemat pengeluaran, paling hanya mengeluarkan uang untuk membeli sabun saja, namun bersihnya kurang maksimal.

Sedangkan buat Anda yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci mobil sendiri di rumah, Anda bisa pergi ke salon mobil terdekat. Dengan hanya mengeluarkan sejumlah uang yang tidak seberapa, mobil Anda akan kembali bersih dan terlihat memukau! 

Serangkaian Manfaat Rutin Mencuci Mobil

manfaat rutin mencuci mobil

1. Mencegah Karat dan Jamur

Setelah terguyur air hujan, rasanya wajib untuk segera mencuci mobil. Seperti yang sudah diketahui, air hujan merupakan kumpulan air yang menguap. Sumber air yang nantinya turun menjadi hujan didominasi dari wilayah lautan. Uap dari air laut pastinya mengandung mengandung larutan garam.

Apabila Anda membiarkan menempel di bodi mobil, kandungan garam bisa merusak cat dan menimbulkan karat. Apakah Anda ingin cat mobil cepat pudar dan melihat karat hanya karena rasa malas mencuci mobil? Tentu sangat rugi.

Oleh sebab itu, disarankan untuk segera mencuci mobil setiap kali habis terkena air hujan. Bukan mencuci biasa, melainkan menggunakan sabun khusus cuci mobil. Sehingga kandungan garam yang menempel di bagian cat mobil bisa dihilangkan secara optimal.

2. Mencegah Munculnya Bercak Membandel

Hal yang lumrah terjadi ketika mobil diguyur air hujan adalah munculnya bercak pada bodi. Apabila Anda membiarkannya untuk waktu yang lama dan tidak segera membersihkannya, bercak tersebut dijamin sulit dihilangkan.

Pada akhirnya, Anda sendirilah yang bakal kesusahan menghilangkan bercak tersebut. Bodi mobil yang penuh bercak pastinya terlihat buruk dan kurang elegan.

Nah, untuk mencegah bercak dan kotoran yang membandel ini disarankan agar Anda secara rutin melakukan cuci mobil setiap habis kehujanan. Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa membawanya ke steam mobil atau salon mobil terdekat.

3. Mencegah Kerusakan Pada Mesin Mobil

Pada saat musim penghujan, sebenarnya kurang bagus untuk sering berkendara. Sebab, mobil akan membawa banyak sekali kotoran. Ini disebabkan oleh genangan air hujan yang tercampur dengan pasir dan mudah menempel di bagian bawah mobil.

Apabila pasir yang menempel tidak segera dibersihkan, maka berisiko membuat mesin mobil cepat rusak. Kotoran yang menumpuk membuat performa mobil tidak seperti biasanya, apabila terlalu parah tidak jarang membuat mesin mobil tidak layak jalan.

Jangan pernah menganggap sepele mobil yang kotor, karena bisa berpengaruh terhadap performanya. Sehingga bisa diketahui, salah satu manfaat rutin mencuci mobil adalah membuat mesin tetap sehat dan menjaga performanya tetap optimal.

4. Membuat Cat Lebih Awet

Air yang menempel di bagian bodi mobil tidak boleh dibiarkan terlalu lama, karena membuat cat lebih mudah lunak. Tentu ini bukan hal baik, kareka cat yang melunak membuatnya terlihat kusam dan tampilan mobil kurang bagus. Bahkan, cat bisa saja mudah mengelupas.

Membersihkan air hujan sebaiknya tidak sekedar mengelap menggunakan kain biasa. Karena bisa saja kandungan garam didalamnya menggores bodi mobil. Sebaiknya Anda mencuci dahulu mobil dan mengeringkannya dengan kain lap Plas Chamois atau microfiber.

Cat yang awet membuat bodi mobil tetap kinclong dan tampilannya bagus. Apabila Anda berencana menjual mobil tersebut, maka harganya masih bersaing. Beda cerita ketika bodi mobil sudah terlihat kusam.

Demikianlah lima manfaat rutin mencuci mobil yang penting diketahui, semoga bermanfaat.

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.